Penerapan Integrasi Pendidikan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VII pada Materi Energi

  • Ai Intan Nuraimas Universitas Garut
  • Andinisa Rahmaniar Universitas Garut
  • Dudung Abdurrahman Universitas Garut

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah siswa, serta kebutuhan akan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dan jenis penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Singajaya dan penelitian ini melibatkan 62 siswa kelas VII dengan teknik pengambilan sampel purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes. Penelitian ini melibatkan pemberian pretest untuk mengukur kemampuan awal sebelum diberi perlakuan, dan posttest diberikan pada akhir pertemuan untuk mengevaluasi dampak dari penerapan integrasi pendidikan STEM. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dinyatakan oleh nilai N-gain sebesar 0.80 pada kelas eksperimen, dan nilai N-gain pada kelas kontrol -0.04. Kemudian dilakukan uji signifikansi dengan menggunakan Mann-Whitney dan diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05, berarti Ha diterima. Aspek kemampuan pemecahan masalah yang memiliki peningkatan paling tinggi yaitu pada implementation, dan aspek peningkatan kemampuan pemecahan masalah paling rendah ada pada analisis. Kesimpulannya, kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat stselah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan penerapan integrasi pendidikan STEM dengan model pembelajaran Problem Based Learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Integrasi Pendidikan STEM, Pemecahan Masalah, Problem Based Learning

References

Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Ml Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. PENDASI: JURNAL PENDIDIKAN DASAR INDONESIA, 3(2), 94–103.

Anggelita, D. M., Mustaji, & Mariono, A. (2020). Pengaruh Keterampilan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik SMK. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 21–30. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3323

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11, 11–22.

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2017). Integrasi Problem Based Learning dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Lingkungan dan Kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA , 198–206.

Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education 8th edition (8th ed.). The Mc Graw Hill .

Gulen, S. (2018). Determination of the effect of STEM-integrated argumentation based science learning approach in solving daily life problems. In World Journal on Educational Technology: Current Issues (Vol. 10, Issue 4). www.wj-et.eu

Gunadi, G., Haryono, H., Purwanti, E., Raya, B. R., Pinoh Barat Melawi, T., & Kalimantan, W. (2022). The Analysis of 21 st Century Learning Implementation and Competency Achievement of Junior High School Students in 3T Regions. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 11(1), 10–18. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. http://lists.asu.edu/cgi-bin/wa?A2=ind9903&L=aera-d&P=R6855

Iolanessa, L., Kaniawati, I., & Nugraha, G. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Pendekatan Stem Dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Wahana Pendidikan Fisika, 5(1), 113–117.

Izzah, N., & Mulyana, V. (2021). Meta Analisis Pengaruh Integrasi Pendidikan STEM dalam Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika (Vol. 7, Issue 1).

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(1), 33–44.

Nugroho, O. F., & Nurcahyo, M. A. (2018). Analisis Literasi Pendidikan STEM pada Siswa dan Pemahaman Konsep IPA Melalui Peta Konsep di SDN Palasari II. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 01(02), 121–124. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea

OECD. (2016). PISA-2015-Indonesia. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Parno, Yuliati, L., & Ni’Mah, B. Q. A. (2019). The influence of PBL-STEM on students’ problem-solving skills in the topic of optical instruments. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012013

Prismasari, D. I., Hartiwi, A., & Indrawati. (2019). Science, Technology, Engineering And Mathematics (Stem) Pada Pembelajaran IPA SMP. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 13(5), 43–45. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9526-0

Purwaaktari, E. (2015). Effect Of Collaborative Learning Model On The Mathematical Problem Solving Ability And Social Attitudes Of The Fifth Grade Students Of Jarakan Elementary School. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111.

Purwaningsih, E., Sari, S. P., Sari, A. M., & Suryadi, A. (2020). The effect of stem-pjbl and discovery learning on improving students’ problem-solving skills of the impulse and momentum topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 465–476. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26432

Rahman, A. R., Suharyat, Y., Apra Santosa, T., Sofianora, A., Gina Gunawan, R., & Putra, R. (2023). Meta-Analisis : Pengaruh Pendekatan STEM berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Siswa. Journal Of Social Science Research, 3, 2111–2125. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman konsep IPA siswa SMP melalui pembelajaran problem solving pada topik perubahan benda-benda di sekitar kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 52. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.12554

Sumaya, A., Israwaty, I., & Ilmi, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang Application of STEM Approach to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students in Pinrang District. Pinisi Journal of Education, 1(2), 217–223.

Sumiantari, N. L. E., Suardana, N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 12–22.

Published
2023-12-25
How to Cite
Ai Intan Nuraimas, Andinisa Rahmaniar, & Dudung Abdurrahman. (2023). Penerapan Integrasi Pendidikan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VII pada Materi Energi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1140-1145. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1338
Abstract viewed = 142 times
PDF downloaded = 111 times