Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Video Pembelajaran

  • Harpina Harpina STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Husnul Inayah Saleh STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Sutra Awaliyah Darfin STAI Al-Gazali Bulukumba

Abstract

Dalam pembelajaran IPA memuat materi atau konsep yang kompleks dimana perlu banyak pengalaman belajar untuk bisa mempelajarinya. Peserta didik perlu mendengar, melihat, mangajukan pertanyaan dan membahasnya dengan orang lain. IPA adalah mata pelajaran yang terdiri dari tiga unsur yaitu produk, proses ilmiah dan pemupukan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan penguasaan materi pada mata pelajaran IPA setelah diberikan video pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII.5 SMP Negeri 2 Bulukumba Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 orang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik  mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (47,47%), siklus II (58,61%). Simpulan dari penelitian ini adalah pemberian video pembelajaran dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII 5, SMP Negeri 2 Bulukumba, sehingga media ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif mengajarkan konsep pada pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Media, Video Pembelajaran

References

Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–72.

Arif, M., F., Praherdhiono, H., & Adi, E., P. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Materi Gaya Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP ( Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan), 2(4), 329–335. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Herita, M. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Kinerja Kependidikan, 4(1), 109–129.

Imamah, N. (2012). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi materi sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 32–36. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2010

Juriah, J., & Zulfiani, Z. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Perubahan Lingkungan Dan Upaya Pelestarian. Edusains, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.6394

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Meta-analysis study of the effect of learning videos on student learning outcomes. Journal of Biological Education and Research, 2(1), 158.

Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 110–115. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1665

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Putri, A. K., Setiawan, B., & ... (2022). Penerapan Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan …. Jurnal Education …, 10(3), 571–577. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/4277%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/4277/2666

Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p073

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman konsep IPA siswa SMP melalui pembelajaran problem solving pada topik perubahan benda-benda di sekitar kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 52. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.12554

Servitri, M. O. (2022). Penerapan Video Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Balongsari I/500 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 943–954. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3009

Slameto. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Suharsimin, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Supryadi, P. E., Jampel, I. N., & Riastini, P. N. (2013). Penerapan Media Video Pembelajaran sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1492

Wahana, P. (2016). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Pustaka Diamond.

Wahodo, W. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yunus, Y. A., & Yusaerah, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smpn Patampanua. 2.

Published
2023-12-01
How to Cite
Harpina, H., Husnul Inayah Saleh, & Sutra Awaliyah Darfin. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Video Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 987-995. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1228
Abstract viewed = 40 times
PDF downloaded = 20 times