Self Confidence Siswa MTsN dalam Pembelajaran IPA: Studi Komparasi Berdasarkan Jenis Kelamin
Abstract
Studi sebelumnya mengungkapkan bahwa kerpecayaan diri siswa masih rendah dan belum optimal. Kondisi ini menjadi penyebab sebagian besar masalah dalam pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi dan mendeskripsikan tingkat kepercayaan diri siswa pada pembelajaran IPA secara umum dan perbedaannya berdasarkan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan komparatif. Populasi pada penelitian ini siswa MTs N 1 Sungai Penuh pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian terdiri dari 230 siswa yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran IPA secara keseluruhan dalam pembelajaran IPA adalah 3.73. Secara keseluruhan, siswa memiliki tingkat kepercayaan diri pada tingkat yang baik. Kemudian berdasarkan jenis kelamin, rata-rata kepercayaan diri siswa perempuan (3.79) ditemukan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki (3.60). Keduanya juga termasuk dalam kategori baik. Pada uji variansi, yaitu dengan nilai signifikan 0.93 (). Artinya hasil tes Levene tidak signifikan. Hasil ini dimaknai sebagai kondisi variansi data sama (equal variances assumed). Perbedaan kepercayaan diri berdasarkan jenis kelamin ditemukan signifikan dengan nilai t=2.38 dan signifikansi ρ=0.19. Hasil ini mengindikasikan bahwa terdapat yang signifikan antara tingkat kepercayaan diri siswa perempuan dan laki-laki dengan perbedaan nilai rata-rata (mean) sebesar 0.19 dari skala 5. Siswa perempuan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan signifikan dalam pembelajaran IPA dibandingkan siswa laki-laki. Deskripsi mengenai kepercayaan diri siswa dan perbandingannya berdasarkan jenis kelamin dapat dijadikan dasar untuk mendesain aktivitas pembelajaran IPA yang dapat mendukung peningkatan kepercayaan diri siswa.
Downloads
References
Akbari, O., & Sahibzada, J. (2020). Students’ Self-Confidence and Its Impacts on Their Learning Process. American International Journal of Social Science Research, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.46281/aijssr.v5i1.462
Cahyani, V. D., & Pranata, O. D. (2023). Studi Aktivitas Belajar Sains Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(2), 137–148. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i2.317
Chang Chun-Yen, C. Y., & Cheng, W. Y. (2008). Science achievement and students’ self-confidence and interest in science: A Taiwanese representative sample study. International Journal of Science Education, 30(9), 1183–1200. https://doi.org/10.1080/09500690701435384
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/02017182
Goleman, D. (2006). Working With Emotional Intelligence. Bantam Books.
Heydari, H., Zarei, E., Zainalipour, H., & Abbas, B. (2013). Survey the Effect of Cooperative Learning on Confidence. 3(4), 360–363.
Hong, J. C., Hwang, M. Y., Tai, K. H., & Tsai, C. R. (2017). An Exploration of Students’ Science Learning Interest Related to Their Cognitive Anxiety, Cognitive Load, Self-Confidence and Learning Progress Using Inquiry-Based Learning With an iPad. Research in Science Education, 47(6), 1193–1212. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9541-y
Jansen, M., Schroeders, U., & Lüdtke, O. (2014). Academic self-concept in science: Multidimensionality, relations to achievement measures, and gender differences. Learning and Individual Differences, 30, 11–21. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2013.12.003
Kleitman, S., & Gibson, J. (2011). Metacognitive beliefs, self-confidence and primary learning environment of sixth grade students. Learning and Individual Differences, 21(6), 728–735. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2011.08.003
Morgan, G. A., Leech, N. L., Gloeckner, G. W., & Barret, K. C. (2004). SPSS for Introductory Statistics. Use and Interpretation. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. All.
Norman, M., & Hyland, T. (2003). The role of confidence in lifelong learning. Educational Studies, 29(2–3), 261–272. https://doi.org/10.1080/03055690303275
Pečiuliauskienė, P. (2020). School students’ self-confidence in science and intrinsic motivation for learning science: Self-concept and self-efficacy approach. Pedagogika, 137(1), 138–155. https://doi.org/10.15823/p.2020.137.8
Pečiuliauskienė, P. (2023). Instructional clarity in physics lessons: Students’ motivation and self-confidence. Cogent Education, 10(2). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2236463
Perry, D. G., & Pauletti, R. E. (2011). Gender and adolescent development. Journal of Research on Adolescence, 21(1), 61–74. https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2010.00715.x
Pranata, O. D. (2023a). Pelatihan Olimpiade Sains Nasional Bidang Kebumian Melalui Pendekatan Strategis. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA (JPMMP), 7(1), 56–62. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v7i1.51410
Pranata, O. D. (2023b). Physics Education Technology (PhET) as Confirmatory Tools in Learning Physics. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 10(1), 29–35. https://doi.org/10.22202/jrfes.2023.v10i1.6815
Pranata, O. D., Sastria, E., Ferry, D., & Zebua, D. R. Y. (2023). Analysis of Students’ Emotional Intelligence and Their Relationship with Academic Achievement in Science. Proceedings of the International Conference on Social Science and Education, ICoeSSE, 395–410. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-142-5
Putri, D. H., & Pranata, O. D. (2023). Eksplorasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Sains Setelah Pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(2), 62–70. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/jips.v4i2.3367
Thomson, S., Wernert, N., Underwood, C., & Nicholas, M. (2008). TIMSS 2007: Taking a closer look at mathematics and science in Australia. In Timss 2007.
Weinberg, B. A. (2009). A model of overconfidence. Pacific Economic Review, 14(4), 502–515. https://doi.org/10.1111/j.1468-0106.2009.00466.x
Wulandari, & Pranata, O. D. (2023). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pembelajaran Sains. Diksains: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(2), 124–133. https://doi.org/10.33369/diksains.3.2.124-133
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.