Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang untuk Menarik Minat Belajar Siswa Kelas V SD

  • Inung Diah Kurniawati Universitas PGRI Madiun
  • Estuning Dewi Hapsari Universitas PGRI Madiun
  • Allia Whira Setyo Putri Universitas PGRI Madiun

Abstract

Materi bangun ruang tingkat Sekolah Dasar (SD) pada mata pelajaran matematika merupakan salah satu materi yang dianggap sulit. Hal tersebut dikarenakan  terdapat banyak rumus untuk menyelesaikan setiap bangun ruang. Berdasarkan permasalah masalah tersebut maka dibuatlah media pembelajaran materi bangun ruang berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi bangun ruang. Metode yang digunakan adalah pengembangan yang mengacu pada model Borg&Gall yang telah dimodofikasi. Terdapat lima langkah dalam pembuatan media pembelajaran. Adapun hasil media pembelajaran yang telah dibuat divalidasi oleh beberapa ahli yang meliputi ahli media, materi, dan pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi ahli media diperoleh tingkat ketercapaian 80%, ahli materi 81,7%, dan pengguna 82%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan jika media pembelajaran layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Android, Bangun Ruang, Media Pembelajaran, Pengembangan

References

Materi bangun ruang tingkat Sekolah Dasar (SD) pada mata pelajaran matematika merupakan salah satu materi yang dianggap sulit. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak rumus untuk menyelesaikan setiap bangun ruang. Berdasarkan permasalah masalah tersebut maka dibuatlah media pembelajaran materi bangun ruang berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi bangun ruang. Metode yang digunakan adalah pengembangan yang mengacu pada model Borg&Gall yang telah dimodofikasi. Terdapat lima langkah dalam pembuatan media pembelajaran. Adapun hasil media pembelajaran yang telah dibuat divalidasi oleh beberapa ahli yang meliputi ahli media, materi, dan pengguna. Berdasarkan hasil evaluasi ahli media diperoleh tingkat ketercapaian 80%, ahli materi 81,7%, dan pengguna 82%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan jika media pembelajaran layak untuk digunakan.

Published
2023-12-08
How to Cite
Inung Diah Kurniawati, Estuning Dewi Hapsari, & Allia Whira Setyo Putri. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang untuk Menarik Minat Belajar Siswa Kelas V SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1056-1063. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1309
Abstract viewed = 60 times
PDF downloaded = 36 times