Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Lesson Study

  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Fershanda Vivi Hartono Universitas Jember
  • Nabila Hafizhah Universitas Jember
  • Linggar Dea Slavira Universitas Jember
  • Dwi Sri Astutik SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso
  • Wawuk Lisnawati SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso
  • Deby Izmarini SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi Zat dan Perubahannya melalui lesson study. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan lesson study dengan 3 siklus Plan-Do-See. Lesson Study dilakukan oleh Dosen Prodi Pendidikan IPA Universitas Jember, Guru IPA SMPN 2 Maesan dan juga mahasiswa Semester 5 Angkatan 2021. Sebanyak 19 siswa kelas VII C SMPN 2 Maesan dijadikan sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, model Problem Based Learning (PBL) dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan dapat meningkatkan hasil belajar dengan memberi mereka kesempatan untuk memeriksa dan memahami materi pelajaran melalui kegiatan pemecahan masalah. Model PBL juga mengajarkan siswa bagaimana merencanakan, memantau dan mengevaluasi pembelajarannya sendiri, sehingga dapat kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sri Wahyuni, Universitas Jember

Pendidikan IPA

Keywords: Model PBL, Lesson Study, Kemampuan Berpikir Kritis

References

Adhitya, R. S., & Fauziah, A. N. M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 38-45.

Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (2022). Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi. Journal On Teacher Education, 3(3), 65-81. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4384

Astutik, N. S., Widyaningsih, S. W., & Sinon, I. L.S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Melalui Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 16-24. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v3i1.33818

Aulia, A. D., Addina, H. N., Alamanda, F., & Wahyuni, S. (2023). Studi Literatur: Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 22-32. https://doi.org/10.5281/zenodo.8224984

Febrianti, N. S., Utomo, A. P., & Supeno. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Media Aplikasi Android Getaran dan Gelombang. OPTIK: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 26-33. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.936

Juhaeriah, D., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan LKPD Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurna Muara Pendidikan, 6(2), 157-165. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.495

Kartika, A. T., Eftiwin, L., Lubis, M. F., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 01-10.

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).

Ningsih, F., Indriwati, S. E., Gofur, A., & Amaliah, N. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Berbasis Lesson Study. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 29-36.

Permana, F. H., & Setyawan, D. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Model Flipped Classroom dalam Meningkatkan Karakter Siswa Melalui Lesson Study. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 1, No. 01, pp. 223-228). https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.893

Siboro, A., Siburian, T., Laia, T. S., Amazihono, M., & Malau, B. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika SMA. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 26-31.

Solichah, P. N., & Sari, D. A. (2023). Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII, 13(3), 596-602. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1117

Sudartik, S., Sutarto, S., & Budiarso, A. S. (2023). Pengaruh Model POGIL terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 121-134. https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.6412

Suryani, Y., Melasari, M., Nurjannah, N., Iskandar, I. T., Rokayah, O., & Prasetyo, I. U. (2023). Penerapan Lesson Study dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 20(01), 37-44. https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.7012

Waluyo, E. (2023). Penerapan Stem Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Lesson Study. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 1113-1124. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17345

Published
2023-12-01
How to Cite
Sri Wahyuni, Fershanda Vivi Hartono, Nabila Hafizhah, Linggar Dea Slavira, Dwi Sri Astutik, Wawuk Lisnawati, & Deby Izmarini. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Lesson Study. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 963-969. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1242
Abstract viewed = 117 times
PDF downloaded = 63 times