Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pembelajaran Numberd Heads Together (NHT) Berbantuan Media Gerbong Pembagian Siswa Sekolah Dasar

  • Enita Slamet Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Puji Rahmawati Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Septiyati Purwandari Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Khoiriyati Kaulina Rahmaningrum SD Negeri Depok 1

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan pembelajaran Matematika materi pembagian kelas III SD Negeri Depok 1 tahun pelajaran 2023/2024. Permasalahan yang ditemui yaitu rendahnya nilai ulangan Matematika materi pembagian siswa kelas III karena terdapat 20 nilai siswa di bawah KKM (70). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Depok 1 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan Teknik tes dan teknik observasi. Hasil persentase nilai siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 50% (14 siswa) meningkat menjadi 71,42% (20 siswa) pada siklus II. Sedangkan pada nilai hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dari 70 menjadi 79,64. Peningkatan yang terjadi lagi yaitu pada kegiatan mengajar guru dalam menggunakan model Number Heads Together (NHT) berbantuan media Gerbong Pembagian. Dimana pada siklus I mendapat persentase 64,28% dan meningkat sebesar 85,71% pada siklus II. Sehingga dapat dikatakan penelitian dengan penerapan model pembelajaran model Number Heads Together (NHT) berbantuan media Gerbong Pembagian ini dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pembagian pada siswa kelas III SD Negeri Depok 1.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Materi Pembagian, Number Heads Together (NHT)

References

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

Asriyadin, A., & Fatkhulloh, F. (2012). Pengaruh Moving Class dan Belajar di Pagi Hari terhadap Hasil Belajar Fisika. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(3).

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Fuadi, M., Arsyad, M., Arafah, K., & Asriyadin, A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 116–121.

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kemendikbudristek.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892

Palupi, D. I., Rahmani, E., Yusnita, E., Gustina, H., Pertiwi, H., & Priyanti, N. (2023). Mengenal Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 21–28.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Rina, C., Endayani, T. B., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 5(2), 150–158.

Setyowati, L., & Inah, E. N. (2020). Penerapan Model Number Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Diniyah : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 23. https://doi.org/10.31332/dy.v1i1.1818

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Widiani, N. L. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 537. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39475

Published
2023-12-01
How to Cite
Enita Slamet, Puji Rahmawati, Septiyati Purwandari, & Khoiriyati Kaulina Rahmaningrum. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pembelajaran Numberd Heads Together (NHT) Berbantuan Media Gerbong Pembagian Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 947-951. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1256
Abstract viewed = 48 times
PDF downloaded = 27 times