Praktikalitas e-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA
Abstract
Proses peningkatan potensi siswa salah satunya dilakukan melalui Pendidikan yang berbasis teknologi dan informasi. Siswa diharapkan mampu menjadikan teknologi dan informasi sebagai sarana untuk mendapatkan sumber belajar yang sesuai dengan materi yang dipelajari di sekolah. Penggunaan Teknologi informasi membuat pembelajaran semakin cepat diakses oleh siswa. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui Praktikalitas E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains siswa. Model 4-D menjadi salah satu model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini. Tahapan 4-D model ini terdiri atas tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini dibatasi pada tahap Develop uji praktikalitas produk. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen Praktikalitas E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL. Teknik analisis data praktikalitas menggunakan Skala Likert yang disusun dalam bentuk pertanyaan dengan 5 (lima) kriteria respon. Hasil penelitian dari uji praktikalitas didapatkan bahwa E Modul Praktikum Fisika sangat praktis dengan nilai 85,7 berdasarkan respon guru dan praktis dengan nilai 75,695 berdasarkan respon siswa. Hasil ini menyimpulkan bahwa E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL praktis untuk diujicobakan ke tahap selanjutnya.
Downloads
References
Ayu, F., & Fauzi, A. (2020). Praktikalitas Pengembangan E-Book Fisika Berbantuan Edmodo Berbasis Discovery Learning Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(3), 66–71.
Dewara, N., Azhar, M., Kimia, P., Negeri Padang, U., Hamka Air Tawar Padang, J., & Barat, S. (2019). Validitas dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery dengan Mengunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas XI SMA. Edukimia Journal, 1(1), 16–22. http://edukimia.ppj.unp.ac.id/ojs/index.php/edukimia/
Dewi, S. D. A. S., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Validitas dan Praktikalitas Website Pembelajaran untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2757–2772. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1651
Fitriani, W., Komalasari, E., Adzhani, M., & Nelisma, Y. (2022). E-Modul Pembelajaran Coding Berbasis Pengenalan Budaya Indonesia untuk Meningkatkan Computational Thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3050–3062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2314
Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17–22.
Husna Arsyah, R., Ramadhanu, A., & Pratama, F. (2019). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Sistem Komputer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.47233/jteksis.v1i2.49
Ilhami, S., Fitri, R., Atifah, Y., & Fajrina, S. (2022). Meta-Analisis Praktikalitas Media Pembelajaran Puzzle. In JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education ISSN (Vol. 4). Online.
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245
Marizal, Y., & Asri, Y. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbantuan Aplikasi Flipping Book PDF Professional Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 135–152. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.343
Marlini, C., & Rismawati. (2019). Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. In Jurnal Tunas Bangsa (Vol. 6, Issue 2).
Maskar, S., & Sukma Dewi, P. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899.
Risma, M., & Yulkifli, Y. (2022). Praktikalitas E-Modul Fisika Menggunakan Model Inquiry Based Learning Berbantuan Smartphone untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMA. In Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika (Vol. 8, Issue 2). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/119366/106903
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Diterbitkan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 3(1), 59–72.
Roliza, E., Ramadhona, R., & Rosmery, L. (2018). Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Statistika. Jurnal Gantang, III (1), 41–46. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index
Samosir, K., & Simatupang, N. (2022). Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Pada Materi Statistika. Jurnal Fibonaci, 03(1), 22–29. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1
Trinianti, Estuhono, & Prananda, G. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning (Rbl) Untuk Keterampilan 4C Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Sekolah Dasar. In INNOVATIVE: JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE RESEARCH (Vol. 14).
Wijaya, I., & Firmansyah, D. (2018). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 9–20. http://lppm.upiyptk.ac.id/ojs3/index.php/
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.