Pengembangan LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Model Guided Inquiry Learning untuk Peserta Didik Fase E Kurikulum Merdeka

  • Herpadora Yulika Universitas Negeri Padang
  • Hardeli Hardeli Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini berlatar belakangi tingginya tingkat kesulitan pada materi Hukum Dasar Kimia berdasarkan hasil observasi 77% mengalami kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat LKPD Hukum Dasar Kimia untuk Siswa Tahap E Kurikulum Mandiri Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Memanfaatkan model pengembangan Plomp, metodologi penelitiannya adalah R&D (Research and Development). Ini memiliki tiga tahap: (1) studi pendahuluan (penelitian pertama), (2) pembentukan prototipe (prototyping tahap kedua), dan (3) penilaian (tahap penilaian ketiga). Luaran penelitian, LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Siswa Tahap E Kurikulum Mandiri mempunyai nilai praktikalitas sebesar 94,76% dari guru dengan kategori sangat praktis dan dari siswa sebesar 89, dengan nilai validitas sebesar 0,95741 pada kategori valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasisi Guided Inquiry Learning valid dan efektiv.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: LKPD, Hukum-hukum Dasar Kimia, Guided Inquiry Learning

References

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients foe Analyzing The Reliability, and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement.

Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, Ratna Setyowati Putri, priyono Budi santoso, Yolanda, A, P., R, P. P., M, A., C, H., M, W., R, P. P., B, S., Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, … priyono Budi santoso. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Ayunda, W. K., & Azhar, M. (2023). Pengembangan LKPD Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur Pada Liveworksheet Untuk Fase F SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16582–16588.

DEZOLA, R. V., & Hardeli, H. (2020). DEVELOPMENT OF LKPD PROBLEM BASED LEARNING MODEL BASED ON COGNITIVE CONFLICT IN ADITIVE AND ADDICTIVE MATERIALS OF CLASS VIII SMP/MTs. Universe, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.24036/universe.v1i1.4

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA EVALUASI SIKAP SISWA SMP TERHADAP IPA DI KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 124–139.

Musta, R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 8(1), 47–58. https://doi.org/10.36709/jpkim.v8i1.7

Nugroho, I. R., & Ruwanto, B. (2017). Media pembelajaran berbasis. Jurnal Pendidikan Fisika Nomor, 6(6), 319–326.

Nuryana, A. (2010). Efektivitas brain gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak. Ilmiah Berkala Psikologi, VOl.12 No., 88–98.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72.

Rusijono, R., Jaedun, A., Kartowagiran, B., Ahman, A., Laliyo, L. A. R., & Mam, S. (2020). Developing the teacher’s social competency assessment instrument in the fourth industrial revolution era. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2), 125–135. https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.29482

Sholekhah, D. A., Savitri, E. N., Inquiry, G., Simulations, P., & Sains, K. P. (2020). Pengembangan Modul Ajar Model Guided Inquiry Berbantuan Phet Simulations Untuk Melatih. Prosding Seminar Nasional IPA XIII.

Siska Handa Yani, & Yerimadesi Yerimadesi. (2023). Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Kimia Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains untuk Fase E SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 436–444. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.986

Sugiyono, F. X. (2002). Neraca Pembayaran Konsep, Metodologi, dan Penerapan (Issue 4, p. 37).

Trianto, A. (2012). Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Siswa SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran …. Skripsi: UNY. https://eprints.uny.ac.id/9962/1/Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Siswa SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan.pdf

Published
2023-12-29
How to Cite
Herpadora Yulika, & Hardeli, H. (2023). Pengembangan LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Model Guided Inquiry Learning untuk Peserta Didik Fase E Kurikulum Merdeka. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1146-1152. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1349
Abstract viewed = 350 times
PDF downloaded = 226 times