Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Masalah Kesehatan Lingkungan pada Matakuliah Praktikum Pengendalian Vektor dan Rodent dengan Memanfaatkan Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR)

-

  • Muhammad Al-Irsyad Universitas Negeri Malang
  • Mika Vernicia Humairo Universitas Negeri Malang
  • Aditya Yudha Pratama Universitas Negeri Malang
  • Erica Ardhana Fathimah Azzahra Universitas Negeri Malang
  • Naufal Faizul Rafi Universitas Negeri Malang
  • Febrianty Quratul Aini Universitas Negeri Malang
  • Hani Constantia Universitas Negeri Malang
  • Rosiana Fadilatul Aini Universitas Negeri Malang

Abstract

Keterbatasan bahan ajar yang diintegrasikan dengan SIPEJAR sebagai Learning Management System (LMS) pada matakuliah Praktikum Pengendalian Vektor dan Rodent di Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas, Universitas Negeri Malang dinilai masih kurang menunjang perkuliahan praktikum selama ini yang hanya digunakan sebagai pengumpulan laporan praktikum dan pelaksanaan ujian. Keterbatasan tersebut dinilai belum secara optimal menunjang proses pembelajaran mahasiswa dan kurang mempresentasikan digitalisasi serta kemajuan teknologi informasi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital yang berbasis pada masalah kesehatan lingkungan dengan memanfaatkan SIPEJAR berupa e-modul, video penjelasan, motion grafis, infografis, audio, assessment tools serta slide presentasi. Penelitian ini diharapkan menghasilkan bahan ajar digital yang diintegrasikan di SIPEJAR untuk memudahkan dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Praktikum Pengendalian Vektor dan Rodent. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian (Research and Development). Teknik analisis data menggunakan presentase kelayakan bahan ajar dilihat dari validitas yang dilakukan oleh ahli media dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dikategorikan “sangat layak dan baik” berdasarkan presentase penilaian ahli media sebesar 80,3% (layak dan baik) dan penilaian ahli pembelajaran sebesar 82,1% (sangat layak dan baik).

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Sipejar, Praktikum Pengendalian Vektor dan Rodent, Bahan Ajar Digital

References

Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 23(2), 99–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479

Degeng, M. D. K. (2021). Daya Tarik Pembelajaran SIPEJAR Ditinjau dari Sisi Locus of Control Mahasiswa yang Berbeda di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(1), 10–16. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14368

Purnama, A. R., & Larasati, A. (2020). Pengidentifikasian Segmentasi Pengguna Sistem Manajemen Pembelajaran Sebuah Universitas dengan Metode Two-Step Clustering. Journal of Research and Technology, 6(1), 119–130. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/147

Putri W., N. S. A. (2022). The Effectiveness of Information Technology-Based Learning Media Development in Biology Learning : A Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 294–302. https://semnas.biologi.fmipa.unp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/394

Rezeqi, S., Brata, W. W. W. B., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 52–61. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/17301/13178

Rusman, R. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 1(2), 212–230. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3102.g2124

Setiadi, P. M., Alia, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital dalam Blended Learning Model untuk Meningkatkan Literasi Digital Mahasiswa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3353–3360. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2727

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Ukhtikhumayroh, U., & Rahmatsyah, R. (2020). Efek Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alat Praktikum Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (IPAFI), 8(4), 83–88. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.ph

Surat Edaran Nomor 25.8.9/UN32.I/TU/2020 Tentang Uji Coba Penggunaan SIPEJAR dalam Implementasi Kurikulum, (2020).

Published
2023-12-11
How to Cite
Muhammad Al-Irsyad, Mika Vernicia Humairo, Aditya Yudha Pratama, Erica Ardhana Fathimah Azzahra, Naufal Faizul Rafi, Febrianty Quratul Aini, Hani Constantia, & Rosiana Fadilatul Aini. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Masalah Kesehatan Lingkungan pada Matakuliah Praktikum Pengendalian Vektor dan Rodent dengan Memanfaatkan Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1072-1077. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1264
Abstract viewed = 50 times
PDF downloaded = 25 times