Menumbuhkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga
Abstract
Literasi sains sangat penting dikuasai mengingat pentingnya sains dalam kehidupan manusia baik sebagai makhluk individu maupun sosial. Namun faktanya literasi sains siswa Indonesia masih belum memuaskan. Literasi sains hendaknya dilakukan tidak di lingkungan sekolah saja namun juga di lingkungan keluarga. Peneltiian ini bertujuan untuk menganalisis cara menumbuhkan literasi sains siswa sekolah dasar di lingkungan keluarga. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kepustakaan. Sumber data berupa buku dan jurnal yang berkaitan dengan pendidikan keluarga dan literasi sains. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi sains dapat dikembangkan dalam lingkungan keluarga baik dari segi dimensi proses, konten, sikap dan aplikasi. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara orang tua memberi teladan tentang sikap sains, memberikan penjelasan fenomena sains yang kontekstual dan non kontekstual dan mengajak anak melakukan percobaan sains dengan memanfaatkan alat dan bahan yang tersedia di rumah.
Downloads
References
Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 4(2), 179–191. https://doi.org/DOI: 10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91
Daniah. (2020). Pentingnya Inkuiri Ilmiah Pada Praktikum Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 144–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7178
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/DOI: 10.29303/jipp.v5i2.122
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/DOI: 10.21580/nw.2014.8.2.580
Krisdayanthi, A., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). Menumbuhkembangkan Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 319–326. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.276
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.
Rahayu, S. (2016). Menyiapkan Calon Guru Dalam Berliterasi Sains Melalui Pembelajaran Berkonteks Explisit Nature Of Science (NOS). Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 1–8.
Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wijaya, I. K. W. B. (2018). Strategi Penanaman Taksonomi Pembelajaran IPA Pada Siswa Sekolah Dasar (SD) Untuk Membentuk Generasi Literasi Sains. Adi Widya, 3(1), 30–36.
Wijaya, I. K. W. B. (2019). Eco Family : Metode Parenting Anak Usia Dini Untuk Membentuk Generasi Literasi Lingkungan. Jurnal Pratama Widya, 4, 40–47.
Wijaya, I. K. W. B., Darmayanti, N. W. S., & Muliani, N. M. (2020). Pengembangan Keterampilan Hidup Dan Karir Siswa Dalam Rangka Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 171–181.
Wijaya, I. K. Wi. B. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4, 147–154.
Yasa, I. M. W., Wijaya, I. K. W. B., Indrawan, I. P. O., Muliani, N. M., & Darmayanti, N. W. S. (2022). The Implementation Profile of The Science Literacy Movement in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2), 319–330. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v6i2.45174
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.