Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Menyelesaikan Soal IPA pada Siswa SMP Kelas VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal fisika siswa kelas VIII semester genap SMP PGRI 2 Sekampung yang meliputi faktor dari dalam diri siswa (intern) dan faktor dari luar diri siswa (ekstern). Hasil observasi yaitu hasil belajar siswa belum maksimal merupakan salah satu faktor yang dapat menunjukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Studi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebab peneliti berusaha mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan menyelesaikan soal fisika siswa. Teknik pengumpul data dalam penelitian yang peneliti gunakan yaitu tes, observasi. angket (kuesioner), dan wawancara. Setelah data didapatkan, kemudian dianalisis dengan metode triangulasi dan dijabarkan berdasarkan aspek yang diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal fisika terdapat pada empat tahapan. Tahap yang pertama (tahap pemecahan soal) bentuk kesulitan yang dialami siswa adalah ketidaktepatan dalam mengkonversikan satuan dengan persentase 40,9%. Tahap kedua (tahap pemikiran suatu rencana) bentuk kesulitan yang dialami siswa adalah ketidaktepatan dalam menuliskan rumus yang di gunakan dengan persentase 27,2%. Tahap ketiga (pelaksanaan rencana) bentuk kesulitan yang dialami siswa adalah ketidakmampuan dalam melakukan perhitungan hingga mendapatkan hasil akhir dengan persentase 131%. Tahap empat (menuliskan satuan) bentuk kesulitan yang dialami siswa adalah ketidaktepatan dalam menuliskan satuan pada besaran dengan presentase 13,6%.
Downloads
References
Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4 nomor 1.
Ali Elwan, A., & Ali Alwan, S. M. (2013). the Institutional Factors Affecting the Achievement in Physics in Tripoli, Libya. VFAST Transactions on Education and Social Sciences, 1(1), 14–18. http://vfast.org/journals/index.php/VTSE@
Darimi, I. (2016). DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKTIF DI SEKOLAH. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689
Dinatha, N. M., & Laksana, D. N. L. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Pendidikan Dasar Nusantara.
Ekici, E. (2016). “Why Do I Slog Through the Physics?”: Understanding high school students’ difficulties in learning physics. Journal of Education and Practice, 7(7).
Emda, A. (2018). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 5(2). https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fakhrul Jamal, S. P. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Maju, 1(1).
Haqiqi, A. K. (2018). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR IPA SISWA SMP KOTA SEMARANG. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1). https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.838
Ismai. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1).
Ninla Elmawati Falabiba, Anggaran, W., Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A., Wiyono, B. ., Ninla Elmawati Falabiba, Zhang, Y. J., Li, Y., & Chen, X. (2014). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.
Purwanti, S. (2018). “Analisis Ragam Kesulitan Belajar IPA Kelas V SD Negeri Jombor.” The 7th University Research Colloqium 2018 STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, 58–67.
Rusilowati, A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik Sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1).
Sawawa, D., Solehudin, A., & Sabri, S. (2018). PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DAN ELEMEN MESIN. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1). https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12615
Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika.
Wahyuni, W. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP Negeri 4 Terbanggi Besar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1). https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.401
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.