Pengembangan LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Model Guided Inquiry Learning untuk Peserta Didik Fase E Kurikulum Merdeka
Abstract
Penelitian ini berlatar belakangi tingginya tingkat kesulitan pada materi Hukum Dasar Kimia berdasarkan hasil observasi 77% mengalami kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat LKPD Hukum Dasar Kimia untuk Siswa Tahap E Kurikulum Mandiri Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Memanfaatkan model pengembangan Plomp, metodologi penelitiannya adalah R&D (Research and Development). Ini memiliki tiga tahap: (1) studi pendahuluan (penelitian pertama), (2) pembentukan prototipe (prototyping tahap kedua), dan (3) penilaian (tahap penilaian ketiga). Luaran penelitian, LKPD Hukum Dasar Kimia Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Siswa Tahap E Kurikulum Mandiri mempunyai nilai praktikalitas sebesar 94,76% dari guru dengan kategori sangat praktis dan dari siswa sebesar 89, dengan nilai validitas sebesar 0,95741 pada kategori valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasisi Guided Inquiry Learning valid dan efektiv.
Downloads
References
Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients foe Analyzing The Reliability, and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement.
Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, Ratna Setyowati Putri, priyono Budi santoso, Yolanda, A, P., R, P. P., M, A., C, H., M, W., R, P. P., B, S., Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, … priyono Budi santoso. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Ayunda, W. K., & Azhar, M. (2023). Pengembangan LKPD Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terstruktur Pada Liveworksheet Untuk Fase F SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16582–16588.
DEZOLA, R. V., & Hardeli, H. (2020). DEVELOPMENT OF LKPD PROBLEM BASED LEARNING MODEL BASED ON COGNITIVE CONFLICT IN ADITIVE AND ADDICTIVE MATERIALS OF CLASS VIII SMP/MTs. Universe, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.24036/universe.v1i1.4
Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA EVALUASI SIKAP SISWA SMP TERHADAP IPA DI KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 124–139.
Musta, R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 8(1), 47–58. https://doi.org/10.36709/jpkim.v8i1.7
Nugroho, I. R., & Ruwanto, B. (2017). Media pembelajaran berbasis. Jurnal Pendidikan Fisika Nomor, 6(6), 319–326.
Nuryana, A. (2010). Efektivitas brain gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak. Ilmiah Berkala Psikologi, VOl.12 No., 88–98.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72.
Rusijono, R., Jaedun, A., Kartowagiran, B., Ahman, A., Laliyo, L. A. R., & Mam, S. (2020). Developing the teacher’s social competency assessment instrument in the fourth industrial revolution era. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2), 125–135. https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.29482
Sholekhah, D. A., Savitri, E. N., Inquiry, G., Simulations, P., & Sains, K. P. (2020). Pengembangan Modul Ajar Model Guided Inquiry Berbantuan Phet Simulations Untuk Melatih. Prosding Seminar Nasional IPA XIII.
Siska Handa Yani, & Yerimadesi Yerimadesi. (2023). Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Kimia Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains untuk Fase E SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 436–444. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.986
Sugiyono, F. X. (2002). Neraca Pembayaran Konsep, Metodologi, dan Penerapan (Issue 4, p. 37).
Trianto, A. (2012). Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Siswa SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan Model Pembelajaran …. Skripsi: UNY. https://eprints.uny.ac.id/9962/1/Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Siswa SMK Ma’arif 1 Wates Melalui Penggunaan.pdf
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.