Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

  • Setyo Adji Wahyudi Universitas Mulawarman
  • Mohammad Siddik Universitas Mulawarman
  • Erna Suhartini Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi pada pendidikan di Indonesia yang mengalami krisis pembelajaran yang cukup lama, dan keadaan ini semakin parah akibat merebaknya pandemi Covid-19, sehingga memerlukan perubahan pembelajaran yang sistematik yang dapat membantu proses pembelajaran, salah satu pendekatan pembelajaran yang diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan pendidikan tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang efektif yang dapat digunakan untuk menghadapi keragaman siswa dan memastikan bahwa dapat memenuhi kebutuhan individu siswa, membantu siswa berkembang dan mempersiapkan siswa dimasa yang akan datang. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi diharapkan dapat mengakomodir seluruh keragaman kebutuhan siswa. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang menyesuaikan terhadap minat, preferensi belajar, kesiapan siswa agar dapat mencapai tujuan belajar. Dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ada 3 aspek yang di bedakan yaitu, diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran berdiferensiasi dapat mengatasi keberagaman kebutuhan siswa dan dampak pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi  pada pembelajaran IPAS kelas V D SDN 008 Samarinda Seberang didapatkan hasil bahwa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi mampu mengatasi keberagaman kebutuhan siswa yang beragam. Siswa dibagi kelompok sesuai dengan gaya belajar antara lain audio, visual dan kinestetik. Dengan dikelompokkan siswa sesuai gaya belajar dan kebutuhan yang dimiliki siswa, siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga pembelajaran menjadi efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: IPAS, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka

References

Asrijayanti. (2020). Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala. Repostori Kemendikbud.

Demir, S. (2021). Effects of learning style based differentiated activities on gifted students’ creativity. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 9(1), 47–56. https://doi.org/10.17478/jegys.754104

Dwi, P. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Jurnal jendela pendidikan. Jendelaedukasi.Id, 01(02), 48–60. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/6

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Insani, F., Nuroso, H., Purnamasari, I., Sarjana, F. P., & Semarang, U. P. (2023). Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722X Volume 09 Nomor 02 , Juni 2023 ANALISIS HASIL ASEMEN DIAGNOSTIK SEBAGAI DASAR PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR Kata Kunci : Ases. 09, 4450–4458.

Mahfudz. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools. 382(Icet), 678–681. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.164

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Edisi Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. In buku saku.

Purba, M., Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Suhartini, E., Ayu, W. I., & Ramli, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Materi Gaya Pada Siswa Kelas Iv Sdn 009 Sungai Kunjang. Kompetensi, 15(2), 225–232. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.73

Wahyuni, S. A. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(2), 365–379. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775

Published
2023-12-14
How to Cite
Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, & Erna Suhartini. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1105-1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296
Abstract viewed = 403 times
PDF downloaded = 373 times