Pengembangan Modul dengan Pendekatan Kearifan Lokal pada Materi Keanekaragaman Hayati

  • Lie Li Universitas Kristen Satya Wacana
  • Susanti Pudji Hastuti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Desti Christian Cahyaningrum Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMAN 1 Sanggau Ledo  pada materi keanekaragaman hayati belum digunakan bahan ajar yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangkan modul yang berbasis kearifan lokal yang berhubungan dengan penggunaan tanaman dalam pengobatan masyakarat yang terkait dengan materi keanekaragaman hayati untuk kelas X SMAN 1 Sanggau Ledo dan menganalisis kelayakan serta efektivitasnya. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian 70 siswa kelas X SMAN I Sanggau Ledo yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengumpul data yaitu wawancara, lembar angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa hasil validasi ahli materi sebesar 86,93% (sangat valid) dan ahli media sebesar 97,27%, (sangat valid). Secara deskriptif, dari hasil implementasi modul, siswa memperoleh rata-rata nilai sebesar 34,30 pada pre-test, sedangkan pada post-test siswa memperoleh rata-rata 82,36. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks didapat nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, dinyatakan modul yang dikembangkan dengan pendekatan kearifan lokal efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Modul, Kearifan Lokal, Keanekaragaman Hayati

References

Adinugraha, F., Adisti Ratnapuri. 2020. “Potensi Penggunaan Modul Keanekaragaman Hayati Dengan Pendekatan Kearifan Lokal Dan Budaya Sebagai Alternatif Bahan Ajar Biologi Sma/Ma.” Jurnal Pro-Life 7: 3.

Anisa, Nur, Anisa Anisa, and Irmawanty Irmawanty. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Fungi.” Binomial 4(1): 26–37.

Ariana, Desi, Risya Pramana Situmorang, and Agna Sulis Krave. 2020. “Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi Ipa Sma.” Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 11(1): 34.

Denis, Andrian, Febrian, and Linda Rosmery Tambunan. 2022. “Deskripsi Kevalidan Lkpd Berbasis Masalah Pada Materi Spldv Kelas VIII SMP.” Student Online Journal 3(1): 762–71. https://soj.umrah.ac.id/index.php/SOJFKIP/article/view/1638/1458.

Haristah, Hanna, Al Azka, Rina Dwi Setyawati, and Irkham Ulil Albab. 2019. “Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran.” Jurnal Matematikan dan Pendidikan Matematika 1(5): 224–36.

Irwandi, Irwandi, and Hery Fajeriadi. 2020. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMA Di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan.” BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan 1(2): 66.

Jamilah, Nurul, Ratna Herawatiningsih, and Siti Masitoh Kartikawati. 2019. “Etnobotani Pohon Di Desa Bukit Batu Pada Areal Hti Pt. Bhatara Alam Lestari Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah.” Jurnal Hutan Lestari 7(3): 1403–11.

Marisya, Aulia, and Elfia Sukma. 2020. “Konsep Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli.” Jurnal Pendidikan Tambusa 4(3): 2191.

Nababan, Netty. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI SMAN 3 Medan.” Jurnal Inspiratif 6(1): 37–50.

Neno, Maria Fatima, Yohanes Boli Tematan, and Yohanes Bare. 2022. “Pengembangan Modul Biologi Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas VII.” Biogenerasi Jurnal Pendidikan Biologi 7(2): 167–77. https://www.e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/1983.

Sartika, Dewi, Ahmad Yani, and Muhammad Nur. 2022. “Identifikasi Tumbuhan Gulma Di Desa Congko Sebagai Bahan Pengembangan Modul Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA.” Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah 10(1): 54–61.

Sulfemi, W B. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.” … Pancasila dan Kewarganegaraan. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021.

Uju, Godeliva Ferina, Paulus Bhuja, and Theresia Lete Boro. 2019. “Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Pengelolaan Hutan Lindung Di Kampung Wae Rebo, Desa Satar Lenda, Kabupaten Manggarai.” Jurnal Biotropikal Sains 16(1): 1–11.

UNESCO, 2017. 2017. Education for Sustainable Development Goals: learning objectives Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives.

Widiana, I Wayan. 2016. “Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5(2): 147.

Published
2023-12-29
How to Cite
Lie Li, Susanti Pudji Hastuti, & Desti Christian Cahyaningrum. (2023). Pengembangan Modul dengan Pendekatan Kearifan Lokal pada Materi Keanekaragaman Hayati. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1153-1161. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1304
Abstract viewed = 51 times
PDF downloaded = 39 times