Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang untuk Menarik Minat Belajar Siswa Kelas V SD
Abstract
Materi bangun ruang tingkat Sekolah Dasar (SD) pada mata pelajaran matematika merupakan salah satu materi yang dianggap sulit. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak rumus untuk menyelesaikan setiap bangun ruang. Berdasarkan permasalah masalah tersebut maka dibuatlah media pembelajaran materi bangun ruang berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi bangun ruang. Metode yang digunakan adalah pengembangan yang mengacu pada model Borg&Gall yang telah dimodofikasi. Terdapat lima langkah dalam pembuatan media pembelajaran. Adapun hasil media pembelajaran yang telah dibuat divalidasi oleh beberapa ahli yang meliputi ahli media, materi, dan pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi ahli media diperoleh tingkat ketercapaian 80%, ahli materi 81,7%, dan pengguna 82%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan jika media pembelajaran layak untuk digunakan.
Downloads
References
Materi bangun ruang tingkat Sekolah Dasar (SD) pada mata pelajaran matematika merupakan salah satu materi yang dianggap sulit. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak rumus untuk menyelesaikan setiap bangun ruang. Berdasarkan permasalah masalah tersebut maka dibuatlah media pembelajaran materi bangun ruang berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi bangun ruang. Metode yang digunakan adalah pengembangan yang mengacu pada model Borg&Gall yang telah dimodofikasi. Terdapat lima langkah dalam pembuatan media pembelajaran. Adapun hasil media pembelajaran yang telah dibuat divalidasi oleh beberapa ahli yang meliputi ahli media, materi, dan pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi ahli media diperoleh tingkat ketercapaian 80%, ahli materi 81,7%, dan pengguna 82%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan jika media pembelajaran layak untuk digunakan.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.