Penerapan Model Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa di kelas V UPT SD Negeri 001 Langgini. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 15 orang siswa, sedangkan objeknya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Drill untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar dokumentasi dan lembar tes belajar selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran Drill. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui II siklus, diperoleh rata-rata hasil tes pada Siklus II pertemuan 1 sebesar 68,73 lalu meningkat lagi pada pertemuan 2 menjadi 83,6. Begitu juga dengan ketuntasan secara klasikal dari data awal 26,6% meningkat pada siklus I pertemuan 1 sebesar 40% pertemuan 2 sebesar 46%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 60% dan di pertemuan 2 meningkat lagi menjadi 86,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Drill, maka dapat meningkatkan kemampuan pemahaman kosep matematika siswa kelas V UPT SD Negeri 001 Langgini.
Downloads
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Penerbit Rineka Cipta.
Artha, I. K. A. (2021). Pengaruh Metode Drill terhadap Hasil Smash Bulutangkis Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMP Negeri 4 Busungbiu. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 46–55. https://doi.org/10.5281/zenodo.4420479.
Ayuningtyas, I., Fadhilah, M. A., & Arifin, R. W. (2018). Media Pembelajaran Mengenal Hewan Dalam Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif. PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 6(1), 85–94.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Fransiska, C., Masykur, R., & Putra, F. G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Metode Drill ditinjau dari Gaya Belajar. Desimal, 2(2), 131 – 140. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4147
Ilhami, R., & Syahrani. (2021). Pendalaman Materi Standar Isi & Standar Proses Kurikulum Pendidikan Indonesia. Education Journal: General and Specific Research, 1(1), 93–99.
Jauhariyah, D., & Dardiri. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Drill pada Materi Kalor terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 37 – 45. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.907.
Mardiana, I. N. (2022). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 182–187. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45821
Masna, M. intan, Fatmawati, F., & Rahman, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 1(2), 1–15. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v1i2.534
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Rahmatia, M., Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Kemampuan pemahaman konsep Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 20 Banda Acehpengaruh Media E-Learning Terhadap Kemampuan pemahaman konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 212–227.
Ramadania, F., Wulandari, N. I., & Nahlini, N. (2018). Peranan komunikasi bahasa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Keraton 3 Martapura. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23–32. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.52
Saraswati, W., & Hariyanto, E. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Tendangan T Menggunakan Metode Drill pada Siswa PSHT Ranting Kandangan Cabang Kediri. Sport Science and Health, 3(12), 024–1031. https://doi.org/10.17977/um062v3i122021p1024-1031.
Suardiana, I. M. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 542–547. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476.
Wena, M. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. PT. Bumi Aksara.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.