Pengaruh Model Pembelajaran PjBL dengan Pendekatan Engineering Design Process pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa yang disebabkan pemilihan model pembelajaran yang kurang sesuai. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dengan penerapan model pembelajaran PjBL dengan pendekatan EDP pada pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Maesan pada semester ganjil 2023/2024 dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan purposive sampling serta melakukan obervasi dan melakukan wawancara dengan guru IPA. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen (Experimental Research) dengan menggunakan metode kuantitatif menggunakan jenis quasi experiment control group design. Penelitian akan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Maesan pada semester ganjil 2023/2024 dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan purposive sampling serta melakukan obervasi dan melakukan wawancara dengan guru IPA.
Downloads
References
Ainun, D., Putra, P. D. A., & Budiarso, A. S. (2021). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pokok Bahasan Alat-Alat Optik dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 126–132. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.608
Cahyani, G. P., & Sulastri, S. (2021). Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Online di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 372–379. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n3.p372-379
Facione, P. A. (2013). Critical Thinking:What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1). https://doi.org/10.1119/1.18809
Khairani Astri, E., Siburian, J., & Hariyadi, B. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Peserta Didik. Biodik, 8(1), 51–59. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.16061
Marlina, L., Sriyanti, I., & Yusup, M. (2019). Kemampuan Guru IPA SMP Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis. Inovasi Dan Pembelajaran Visika, 6(2), 130–135.
Merdeka, K., Dewi, M. R., Jember, U., & Timur, J. (2023). Inovasi Kurikulum. 19(2), 213–226.
Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289
Ningsyih, S., Yulianci, S., Adiansha, A. A., Nurjumiati, N., & Asriyadin, A. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 12–15.
Putra, P. D. A., Sulaeman, N. F., Supeno, & Wahyuni, S. (2023). Exploring Students’ Critical Thinking Skills Using the Engineering Design Process in a Physics Classroom. Asia-Pacific Education Researcher, 32(1), 141–149. https://doi.org/10.1007/s40299-021-00640-3
Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Pada Materi Pokok Listrik Statis. Journal of Banua Science Education, 1(2), 79–84. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i2.13
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Rosyidah, N. D., Kusairi, S., & Taufiq, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model STEM PjBL disertai Penilaian Otentik pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1422. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14107
Saputra, A. I., & Susilawati, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 103–111.
Setiawan, D. (2020). Pembelajaran EDP-Problem Solving Project untuk Melatih Siswa Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(2), 537–556. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i2.147
Susilawati, E., Sarnita, F., Gumilar, S., Erwinsyah, A., Utami, L., & Amiruddin, A. (2019). Using inductive approach (IA) to enhance students’ critical thinking (CT) skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 52035.
Tita Kartika, A., Eftiwin, L., Fitri Lubis, M., & Walid, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.46
Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN IPA TERPADU DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606
Ulum, M. B., Putra, P. D. A., & Nuraini, L. (2021). Identifikasi penggunaan EDP (Engineering Design Process) dalam berpikir engineer siswa SMA melalui Lembar Kerja Siswa (LKS). Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 8(2), 53. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i2.20753
Wulandari, I. A. P. F., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Information and Communication Technologies Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 139. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19383
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.