Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi pada Materi Stoikiometri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada materi stoikiometri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest dan posttest one group design. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif pada materi stoikiometri dan angket motivasi belajar mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem posing dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dengan presentase nilai sebesar 89% dengan kriteria sangat termotivasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan nilai signifikansi thitung < 0,05 menunjukkan bahwa pembelajaran problem posing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa dengan nilai R-Square sebesar 64% dengan kriteria cukup berpengaruh.
Downloads
References
Apriyani, D. C. N. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Thingking Aloud Pairs Problem Solving Pada Mata Kuliah Aljabar Linear. Jurnal Beta, 8(2), 142–152.
Astra, I. M., Umiatin, dan Jannah, M. (2012). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar fisika dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 135–143. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpfi
Fajria, F., Rahmatan, H., & Halim, A. (2018). DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 86–93. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9822
Hair Jr., J. F., Anderson, R. E., Babin, B. J., & Black, W. C. (2011). Multivariate Data Analysis (5th ed., pp. 611–628). PrenticeHall, Inc.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Khotimah, S. H. (2016). PENGARUH KECERDASAN LOGIK MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MI SE DKI JAKARTA. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 280. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.901
Lie, A. (2007). Cooperative Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Grasindo Media.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Pustaka Rosdaya.
Silver, E. A., & Cai, J. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students. Journal for Research in Mathematics Education, 27(5), 521. https://doi.org/10.2307/749846
Sitohang, I. L., & Saragih, S. (2018). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP SWASTA METHODIST TANJUNG MORAWA. INSPIRATIF : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.24114/jpmi.v4i2.10804
Slavin, R. E. (2009). Psikologi Pendidikan (Teori dan Praktik). Macanan Jaya Cemerlang.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. PT. Rineka Cipta.
Thobroni, M. dan Mustofa, A. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Ar-ruzz Media.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.