Self Confidence Siswa MTsN dalam Pembelajaran IPA: Studi Komparasi Berdasarkan Jenis Kelamin

  • Nur Sakinah Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Ogi Danika Pranata Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Indah Kencanawati Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstract

Studi sebelumnya mengungkapkan bahwa kerpecayaan diri siswa masih rendah dan belum optimal. Kondisi ini menjadi penyebab sebagian besar masalah dalam pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi dan mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri siswa pada pembelajaran IPA secara umum dan perbedaannya berdasarkan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan komparatif. Populasi pada penelitian ini siswa  MTs N 1 Sungai Penuh pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian terdiri dari 230 siswa yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran IPA secara keseluruhan dalam pembelajaran IPA adalah 3.73. Secara keseluruhan, siswa memiliki tingkat kepercayaan diri pada tingkat yang baik. Kemudian berdasarkan jenis kelamin, rata-rata kepercayaan diri siswa perempuan (3.79) ditemukan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki (3.60). Keduanya juga termasuk dalam kategori baik. Pada uji variansi, yaitu dengan nilai signifikan 0.93 (). Artinya hasil tes Levene tidak signifikan. Hasil ini dimaknai sebagai kondisi variansi data sama (equal variances assumed). Perbedaan kepercayaan diri berdasarkan jenis kelamin ditemukan signifikan dengan nilai t=2.38 dan signifikansi ρ=0.19. Hasil ini mengindikasikan bahwa terdapat yang signifikan antara tingkat kepercayaan diri siswa perempuan dan laki-laki dengan perbedaan nilai rata-rata (mean) sebesar 0.19 dari skala 5. Siswa perempuan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan signifikan dalam pembelajaran IPA dibandingkan siswa laki-laki. Deskripsi mengenai kepercayaan diri siswa dan perbandingannya berdasarkan jenis kelamin dapat dijadikan dasar untuk mendesain aktivitas pembelajaran IPA yang dapat mendukung peningkatan kepercayaan diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Self Confidence, Pembelajaran IPA, Jenis Kelamin

References

Akbari, O., & Sahibzada, J. (2020). Students’ Self-Confidence and Its Impacts on Their Learning Process. American International Journal of Social Science Research, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.46281/aijssr.v5i1.462

Cahyani, V. D., & Pranata, O. D. (2023). Studi Aktivitas Belajar Sains Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(2), 137–148. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i2.317

Chang Chun-Yen, C. Y., & Cheng, W. Y. (2008). Science achievement and students’ self-confidence and interest in science: A Taiwanese representative sample study. International Journal of Science Education, 30(9), 1183–1200. https://doi.org/10.1080/09500690701435384

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/02017182

Goleman, D. (2006). Working With Emotional Intelligence. Bantam Books.

Heydari, H., Zarei, E., Zainalipour, H., & Abbas, B. (2013). Survey the Effect of Cooperative Learning on Confidence. 3(4), 360–363.

Hong, J. C., Hwang, M. Y., Tai, K. H., & Tsai, C. R. (2017). An Exploration of Students’ Science Learning Interest Related to Their Cognitive Anxiety, Cognitive Load, Self-Confidence and Learning Progress Using Inquiry-Based Learning With an iPad. Research in Science Education, 47(6), 1193–1212. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9541-y

Jansen, M., Schroeders, U., & Lüdtke, O. (2014). Academic self-concept in science: Multidimensionality, relations to achievement measures, and gender differences. Learning and Individual Differences, 30, 11–21. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.12.003

Kleitman, S., & Gibson, J. (2011). Metacognitive beliefs, self-confidence and primary learning environment of sixth grade students. Learning and Individual Differences, 21(6), 728–735. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2011.08.003

Morgan, G. A., Leech, N. L., Gloeckner, G. W., & Barret, K. C. (2004). SPSS for Introductory Statistics. Use and Interpretation. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. All.

Norman, M., & Hyland, T. (2003). The role of confidence in lifelong learning. Educational Studies, 29(2–3), 261–272. https://doi.org/10.1080/03055690303275

Pečiuliauskienė, P. (2020). School students’ self-confidence in science and intrinsic motivation for learning science: Self-concept and self-efficacy approach. Pedagogika, 137(1), 138–155. https://doi.org/10.15823/p.2020.137.8

Pečiuliauskienė, P. (2023). Instructional clarity in physics lessons: Students’ motivation and self-confidence. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2236463

Perry, D. G., & Pauletti, R. E. (2011). Gender and adolescent development. Journal of Research on Adolescence, 21(1), 61–74. https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2010.00715.x

Pranata, O. D. (2023a). Pelatihan Olimpiade Sains Nasional Bidang Kebumian Melalui Pendekatan Strategis. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA (JPMMP), 7(1), 56–62. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v7i1.51410

Pranata, O. D. (2023b). Physics Education Technology (PhET) as Confirmatory Tools in Learning Physics. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 10(1), 29–35. https://doi.org/10.22202/jrfes.2023.v10i1.6815

Pranata, O. D., Sastria, E., Ferry, D., & Zebua, D. R. Y. (2023). Analysis of Students’ Emotional Intelligence and Their Relationship with Academic Achievement in Science. Proceedings of the International Conference on Social Science and Education, ICoeSSE, 395–410. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-142-5

Putri, D. H., & Pranata, O. D. (2023). Eksplorasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Sains Setelah Pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(2), 62–70. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/jips.v4i2.3367

Thomson, S., Wernert, N., Underwood, C., & Nicholas, M. (2008). TIMSS 2007: Taking a closer look at mathematics and science in Australia. In Timss 2007.

Weinberg, B. A. (2009). A model of overconfidence. Pacific Economic Review, 14(4), 502–515. https://doi.org/10.1111/j.1468-0106.2009.00466.x

Wulandari, & Pranata, O. D. (2023). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pembelajaran Sains. Diksains: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(2), 124–133. https://doi.org/10.33369/diksains.3.2.124-133

Published
2023-12-11
How to Cite
Nur Sakinah, Ogi Danika Pranata, & Indah Kencanawati. (2023). Self Confidence Siswa MTsN dalam Pembelajaran IPA: Studi Komparasi Berdasarkan Jenis Kelamin. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1064-1071. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1291
Abstract viewed = 44 times
PDF downloaded = 32 times