Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Masalah Kesehatan Lingkungan pada Matakuliah Praktikum Pengendalian Vektor dan Rodent dengan Memanfaatkan Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR)
Abstract
Keterbatasan bahan ajar yang diintegrasikan dengan SIPEJAR sebagai Learning Management System (LMS) pada matakuliah Praktikum Pengendalian Vektor dan Rodent di Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas, Universitas Negeri Malang dinilai masih kurang menunjang perkuliahan praktikum selama ini yang hanya digunakan sebagai pengumpulan laporan praktikum dan pelaksanaan ujian. Keterbatasan tersebut dinilai belum secara optimal menunjang proses pembelajaran mahasiswa dan kurang mempresentasikan digitalisasi serta kemajuan teknologi informasi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital yang berbasis pada masalah kesehatan lingkungan dengan memanfaatkan SIPEJAR berupa e-modul, video penjelasan, motion grafis, infografis, audio, assessment tools serta slide presentasi. Penelitian ini diharapkan menghasilkan bahan ajar digital yang diintegrasikan di SIPEJAR untuk memudahkan dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktikum Pengendalian Vektor dan Rodent. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian (Research and Development). Teknik analisis data menggunakan presentase kelayakan bahan ajar dilihat dari validitas yang dilakukan oleh ahli media dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dikategorikan “sangat layak dan baik” berdasarkan presentase penilaian ahli media sebesar 80,3% (layak dan baik) dan penilaian ahli pembelajaran sebesar 82,1% (sangat layak dan baik).
Downloads
References
Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 23(2), 99–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479
Degeng, M. D. K. (2021). Daya Tarik Pembelajaran SIPEJAR Ditinjau dari Sisi Locus of Control Mahasiswa yang Berbeda di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(1), 10–16. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14368
Purnama, A. R., & Larasati, A. (2020). Pengidentifikasian Segmentasi Pengguna Sistem Manajemen Pembelajaran Sebuah Universitas dengan Metode Two-Step Clustering. Journal of Research and Technology, 6(1), 119–130. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/147
Putri W., N. S. A. (2022). The Effectiveness of Information Technology-Based Learning Media Development in Biology Learning : A Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 294–302. https://semnas.biologi.fmipa.unp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/394
Rezeqi, S., Brata, W. W. W. B., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 52–61. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/17301/13178
Rusman, R. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 1(2), 212–230. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3102.g2124
Setiadi, P. M., Alia, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital dalam Blended Learning Model untuk Meningkatkan Literasi Digital Mahasiswa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3353–3360. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2727
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Ukhtikhumayroh, U., & Rahmatsyah, R. (2020). Efek Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alat Praktikum Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (IPAFI), 8(4), 83–88. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.ph
Surat Edaran Nomor 25.8.9/UN32.I/TU/2020 Tentang Uji Coba Penggunaan SIPEJAR dalam Implementasi Kurikulum, (2020).
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.