Analisis Kreativitas Mahasiswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning
Abstract
Kreativitas merupakan kemampuan dalam menyampaikan suatu ide atau gagasan baru yang tergantung pada pemikiran keratif. Mahasiswa yang berperan sebagai generasi penerus dituntut untuk memiliki pemikiran yang kreatif dalam menemukan sesuatu yang dapar digunakan untuk mengatasai permasalahan sehari-hari. Namun pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum mampu menyampaikan ide kreatifnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis kreativitas mahasiswa pada materi Fluida setelah penerapan model pembelajaran PjBL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I Teknik Kimia Universitas Jambi. Data diperoleh melalui Creativity Product Analysis Matrix (CPAM). Dimensi kreativitas yang digunakan adalah kebaruan, resolusi, dan elaborasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil perolehan observasi yang ditemukan pada setiap tahap kegiatan, kreativitas mahasiswa dalam kategori baik sebanyak lebih dari 77%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata kuliah Fisika Dasar 1 mampu meningkatkan kreativitas mahasiswa.
Downloads
References
Amabile, T. M. (2013). Componential Theory of Creativity. Encyclopedia of Management Theory. https://doi.org/10.4135/9781452276090.n50
Asri, M., & Permana, N. D. (2022). Pengaruh PjBL - Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Getaran. Journal of Natural Science Learning, 01(01).
Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM project-based learning: An integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Springer Science & Business Media.
Chiang, C.-L., & Lee, H. (2016). The effect of project-based learning on learning motivation and problem-solving ability of vocational high school students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.779
Dawes, L., & Wegerif, R. (2004). Thinking and Learning with ICT. In Thinking and Learning with ICT. https://doi.org/10.4324/9780203506448
Donnelly Roisin, & Fitzmaurice Marian. (2005). Collaborative Project-based Learning and Problem-based Learning i. Technological University Dublin, 87–98.
Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Application of the Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Student Learning Outcomes in Class V at UPTD SD Negeri Tapos 5, Depok City. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 31–37.
Fadhil, M., Kasli, E., Halim, A., Evendi, Mursal, & Yusrizal. (2021). Impact of Project Based Learning on Creative Thinking Skills and Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012114
Gomez-del Rio, T., & Rodriguez, J. (2022). Design and assessment of a project-based learning in a laboratory for integrating knowledge and improving engineering design skills. Education for Chemical Engineers, 40, 17–28.
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., Taufik, M., & Herayanti, L. (2019). Project-based learning on media development course to improve creativity of prospective physics teacher. AIP Conference Proceedings, 2194. https://doi.org/10.1063/1.5139764
Hairunisa, H., Hakim, A. R., & Nurjumiati, N. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(2), 93–96.
Hanif, S., Wijaya, A. F. C., & Winarno, N. (2019). Enhancing Students’ Creativity through STEM Project-Based Learning. Journal of Science Learning, 2(2), 50–57. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jsl.v2i2.13271
Jannah, R., Lufri, L., Asrizal, A., & Putra, S. (2022). Effect Size: STEM Pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Abad 21. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan I, 2477–6181(2), 79–88.
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Lou, S. J., Chou, Y. C., Shih, R. C., & Chung, C. C. (2017). A study of creativity in CaC 2 steamship-derived STEM project-based learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 2387–2404. https://doi.org/10.12973/EURASIA.2017.01231A
Makkonen, T., Tirri, K., & Lavonen, J. (2021). Engagement in learning physics through project-based learning: A case study of gifted Finnish upper-secondary-level students. Journal of Advanced Academics, 32(4), 501–532. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1932202X211018644
Mohamadi, Z. (2018). Comparative effect of project based learning and electronic project based learning on the development and sustained development of english idiom knowledge. J Comput High Educ 30, 363–385.
Monika, Y., Mayub, A., & Purwanto, A. (2018). Pengaruh Project Based Learning (PJBL) Model Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 25–30. https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.25-30
Mrayyan, S. (2016). Investigating Mathematics Teachers’ Role to Improve Students’ Creativity Thinking. Academic Reaserch International, 4(1), 82–90. https://doi.org/10.12691/education-4-1-13
Nur Arifah Agus Fajrina, R., Koes Handayanto, S., Hidayat, A., Artikel Abstrak, I., & Nur Arifah Agus Fajrina Pendidikan Fisika, R. (2018). Peran Model Project Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas XI IPA melalui Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan, 3(3), 291–295.
Rambe, P. (2023). The Impact of Problem-Based Learning Learning Methods on the Development of Islamic Education Learning. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 25–30.
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Rustaman, N. (2003). Kemampuan Proses Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Safriana. (2018). Penerapan Project Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa Calon Guru. Serambi Akademica, VI(1).
Sari, D. P. (2017). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VB SD Negeri 34/I Teratai.
Sheppard, S. (2022). A Curriculum Development for 21st Century Learners: Using Project Based Learning to Teach the Four Cs Required for Today and Tomorrow’s Workforce. Masters Theses/Capstone Projects.
Sirait, J. V., & Amnie, E. (2023). Analysis of Students’ Collaboration Skills through Project-Based Learning Model. Gagasan Pendidikan Indonesia, 4(1), 43–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/gpi.v4i1.19836
Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 176–186.
Usmeldi, U. (2019). The Effect of Project-based Learning and Creativity on the Students’ Competence at Vocational High Schools. Advances in Social Science, Education and Humanities Research.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.