Menumbuhkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga

  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Made Wiguna Yasa Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Made Muliani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Abstract

Literasi sains sangat penting dikuasai mengingat pentingnya sains dalam kehidupan manusia baik sebagai makhluk individu maupun sosial. Namun faktanya literasi sains siswa Indonesia masih belum memuaskan. Literasi sains hendaknya dilakukan tidak di lingkungan sekolah saja namun juga di lingkungan keluarga. Peneltiian ini bertujuan untuk menganalisis cara menumbuhkan literasi sains siswa sekolah dasar di lingkungan keluarga. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kepustakaan. Sumber data berupa buku dan jurnal yang berkaitan dengan pendidikan keluarga dan literasi sains. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains dapat dikembangkan dalam lingkungan keluarga baik dari segi dimensi proses, konten, sikap dan aplikasi. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara orang tua memberi teladan tentang sikap sains, memberikan penjelasan fenomena sains yang kontekstual dan non kontekstual dan mengajak anak melakukan percobaan sains dengan memanfaatkan alat dan bahan yang tersedia di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Literasi Sains, Lingkungan Keluarga

References

Amin, A. (2017). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v16i1.824
Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 4(2), 179–191. https://doi.org/DOI: 10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91
Daniah. (2020). Pentingnya Inkuiri Ilmiah Pada Praktikum Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 144–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7178
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/DOI: 10.29303/jipp.v5i2.122
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/DOI: 10.21580/nw.2014.8.2.580
Krisdayanthi, A., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). Menumbuhkembangkan Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 319–326. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.276
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
Rahayu, S. (2016). Menyiapkan Calon Guru Dalam Berliterasi Sains Melalui Pembelajaran Berkonteks Explisit Nature Of Science (NOS). Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 1–8.
Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wijaya, I. K. W. B. (2018). Strategi Penanaman Taksonomi Pembelajaran IPA Pada Siswa Sekolah Dasar (SD) Untuk Membentuk Generasi Literasi Sains. Adi Widya, 3(1), 30–36.
Wijaya, I. K. W. B. (2019). Eco Family : Metode Parenting Anak Usia Dini Untuk Membentuk Generasi Literasi Lingkungan. Jurnal Pratama Widya, 4, 40–47.
Wijaya, I. K. W. B., Darmayanti, N. W. S., & Muliani, N. M. (2020). Pengembangan Keterampilan Hidup Dan Karir Siswa Dalam Rangka Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 171–181.
Wijaya, I. K. Wi. B. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4, 147–154.
Yasa, I. M. W., Wijaya, I. K. W. B., Indrawan, I. P. O., Muliani, N. M., & Darmayanti, N. W. S. (2022). The Implementation Profile of The Science Literacy Movement in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2), 319–330. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v6i2.45174
Published
2023-12-01
How to Cite
I Komang Wisnu Budi Wijaya, I Made Wiguna Yasa, & Ni Made Muliani. (2023). Menumbuhkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1012-1016. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1259
Abstract viewed = 204 times
PDF downloaded = 143 times