Pengembangan E-Book Kontekstual Berorientasi Kearifan Lokal Banten untuk Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kevalidan e-book kontekstual berorientasi kearifan lokal Banten untuk dijadikan sebagai alternatif bahan ajar yang dapat meningkatkan pengalaman belajar IPA, membuat pembelajaran lebih bermakna khusunya dalam memahami konsep IPA. Dengan menghadirkan e-book kontekstual berorientasi kearifan lokal Banten, penelitian ini memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran IPA di tingkat SMP serta mempermudah siswa dalam mengidentifikasi makna pembelajaran IPA dalam konteks yang lebih dekat dengan realitas lingkungan mereka. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang dilaksanakan sampai 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) pada uji kevalidan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keseluruhan dari persentase rata-rata ahli materi, ahli media dan ahli praktisi yaitu sebesar 84,33% dengan kategori "valid". Hal ini menunjukkan bahwa e-book kontekstual berorientasi kearifan lokal Banten dapat dimanfaatkan guru sebagai bahan ajar yang mendukung pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu siswa SMP.
Downloads
References
Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473
Aldya, R. F., We, A. V. T., & Mitasari, Z. (2022). Pengembangan Modul Kontekstual Pembelajaran Ipa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 186–191. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.10990
Aprilia, T., Sunardi, S., & Djono, D. (2017). Pemanfaatan Media Buku Digital berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fitriah, L. (2019). Efektivitas Buku Ajar Fisika Dasar 1 Berintegrasi Imtak dan Kearifan Lokal Melalui Model Pengajaran Langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 82. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5909
Gevi, G. R., & Andromeda, A. (2019). Pengembangan E-Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Untuk SMA/ MA. Edukimia, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a8
Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran Ipa. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61
Humairah, E. (2022). Penggunaan Buku Ajar Elektronik (E-Book) Berbasis Flipbook Guna Mendukung Pembelajaran Daring Di Era Digital. Prosiding Amal Insani Foundation, 1(1), 66–71.
I.M. Suirta, I.K. Gading, & N.K. Suarni. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Berorientasi Kearifan Lokal Pada Muatan Ipa Topik Benda Tunggal Dan Campuran. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 91–101. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.1194
Immaniar, B. D., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2019). Pembelajaran Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal dengan Model Experiential Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 648. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12431
Irama, A., Subhananto, A., & Zamana, M. (2022). Efektifitas Permainan Congklak Berbasis Kompetisi Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD Negeri 19 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 3(2), 40–48.
Khalis, S., & Sopian, A. (2023). Use of E-Comic media through canva to increase the Maharah Kitabah. 2, 657–668.
Khatimah, H., Fatmah, F., & Suciyati, S. (2022). Pengembangan E-Book Matematika Interaktif Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Smp Kelas Viii. Inspiramatika, 8(2), 126–140. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v8i2.3699
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p1--13
Kristina, H., Vitasari, M., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Literasi Sains Tema Ayo Siaga Bencana untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 754–763. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.754-763
Kua, M. Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization Dengan Real World Problem. Journal of Education Technology, 2(4), 169. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16545
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Muhammad Hashemi Maulida, Siraj, Taufiq, & Sayni Nasrah. (2022). Efektivitas Manajemen Pembelajaran Melalui Perancangan E-Modul pada Sekolah Menegah Kejuruan. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.438
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.69
Putri, N. O., Suryarini, D. Y., & Desiningrum, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Perkembangan Teknologi Transportasi Bahasa Indonesia Kelas III SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 20. https://doi.org/10.30742/tpd.v3i2.931
Rahmawati, S., & Rohim, D. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 198–203.
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi bahan ajar dengan konteks socio-scientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814
Saidah, K., & Damariswara, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 73. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4320
Saputri, L. I., Har, E., & Deswati, L. (2015). Pengembangan Modul Dengan Tampilan Majalah Dalam Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(5).
Suwarno, R. N., & Rahmatullah, R. (2021). E-Book Interaktif Terintegrasi Kearifan Lokal Karawitan sebagai Bahan Ajar Kontekstual IPA SMP: Analisis Konten. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 2(2), 77–82.
Zahro, U. C., & Khiyarusoleh, U. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Kearifan Lokal Brebes. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 73. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.437
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.