Pengembangan Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa
Abstract
Rendahnya hasil survey PISA oleh siswa Indonesia mengindikasikan kemampuan literasi matematis siswa masih rendah dan ini menjadi kajian penting dalam dunia pendidikan. Upaya meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa dapat dilakukan melalui penggunaan media pembelajaran yang terintegrasi dengan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas komik matematika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa tinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu diperoleh persentase hasil validasi materi yakni 91,2% tergolong “sangat valid”, persentase hasil validasi desain yakni 85,3% tergolong “sangat valid”, persentase hasil praktikalitas oleh guru yakni 98% tergolong “sangat praktis”, persentase hasil praktikalitas oleh siswa yakni 94,67% tergolong “sangat praktis”, persentase hasil efektifitas oleh siswa yakni 94,88% tergolong “sangat efetif” dan perhitungan nilai gain pada peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yakni 74% tergolong “cukup efektif”. Disimpulkan dari penelitian ini bahwa komik matematika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa layak diterapkan dalam proses pembelajaran karena tergolong valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Arifin, N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Literasi Matematika Dan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.24903/pm.v7i1.1015
Gunadi, F., & Aisah, L. S. (2019). Comic ’ S Mathematics Learning : Pembelajaran Matematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siwa Comic ’ S Mathematics Learning : Mathematics Learning To Develop Students ’ Mathematical Literacy Abi Lity. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 128–138.
Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.
Hidayat, R., Murni, A., & Roza, Y. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3017–3027. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.373
Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, K., & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55. https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5644
Mujawal, W. A., Bani, A., & Nani, K. La. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatakan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–14.
Nur Mazidah Nafala. (2022). Implementasi Media Komik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 114–130. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.571
Nurlaela, E., & Imami, A. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII SMPIT Insan Harapan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 33. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.270
Nuryadi. (2019). Pengembangan Media Matematika Mobile Learning Berbasis Android Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah. 1–13.
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD Publishing.
Oktafiana, E., Ratnawuri, T., & Pritandhari, M. (2020). Pengembangan Modul Ekonomi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 2 Metro. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.24127/edunomia.v1i1.368
Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80.
Rambe, P. (2023). The Impact of Problem-Based Learning Learning Methods on the Development of Islamic Education Learning. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 25–30.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Rizqiyani, Yossi; Nurul Anriani; Pamungkas, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–873. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1286
Sahrina, A., Bigita Kusumawati, I., & PGRI Sidoarjo, S. (2023). Analisis Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VII Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 58–66.
Sofyan, H. W. K. K. T. E. (2017). Problem Based Learning (Fitriyanti (ed.); Pertama). UNY Press.
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Syahwela, M. (2020). Pengembangan Media Komik Matematika SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 534–547. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.235
Winarni, S., & Hidayat, R. (2018). Edumatica Volume 08 Nomor 02 Oktober 2018 Rohati. 08, 81–91.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.