Pengaruh Pendekatan Ethno-RME terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis yang terlihat pada hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Bangkinang kota Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 1 Bangkinang kota yang menerapkan Pendekatan Ethno-RME lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan teknik sampel Random Sampling terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Bangkinang kota Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T test dan uji N gain dengan bantuan SPSS 22. Berdasarkan Uji N-Gain Score untuk kelas eksperimen dengan pendekatan Ethno-RME adalah sebesar 56.68 % termasuk dalam kategori cukup efektif, dapat disimpulkan bahwa penggunaaan pendekatan Ethno-RME cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis.
Downloads
References
Ambrosio, U. (2016). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48. https://www.jstor.org/stable/40247876
Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. 1(1), 49–61.
Eryanti, I., & Soebagyo, J. (2021). Bibliometric Analysis of Blended learning Mathematics in Scientific Publications Indexed by Scopus. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 91-102. https://doi.org/10.25217/numerical.v5i2.1673
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872
Fauzana, R. (2022). Pencapaian Representasi Matematis Siswa melalui Pendekatan RME berbasis Etnomatematika. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 2(1), 163–179. https://jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/308/73
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120–135. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9761
Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547
Heryan, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106.
Julianis, J. (2023). Analisis Bibliometrik Terhadap Penggunaan Information and Communication Technology (ICT) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 42-47. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 42–47. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.84
Kurniawan, F. A. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis web terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains Journal, 6(1), 1–7.
Mawaddah. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Mirnawati, M., Karjiyati, V., & Dalifa, D. (2020). Pengaruh Model RME Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Gugus 05 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset …, 3(1), 52–60.
Rodiat, Y., Handayani, H., & Nurdiansyah, N. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 1(3), 57–65.
Rully, C., Arnal-palacián, M., & Risdiyanti, I. (2023). Kurikulum trivium dalam pendekatan Ethno-RME : Wawasan yang berdampak dari etnomatematika dan pendidikan matematika realistik. 9(1), 298–316.
Salsabila, V., Yudianto, E., Ambarwati, R., Setiawan, T. B., & Wihardjo, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Masjid Jamik Sumenep. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 67–74. https://doi.org/10.32665/james.v6i1.1390
Zulfah, Astuti, Novri, & Santi, U. (2018). Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.52
Zulhendri, Zulfah, & Elza, N. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kiok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. 2(2), 91–100.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.