E-Test Berbasis Web Untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Evaluasi Hasil Belajar
Abstract
E-learning adalah salah satu model pembelajaran berbasis teknologi yang sangat populer digunakan karena dapat membantu penyampaian konten menjadi lebih menarik dan memancing motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain media pembelajaran, proses untuk memperoleh hasil belajar siswa juga dapat menggunakan teknologi tersebut. Penerapan teknologi jaringan dapat membantu proses evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini mengusulkan desain untuk membuat proses evaluasi hasil belajar siswa menjadi lebih mudah dan efisien dengan menggunakan ADDIE Aproach (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Luaran dari penelitian ini adalah sistem dalam bentuk aplikasi yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Aplikasi ini disebut e-test yang berfungsi untuk menggantikan jenis ujian soal pilihan ganda yang bersifat konvensional dengan sistem jaringan terintegrasi antara peserta didik dan dosen. Peneliti menggunakan metode client server berbasis web dengan sistem acak dan penghitung waktu mundur dalam implementasi desain yang diusulkan. Hasil yang diperoleh dari penerapan e-test menunjukkan bahwa desain yang diusulkan dapat mempersingkat proses pemeriksaan nilai siswa dibandingkan dengan pelaksanaan pengujian dengan konvensional.
Downloads
References
Glossary. “Glossaryofe-Learning Terms”. [Online] Tersedia: Http://LearnFrame.Com. 2012.
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), cet ke-2, hlm. 57
N. Subana, I. D. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Vii Semester I Di SMP TP 45 Sukasada.Jurnal Edutech Vol 1, No 2 Edisi Juli.
Parekh, R.(2006 ). Multimedia Application Development. In R. Parekh, Principles of Multimedia (pp.654-655). Tata McGraw-Hill Education.
Peterson, C. “Bringing ADDIE to Life : Instructional Design at Its Best”. Journal of Education Multimedia and Hypermedia , 227-241, 2003.
Togala, Z. Retrieved June 30, 2013, from http://zultogalatp.wordpress.com/2013/06/15/bukuinstructional-design-the-addie-approach-robert-maribe-branch/
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.