Pengembangan e-Modul Berbasis Inquiry Science Issues Tema Tanahku Tercemar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII

  • Rosminah Rosminah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suroso Mukti Leksono Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • R. Ahmad Zaky El Islami Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa masih belum terlaksana secara optimal. Kemampuan berpikir kritis dapat di bangun dengan mengembangkan produk e-modul berbasis inquiry science issues. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan efisiensi e-modul berbasis inquiry science issues tema tanahku tercemar untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Manfaat penelitian ini yaitu bahan ajar e-modul ini dapat membantu guru dan siswa dalam kegiatan proses belajar serta menambah keterbatasan bahan ajar yang ada disekolah. Penelitian pengembangan ini dengan model Sugiono yang dibatasi sampai uji coba terbatas. Instrumen penelitian ini menggunakan angket validasi ahli dan respon siswa. Hasil validasi e-modul oleh ahli materi didapatkan persentase sebesar 86,9% (sangat valid), ahli media didapatkan persentase sebesar 91,08% (sangat valid) dan ahli praktisi didapatkan persentase sebesar 85,5% (sangat valid). Hasil tingkat efisiensi e-modul didapatkan persentase sebesar 86,9% (sangat efisien). Dengan demikian, e-modul berbasis inquiry science issues tema tanahku dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: e-Modul Berbasis Inquiry Science Issues, Tanahku Tercemar, Kemampuan Berpikir Kritis

References

Anagun, Sengul S. (2018). Teachers’ perceptions about the relationship between 21st century skills and managing constructivist learning environments. International Journal of Instruction, 11(4), 825–840. DOI: 10.12973/iji.2018.11452a

Anam, K. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Changwong, Ken. 2018. “Critical Thinking Skill Development: Analysis of a New Learning Management Model for Thai High Schools.” Journal of International Studies 11(2): 37–48.

Cigdemoglu, C., Arslan, H.O., dan Cam, A., 2017, Argumentation to foster preservice science teachers’ knowledge, competency, and attitude on the domains of chemical literacy of acids and bases, Chemistry Education Research and Practice, Vol 2017, No 18, No 288-303.

Erduran, S., and M. Jimenez-Aleixandre. 2007. International Journal of Science Education Argumentation in Science Education: Perspectives from Classroom-Based Research.

Facione, P. a. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1).

Fernandez, E., Vivo, D.A., and Martinez. I.J., 2023. Evaluative research on the critical thinking of primary school students. International Journal of Educational Research Open Volume 4.

Indriyani., D, Mawardi, & Wardani., KW. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal basicedu. Vol 3. No 1.

Hersandi, M., Mahardika, I. K. & Nuriman 2017. Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Bentuk Brosur Untuk Pembelajaran IPA di SMP Ditinjau Dari Aspek Kegrafikanya. Jurnal Pembelajaran & Pendidikan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 57-64.

Istiqomah, F, A Widiyatmoko, dan I. U Wusqo. 2016. “Pengaruh Media Kokami Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Belajar Tema Bahan Kimia.” Unnes Science Education Journal 5(2): 1220.

Janah, SR., Suyitno, Hardi., & Rosyida, I. 2019. Pentingnya Literasi Matematika Dan Berpikir Kritis Matematis Dalam Menghadapi Abad Ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 2.

Kennedy, M., Fisher, M. B., & Ennis, R. H. (2010). Critical thinking: Literature review and

needed research. In L. Idol, & B. F. Jones (Eds.), Educational values and cognitive

instruction: Implications for reform (pp. 11–40).

Larsson, Kristoffer. 2017. “Understanding and Teaching Critical Thinking — A New Approach.” International Journal ofEducational Research 84(December 2016): 32–42.

Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(23), 190–197.

Leicester, M. & Taylor. D. 2010. Critical Thinking Across the Curriculum. New York: McGraw-Hill Open University Press.

Luthfi, Ilena Amalia, Dewi Robiatun Muharomah, Rizhal Hendi Ristanto, dan Miarsyah Mieke. 2022. “Pengembangan tes kemampuan pemecahan masalah pada isu pencemaran lingkungan.” BioEdUIN: Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi 9(2): 11–21.

Mawarni, S., & Muhtadi, A. 2017. Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 84-96.

Mulyasa E. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Novianti., D. 2015. Pengembangan Media Akutansi Asset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implementasi K-13 Di SMKN 2 Baduran. Jurnal Pendidikan. Vol. 3. No. 2.

Pratiwi, Gadis, Pramudiyanti, dan Rini Rita T. Marpaung. 2014. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Lampung: Universitas Lampung.

Prihatiningsih, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. (Jurnal Pros Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM Vol 1. ISBN:978-602-9286-212).

Reeve, Edward M. 2016. “21st Century Skills Needed by Students in Technical and Vocational Education and Training (TVET).” Asian International Journal of Social Sciences 16(4): 62–74. https://aijss.org/index.php/aijss20160404pdf/.

Sadjati, I. M. 2012. Hakikat Bahan Ajar. Universitas Terbuka. Jakarta.

Silaban, L. 2021. Pengembangan E-Modul Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 5 KOTA JAMBI. Jambi: Universitas Jambi.

Siska, Wili Triani, Yuyun Maryuningsih, dan Mujib Ubaidillah. 2020. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues.” EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 8(1): 22–33.

Suastrawan, E. 2021. Pengembangan e-Modul IPA SMP Kelas VII Dengan Model Pogil Berbasis Isu-Isu Sosial Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat pISSN: 2086-7328, eISSN: 2550-0716

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Tris, Indriati. 2011. Penerapan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Tentang Energi Panas dan Bunyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA kelas IV SDN tugu 10 Kecamatan Cimanggis Kota Depok: UPI.

Wahyunan Widhi, Megatro Thathit et al. 2021. “Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin‟s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research.” PENDIPA Journal of Science Education 5(1): 79–91.

Wulandari, F. 2016. Strategi Scaffolding Dalam Memperbaiki Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal penelitian dan penialaian pendidikan. Vol. 1. No. 1.

Published
2023-12-01
How to Cite
Rosminah, R., Suroso Mukti Leksono, & R. Ahmad Zaky El Islami. (2023). Pengembangan e-Modul Berbasis Inquiry Science Issues Tema Tanahku Tercemar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 978-986. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1250
Abstract viewed = 47 times
PDF downloaded = 47 times