Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana pada Siswa Sekolah Dasar

  • Muhammad Sahrul Universitas Mulawarman
  • Mustamiroh Mustamiroh Universitas Mulawarman
  • Yudo Dwiyono Universitas Mulawarman
  • Rosita Putri Rahmi Haerani Universitas Mulawarman

Abstract

Fakta bahwa siswa kelas V menunjukkan hasil belajar yang buruk dalam mata pelajaran sains (IPA) adalah dasar penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran "Discovery Learning" pada materi pembelajaran pesawat sederhana yang dipelajari siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ulu pada tahun pembelajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing dengan dua sesi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V yang belajar IPA, dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan rata-rata, rumus, persentase, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 62,4 poin, dan 10 siswa (40% dari siswa) mencapai ketuntasan. Pada Siklus I, 13 siswa (52% dari siswa) menyelesaikan ujian, dan rata-rata mereka meningkat sebesar 67,8 poin. Pada Siklus II, rata-rata mereka meningkat sebesar 80,6 poin, dan 22 siswa (88% dari siswa) mencapai ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 007 Samarinda pada tahun pelajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada materi pesawat sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar IPA

References

-, S., & -, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Adiansha, A. A., Mulyadin, M., & Nurgufriani, A. (2023). Correlation Study: Self-Concept and Mathematical Disposition on Learning Outcomes of Elementary School Students. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 11–17.

Andriyani, D., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., Fajar, M. Y., & Darmawan, D. (2019). Aplikasi Microsoft Excel Dalam Penyelesaian Masalah Rata-rata Data Berkelompok. Matematika, 18(1), 41–46. https://doi.org/10.29313/jmtm.v18i1.5078

Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202

Asriyadin, A., Yulianci, S., Kaniawati, I., & Liliawati, W. (2021). Improving student character and learning outcomes through a neuroscience approach based on local wisdom. AIP Conference Proceedings, 2330(1).

Cahyaningsih, E., & Karunia Assidik, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19385

Firdaus, C., Mauludyana, B., & Purwanti, K. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 43–52.

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Haryati, I., Santoso, I., Sudarmaji, Rikfanto, A., Mulyati, R. E. S., & Megawati, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru Bahasa Jerman Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 65–74. https://doi.org/10.55047/prima.v1i3.214

Iswara, S. N. W., Wahyudi, & Kusuma, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tema 3 Subtema 2 Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas Iv. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 388–396. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2268

Jarmita, N., & Hazami, H. (2013). Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Materi Perkalian. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 212–222. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.474

Kristin, F. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90 – 98.

Munirah. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa The Role of Teachers in Overcoming Students’ Learning Difficultie. TARBAWI Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 112–126.

Mutiaramses, M., S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43–48. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050

N, O. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Nopan Omeri, 9(manager pendidikan), 464–468.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 226. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. … Pancasila Dan Kewarganegaraan.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.

Wati, M. (2018). Pentingnya Pengakomodasian Pengalaman Belajar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 21–30.

Published
2023-12-01
How to Cite
Muhammad Sahrul, Mustamiroh, M., Yudo Dwiyono, & Rosita Putri Rahmi Haerani. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1022-1029. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1215
Abstract viewed = 75 times
PDF downloaded = 48 times