Pengembangan Desain Pembelajaran IPAS Berorientasi Kemampuan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

  • Muhammad Sururuddin Universitas Hamzanwadi
  • Suriyani Irmawati Universitas Hamzanwadi
  • Yul Alfian Hadi Universitas Hamzanwadi

Abstract

Bebagai upaya perubahan kurikulum hanya semata-mata untuk menyempurnakan kurikulum yang sebelumnya dengan tujuan memperbaiki kualitas Pendidikan.Salah satu pelajaran yang ada di sekolah dasar yang merupakan bagian penting dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain perangkat pembelajaran IPAS kelas IV. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan prosedur pengembangan ASSURE (Analyze Learner, State Objectives, Select methods, media, and materials, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and Revise). Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan angket. Berdasarkan hasil validasi ahli materi modul ajar dengan interval 44,2≤54,6 kategori kevalidan yang Baik dan sudah dianggap layak untuk di uji cobakan, validasi ahli media dengan interval X>37,8 kategori kevalidan yang Sangat Baik. Validasi ahli materi LKPD dengan interval X>54,6 kategori kevalidan yang Sangat Baik, validasi ahli media dengan interval X> 50,4 kategori kevalidan yang Sangat Baik. Validasi ahli materi bahan ajar dengan interval X>54,6 kategori kevalidan yang Sangat Baik, validasi ahli media dengan interval X>67.2 kategori kevalidan yang “Sangat Baik”. Validasi ahli materi media pembelajaran dengan interval X>58,79 kategori kevalidan yang Sangat Baik, validasi ahli media dengan interval X>46,14 kategori kevalidan yang Sangat Baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pengembangan Desain Pembelajaran IPAS, Metakognitif, Berpikir Kritis

References

Alzahrani, K. 2017. Metacognition and Its Role in Mathematics Learning: an Exploration of the Perceptions of a Teacher and Students in a Secondary School. http://www.iejme.com/makale/1891. Vol 12, No. 5, 521-537

Astuti, R. D., & Ulfah, A. (2019). Pengembangan Media Permainan Lajur Bata (Langkah Juara Bangun Datar) Untuk Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas 4 Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 1-12.

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika, 3 (2), 73–87.

Depdiknas. (2006.2007). peraturan pemerintahan nomor 22 tahun 2006, tentang standar isi. peraturan menteri pendidikan nasional nomor 41 tahun2007, tentang standar prroses

Kartono, K., Ghasya, D. A. V., Pranata, R., Salimi, A., Samodra, Y. T. J., Suparjan, S., ... & Hartoyo, A. (2023). Stabilizing Skills of Elementary School Teachers to Educate Students about Basic Literacy Within the Framework of an Independent Curriculum. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1039-1050.

Kemdikbud. (2016). Rancangan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.

Marlina, Tuti. (2022) “Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah” 1, no. 1 : 6

Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51-71.

Pribadi, Agus Bennyy. (2011). Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75-94.

Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 41-49.

Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu tentang Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika, 6(1), 28-33.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613- 1620.

Toit, Stephan du dan Kotze, Gary. 2009. Metacognitive Strategy in the Teaching and Learning of Mathematics. Jurnal Phytagoras.

Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Widodo, H. (2016). Potret pendidikan di Indonesia dan kesiapannya dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(2), 293-308.

Published
2023-09-30
How to Cite
Muhammad Sururuddin, Suriyani Irmawati, & Yul Alfian Hadi. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran IPAS Berorientasi Kemampuan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 878-886. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1194
Abstract viewed = 169 times
PDF downloaded = 211 times