Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Lesson Study
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi Zat dan Perubahannya melalui lesson study. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan lesson study dengan 3 siklus Plan-Do-See. Lesson Study dilakukan oleh Dosen Prodi Pendidikan IPA Universitas Jember, Guru IPA SMPN 2 Maesan dan juga mahasiswa Semester 5 Angkatan 2021. Sebanyak 19 siswa kelas VII C SMPN 2 Maesan dijadikan sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, model Problem Based Learning (PBL) dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan dapat meningkatkan hasil belajar dengan memberi mereka kesempatan untuk memeriksa dan memahami materi pelajaran melalui kegiatan pemecahan masalah. Model PBL juga mengajarkan siswa bagaimana merencanakan, memantau dan mengevaluasi pembelajarannya sendiri, sehingga dapat kemampuan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Adhitya, R. S., & Fauziah, A. N. M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 38-45.
Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (2022). Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi. Journal On Teacher Education, 3(3), 65-81. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4384
Astutik, N. S., Widyaningsih, S. W., & Sinon, I. L.S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Melalui Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 16-24. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v3i1.33818
Aulia, A. D., Addina, H. N., Alamanda, F., & Wahyuni, S. (2023). Studi Literatur: Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 22-32. https://doi.org/10.5281/zenodo.8224984
Febrianti, N. S., Utomo, A. P., & Supeno. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Media Aplikasi Android Getaran dan Gelombang. OPTIK: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 26-33. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.936
Juhaeriah, D., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan LKPD Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurna Muara Pendidikan, 6(2), 157-165. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.495
Kartika, A. T., Eftiwin, L., Lubis, M. F., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 01-10.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).
Ningsih, F., Indriwati, S. E., Gofur, A., & Amaliah, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Berbasis Lesson Study. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 29-36.
Permana, F. H., & Setyawan, D. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Model Flipped Classroom dalam Meningkatkan Karakter Siswa Melalui Lesson Study. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 1, No. 01, pp. 223-228). https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.893
Siboro, A., Siburian, T., Laia, T. S., Amazihono, M., & Malau, B. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika SMA. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 26-31.
Solichah, P. N., & Sari, D. A. (2023). Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII, 13(3), 596-602. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1117
Sudartik, S., Sutarto, S., & Budiarso, A. S. (2023). Pengaruh Model POGIL terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 121-134. https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.6412
Suryani, Y., Melasari, M., Nurjannah, N., Iskandar, I. T., Rokayah, O., & Prasetyo, I. U. (2023). Penerapan Lesson Study dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 20(01), 37-44. https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.7012
Waluyo, E. (2023). Penerapan Stem Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Lesson Study. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 1113-1124. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17345
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.