Pengaruh Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan Engineering Design Process pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

  • Pingkan Aprileni Memorika Rianto Universitas Jember
  • Pramudya Dwi Aristya Putra Universitas Jember
  • Zainur Rasyid Ridlo Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa yang disebabkan pemilihan model pembelajaran yang kurang sesuai. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dengan penerapan model pembelajaran PjBL dengan pendekatan EDP pada pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Maesan pada semester ganjil 2023/2024 dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan purposive sampling serta melakukan obervasi dan melakukan wawancara dengan guru IPA. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen (Experimental Research) dengan menggunakan metode kuantitatif menggunakan jenis quasi experiment control group design. Penelitian akan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Maesan pada semester ganjil 2023/2024 dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan purposive sampling serta melakukan obervasi dan melakukan wawancara dengan guru IPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Model PjBL, Engineering Design Process, Keterampilan Berpikir Kritis

References

Ainun, D., Putra, P. D. A., & Budiarso, A. S. (2021). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pokok Bahasan Alat-Alat Optik dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 126–132. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.608

Cahyani, G. P., & Sulastri, S. (2021). Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Online di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 372–379. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n3.p372-379

Facione, P. A. (2013). Critical Thinking:What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1). https://doi.org/10.1119/1.18809

Khairani Astri, E., Siburian, J., & Hariyadi, B. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Peserta Didik. Biodik, 8(1), 51–59. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.16061

Marlina, L., Sriyanti, I., & Yusup, M. (2019). Kemampuan Guru IPA SMP Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis. Inovasi Dan Pembelajaran Visika, 6(2), 130–135.

Merdeka, K., Dewi, M. R., Jember, U., & Timur, J. (2023). Inovasi Kurikulum. 19(2), 213–226.

Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289

Ningsyih, S., Yulianci, S., Adiansha, A. A., Nurjumiati, N., & Asriyadin, A. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 12–15.

Putra, P. D. A., Sulaeman, N. F., Supeno, & Wahyuni, S. (2023). Exploring Students’ Critical Thinking Skills Using the Engineering Design Process in a Physics Classroom. Asia-Pacific Education Researcher, 32(1), 141–149. https://doi.org/10.1007/s40299-021-00640-3

Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Pada Materi Pokok Listrik Statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79–84. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i2.13

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Rosyidah, N. D., Kusairi, S., & Taufiq, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model STEM PjBL disertai Penilaian Otentik pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1422. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14107

Saputra, A. I., & Susilawati, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 103–111.

Setiawan, D. (2020). Pembelajaran EDP-Problem Solving Project untuk Melatih Siswa Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(2), 537–556. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i2.147

Susilawati, E., Sarnita, F., Gumilar, S., Erwinsyah, A., Utami, L., & Amiruddin, A. (2019). Using inductive approach (IA) to enhance students’ critical thinking (CT) skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 52035.

Tita Kartika, A., Eftiwin, L., Fitri Lubis, M., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.46

Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN IPA TERPADU DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606

Ulum, M. B., Putra, P. D. A., & Nuraini, L. (2021). Identifikasi penggunaan EDP (Engineering Design Process) dalam berpikir engineer siswa SMA melalui Lembar Kerja Siswa (LKS). Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 8(2), 53. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i2.20753

Wulandari, I. A. P. F., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Information and Communication Technologies Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 139. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19383

Published
2023-12-11
How to Cite
Pingkan Aprileni Memorika Rianto, Pramudya Dwi Aristya Putra, & Zainur Rasyid Ridlo. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan Engineering Design Process pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1087-1094. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1272
Abstract viewed = 66 times
PDF downloaded = 48 times