Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah

  • Jery Dariansyah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sumianto Sumianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Melvi Lesmana Alim Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Moh Fauziddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Vitri Angraini Hardi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa kelas V SD Muhammadiyah 028 Penyasawan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V SD Muhammadiyah Penyasawan yang berjumlah 22 peserta didik. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil keterampilan proses sains siswa kelas V SD Muhammadiyah 028 Penyasawan pada pratindakan 36%. Pada siklus I pertemuan I dengan persentase ketuntasan belajar 55% dan pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan dengan persentase 68%. Pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan juga dengan ketuntasan belajar 77%, dan pada siklus II pertemuan II mengalami peningkatan lagi dengan persentase ketuntasan belajar 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan proses sains kelas V SD Muhammadiyah 028 Penyasawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Siswa Sekolah Dasar

References

Arends, R. (2008). Learning to Teach. Pustaka Belajar.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revi). Penerbit Rineka Cipta.

Day, W. O. S. H., Fitriani, H., & Sulistyowati, R. W. (2023). Studi Eksperimen: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Smp. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 35–41. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2334

Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Application of the Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Student Learning Outcomes in Class V at UPTD SD Negeri Tapos 5, Depok City. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 31–37.

Edwards, S., & Hammer, M. (2007). Problem-based Learning in Early Childhood and Primary Pre-Service Teacher Education: Identifying the Issues and Examining the Benefits. Australian Journal of Teacher Education, 32(2). https://doi.org/10.14221/ajte.2007v32n2.3

Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau pada Siswa Kelas V SDN 3 Panjerejo di Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 87. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1628

Fitriana, F., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 226–236. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669

Fuadi, M., Arsyad, M., Arafah, K., & Asriyadin, A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 116–121.

Guswita, S., Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Handoko, A. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(2), 249–258. https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.4025

Hartati, Fahruddin, & Azmin, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(4), 1770–1775. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2574/http

Hasanah, A., & Utami, L. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 5(2), 56–64.

Kusumadani, A. I. (2018). Efektifitas Penerapan Model PBL ( Problem Based Learning ) dan GL ( Generatif Learning ) terhadap Kemampuan Menganalisis dan Hasil Belajar. 526–530.

Ni’mah, S. N., & Noor, F. M. (2023). Development of Ethnoscience-Based Science Learning Module Oriented Science Process Skills of Students. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 1–10.

Rambe, P. (2023). The Impact of Problem-Based Learning Learning Methods on the Development of Islamic Education Learning. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 25–30.

Rombe, Y. P., -, M. M., Alberta, F., -, R. Y., & Surbakti, P. S. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Secara Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), 67. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.38402

Rustaman, N. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 15, 2001, 16–34.

Suryani, N. K., Renda, N. T., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap Penguasaan Konsep IPA dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Education Technology, 3(1), 35. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335

Zuchri, A., & Irawati, H. (2021). Studi Literatur: Pengaruh Problem Based Learning terhadap Problem Solving Skills dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 8(1), 39–47. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22266

Published
2023-12-01
How to Cite
Jery Dariansyah, Sumianto, S., Melvi Lesmana Alim, Moh Fauziddin, & Vitri Angraini Hardi. (2023). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 939-946. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1238
Abstract viewed = 63 times
PDF downloaded = 61 times