Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Berbasis Aplikasi Crossword Labs di SD Kelas V
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai hasil belajar IPA yang rendah di kelas V SDN 001 Loa Janan Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran crossword puzzle berbasis aplikasi crossword labs pada peserta didik kelas V SDN 001 Loa Janan Ilir tahun 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 001 Loa Janan Ilir dengan jumlah 28 dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Observasi, tes, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan persentase aktivitas guru dan peserta didik, ketuntasan hasil belajar, rata-rata, nilai akhir, dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pada pra siklus yaitu 56,78 dengan persentase tuntas 32,14%, pada siklus I menjadi 70 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 23,28% dan persentase tuntas sebesar 57,14%. Pada siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 80,18 dengan persentase peningkatan 41,21% dan persentase tuntas sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, disimpulkan bahwa terdapat adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran crossword puzzle berbasis aplikasi crossword labs pada peserta didik kelas V SDN 001 Loa Janan Ilir tahun pembelajaran 2022/2023.
Downloads
References
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Asriyadin, A., Puspitasari, I., & Susilawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Software Phet Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 29–38.
Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.
Hidayat, H., Mulyani, H., Karlina, K., Faqih, L. T., & Narini, N. A. (2020). Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Kelas Tinggi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 30–39. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.583
Indriawati, L. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri 1 Sawahan Juwiring Klaten. In Jurnal Pendidikan dan Konseling. Muhammadiyah Surakarta.
Jufrida, Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Prasetya, N. A. D. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 31–38.
Khardi, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Menghafal Ayat Al- Qur ’ an Secara Cepat dengan Strategi Permainan Crossword Puzzle. Tarbawi, 3(02), 144–152.
Liashchenko, O., Pylypchuk, T., & Vereshchahina, T. (2021). Biology Students’ Perceptions of Internet Resources in Learning English for Academic Purposes. Catatan Ilmiah Universitas Nasional “Akademi Ostroh”, Seri “Filologi,” 1(11(79)), 206–209. https://doi.org/10.25264/2519-2558-2021-11(79)-206-209
Mawati, A. T., Siregar, R. S., Ahmad, F., Purba, F. J., Sinaga, K., Ili, L., Juliana, Purba, S. R. F., Saputro, Agung Nugroho Catur Bermuli, J. E., & Cecep. (2021). Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Musdiani. (2019). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP CARA MENGAJAR GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN DI KELAS V SD NEGERI PANTE CERMIN. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 60.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Permana, S., & Sintia, N. I. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP BAITURROSYAD LEMBUR AWI PACET. Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 18–27.
Pratiwi, A. (2021). The Effect of Crossword Puzzle Learning Strategies on Fourth Grade Students’ Learning Outcomes on Science Learning Contents at Gunung Sari 1 Elementary School Rappocini District Makassar City. International Journal of Elementary School Teacher, 1(1), 1. https://doi.org/10.26858/ijest.v1i1.20107
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201.
Safira, C. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277
Salam, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Berbasis Virtual. Al Ahya, 7(2), 63–88.
Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90–103.
Surahman, Paudi, R. I., & Tureni, D. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Konstektual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 91–107.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.