Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL pada Tema Tekanan Zat dan Penerapannya untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara penelitian pada dua SMP di Kota Serang, dilihat dari kegiatan belajar dan mengajar yang hanya berfokus menggunakan metode ceramah sehingga sekolah belum dapat melatih kemampuan berpikir kritis dengan maksimal. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi E-LKPD berbasis PBL tema tekanan zat dan penerapannya untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII. Studi ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang telah dimodifikasi dari milik Sugiyono. Modifikasi disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Adapun modifikasi yang dilakukan adalah pada tahapan pengembangan yakni dibatasi hanya sampai tahap uji coba terbatas. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar angket validasi dan lembar angket respon siswa yang telah divalidasi oleh ahli instrument. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan yaitu, validasi ahli materi, media dan guru IPA, secara keseluruhan mendapatkan hasil rata-rata sebesar 87,32% termasuk kategori “Sangat Valid”. Tingkat efisiensi produk E-LKPD memperoleh persentase 81,54% termasuk kategori “Sangat Baik”, sehingga dapat disimpulkan penggunaan bahwa media pembelajaran E-LKPD berbasis PBL tema tekanan zat dan penerapannya sangat efisien dan layak untuk digunakan oleh siswa di sekolah dalam proses pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Andini, S. P., Leksono, S. M., & Vitasari, M. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Open Ended Problem Tema Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 2022(6), 773–782. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Apriliyani, S. W., Mulyatna, D. F., & Artikel, S. (2021). Sita Wahyu Apriliyani & Fauzi Mulyatna/Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan SINASIS 2 (1) (2021) P r o s i d i n g S e m i n a r N a s i o n a l S a i n s Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras Info Artikel Abstrak.
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. In Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPs UNM (Vol. 1, Issue 2).
Dirza A, Y., Kamus, Z., & Pengajar Jurusan Fisika, S. (2014). Mahasiswa Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Padang 2). In PILLAR OF PHYSICS EDUCATION (Vol. 4).
Febriani, M. (2015). Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN APRESIASI DONGENG YANG BERMUATAN CLIL BAGI PESERTA DIDIK SD KELAS TIGA. In SELOKA (Vol. 4, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka
Gede, I., Suwela Antara, W., Suma, K., & Parmiti, D. P. (2022). E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47559
Hada, K. L., Maulida, F. I., Dewi, A. S., Dewanti, C. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi pada Materi Geometri Transformasi: Tahap Expert Review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 155. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12047
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL EDUKASI. VII (3):5-11.
Kristina, H., Vitasari, M., & Taufik, A. N. (n.d.). Pengembangan E-modul Berbasis Literasi Sains Tema Ayo Siaga Bencana untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 2022(6), 754–763. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Kurnia, L., & Andi Ichsan Mahardika, dan. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA FISIKA BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMPN 13 BANJARMASIN. In Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika (Vol. 4).
Lukman, I., & Ulfa, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 157–164. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p157
Nurjanah, & Trimulyono. (2022). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HEREDITAS MANUSIA Development of Problem Based Learning Based E-LKPD to Train Critical Thinking Skills in Human Heredity Topic Nofa Nurjanah Guntur Trimulyono (Vol. 11, Issue 3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Ozila, A., & Aisiah. (2021). Pengembangan E-LKPD Untuk Melatih Historical Empathy Peserta Didik di SMA.
Purnama, A., & Suparman, &. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Kajian Pendidikan Matematika. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Rahmawati, I. S., & Roekhan, N. (2016). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL DENGAN MACROMEDIA FLASH BAGI SISWA SMP.
Sugiyono. (2007). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu.
Thiagarajan, & Sivasailam. (1974). Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in Teaching the Handicapped. National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/OE).
Widiyasanti, M., Ayriza, D. Y., Proketen, S. D., Universitas, D., & Yogyakarta, N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V.
Yulanda, V., Hamidah, A., & Anggereini, E. (2023). Development of Electronic Student Worksheets (E-LKPD) Based on Problem Based Learning as an Effort to Improve Critical Thinking of Grade VIII Middle School Students on Respiratory System Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7326–7332. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.4144
Yuliati, Y. (2017). MISKONSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SERTA REMEDIASINYA. 2(2), 50–58.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.