Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Rasa Ingin Tahu terhadap Penguasaan Konsep IPA (Survei pada SMP Negeri di Jakarta Barat)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung kecerdasan adversitas dan rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA siswa, pengaruh langsung kecerdasan  adversitas terhadap rasa ingin tahu siswa dan pengaruh tidak langsung kecerdasan adversitas melalui rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA siswa SMPN di Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan sampel sebanyak 86 siswa. Analisis hipotesis statistik yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan adversitas terhadap penguasaan konsep IPA dengan thitung = 20,103 > ttabel = 1,989, terdapat pengaruh langsung yang signifikan rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA dengan thitung = 9,411 > ttabel = 1,989, terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan adversitas terhadap rasa ingin tahu dengan nilai thitung = 8,988 > ttabel = 1,989 dan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan adversitas melalui rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA dengan thitung = 3,858 > ttabel = 1,989. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan adversitas dan rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA, kecerdasan adversitas terhadap rasa ingin tahu dan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan adversitas melalui rasa ingin tahu terhadap penguasaan konsep IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rina Hidayati Pratiwi, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Pendidikan MIPA dan Program Studi Pendidikan Biologi

Keywords: Kecerdasan Adversitas, Rasa Ingin Tahu, Konsep Ilmu Pengetahuan Alam

References

Arini, N. K. A. D., Murda, I. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 25(1), 20–31.

Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa SD melalui Project Based Learning. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82–95.

Arman, J., Hidayatullah, M. S., & Mayangsari, M. D. (2020). Peranan Kecerdasan Adversitas Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa yang Aktif Organisasi di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Kognisia, 2(1), 42–50.

Bintang, S. S. (2017). Hubungan Kecerdasan Adversitas dan Self Efficacy Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Sma Negeri 6 Banda Aceh.

Chairunnisa, W. (2023). Analisis Problematika Orang Tua Mendampingi Anak Belajar Tematik Di SD 2 Pasuruhan Lor, Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. IAIN KUDUS.

Fajrin, N. M. (2020). KORELASI ANTARA SAVORING DENGAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA SISWA-(SKP. BK 0050). Univeristas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Hakim, L., & Marzuki, I. (2019). Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Pembelajaran Konstruktif Dalam Kisah Musa Dan Khidir. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 1(2).

Listyomurni, I. (2022). Pengaruh Kuriositas dan Prokrastinasi Akademik terhadap Penguasaan Konsep Kimia pada SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2).

Merianah, M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 29–35.

Nehru, N., & Irianti, E. (2019). Analisis hubungan rasa ingin tahu dengan hasil belajar IPA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 53–59.

Rahmawati, R. (2018). Implementasi Kurikulum DaQu Method di Sekolah Dasar Daarul Qur’an Kota Semarang. Tesis.

Sofyani, N., & Susanto, R. (2019). Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) Dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA Di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–13.

Stoltz, P. G. (2005). Adversity Quotient, Mengubah Hambatan Menjadi Peluang, Alih Bahasa T. Hermaya, Jakarta: PT Grasindo.

YANI, M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Adversitas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Parepare. Pascasarjana.

Yoga, M. (2016). Adversity Quotient: Agar Anak Tak Gampang Menyerah. Tinta Medina.

Published
2023-12-29
How to Cite
Fachny Wardiani, Virgana, V., & Rina Hidayati Pratiwi. (2023). Pengaruh Kecerdasan Adversitas dan Rasa Ingin Tahu terhadap Penguasaan Konsep IPA (Survei pada SMP Negeri di Jakarta Barat). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1171-1176. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1366
Abstract viewed = 28 times
PDF downloaded = 16 times