Pembelajaran Geometri Berbantuan Goegebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Pembelajaran geometri merupakan pembelajaran yang penting di satuan SMP, data berikut ini menunjukan bawa sebagian besar siswa yang diajarkan di satuan SMP memiliki presentasi kebutuhan materi sebagai berikut. Materi geometri memperoleh persentase terbesar (41%), dibandingkan dengan aljabar (29%), angka (18%), dan statistika/probabilitas (12%). Sehingga perluh untuk mendesain pembelajaran geometri yang mampuh dipahami siswa secara menyeluruh, sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis terutama dalam pembelajaran geometri yang tergolong sulit. Sehingga sangat perluh media pembelajaran baik, salah satu media pembelajaran yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran geometri berbantuan Geogebra, kerena pembelajaran pembelajaran geometri menjadi lebih mudah dipahami jika dengan menggunakan perangkat lunak seperti Geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komukasi matematis siswa pada materi Geometri. Metode yang di guanakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi Eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa secara siginifikan, dengan pencapaian kategori tinggi (>0,7) sebesar 56,25%, dengan kategori sedang (0,3 ≤ x ≤ 0,7) memperoleh peresentase sebesar 34,38%, sedangkan kategori rendah (< 30) memeperoleh presentasi sebesar 9,38%. Hal ini dapat tarik kesimpulan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan kemampuan komunikasi matematis.
Downloads
References
Adini, M. H., Sukmawati, R. A., & Purba, S. (2022). Pelatihan Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra. 4(2), 430–435.
Ali, N. N., Lestari, P., & Rahayu, D. V. (2023). Kesulitan Siswa SMP Pada Pembelajaran Geometri Materi Bangun Datar. 3, 139–146.
Ayunis, A., Fauzan, A., & Ardipal, A. (2019). The Influence of Active Knowledge Sharing Strategies and Initial Ability of Students’ Mathematical Ability. 178(ICoIE 2018), 221–225. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.50
Hakiki, S. N., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. 2, 101–110.
Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi Contextual Teaching Learning (Ctl) Dengan Geogebra: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 27. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Materi Integral. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(2), 94–99.
Ratu, H., Negara, P., & Sucipto, L. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Berdasarkan Penggunaan Software Maple dan Geogebra : Sebuah Meta Analisis. 5(1), 1–10.
Ritonga, S. N. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika MTs Hifdzil Qur’an Medan Tahun Ajaran 2017 / 2018. 1–165.
Saleh, R. R. M., Suparman, Poniyati, Ardiana, Ruhama, M. A. H., Im, R., & Djawa, Y. (2020). Analysis and design module based on PJBL to improve mathematical communication skills. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(7), 493–501. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I7/20202031
Saleh, R. R. M., & Suparman, S. (2020). Deskripsi Bahan Ajar Berbasis PjBL Untuk Menstimulus Kemampuan Komunikasi Matematis. Science, Technology, Engineering …, 1(1), 264–271.
Sari, D. P., Muhammad, H. H., Nur, I. M., & Saleh, R. R. M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Transformasi Geometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Information, Communication and Technology. Jurnal IlmiahWahana Pendidikan, 8(21), 661–672. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7599730
Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. 3, 51–60.
Setiawan, H., Fauzan, A., Ananda, A., Pascasarjana, S., Padang, U. N., Artikel, I., Pengembangan, P., Setiawan, H., Pascasarjana, S., Padang, U. N., & Education, J. (2023). Analisis pendahuluan pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis etnomatematika rumah gadang di smp kelas vii. 11(2), 75–79. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4574
Supriyanto, J., Suparman, & Hairun, Y. (2020). Design of worksheets for RME model to improve mathematical communication. Universal Journal of Educational Research, 8(4), 1363–1371. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080429
Wahyuni, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Undergraduate Thesis, UNIMED., 4(4), 9–15.
Wahyuni, Y., Fauzan, A., & Musdi, E. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra. 06(03), 3358–3371.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.