Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keefektifan serta proses pembuatan media scrapbook dan mengaitkannya dengan kearifan lokal suku Sasak, sekaligus mengevaluasi kecukupan kualitasnya. Uniknya, penelitian ini menggabungkan nilai-nilai kearifan lokal suku Sasak dengan penggunaan gambar beresolusi tinggi untuk memikat minat pelajar. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa materi yang dikaji memperoleh skor validasi sebesar 81 dan tingkat kelayakan sebesar 95,29%, yang menandakan bahwa materi tersebut sangat memadai. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan merupakan jenis penelitian R&D. Penelitian ini menerapkan model 4D, yang meliputi empat tahap: definisi, desain, pengembangan, dan penyebaran. Sementara itu, validasi media memberikan skor 89 dengan tingkat kelayakan 89%, juga dikategorikan sangat layak. Dalam uji coba kelompok kecil dengan 15 siswa, produk ini mendapat respon sangat baik dengan presentase 94,77%, dan tanggapan guru juga sangat baik dengan 92,72%. Tahap penyebaran fokus pada distribusi terbatas kepada guru kelas IV. Penelitian ini bertujuan agar pengembangan media scrapbook yang mengadopsi kearifan lokal suku Sasak ini tidak hanya bermanfaat tetapi juga mendukung peningkatan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Erfan, M., Widodo, A., Umar, Radiusman, & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. 11(1), 31–46. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642
Istiningsih, S., Darmiany, Astria, F. P., & Erfan, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di era new normal. 04(06), 911–920. https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9578
Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, & Sriwarthini, N. L. P. N. (2021). Pengembangan LKPD Literasi Sains Berbasis Lesson Study For Learning Community (LSLC). 16(1), 136–141. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2297
Nurmarina, A., Wakhyudin, H., Priyanto, W., Pendidikan, F. I., & Semarang, U. P. (2018). Pengembangan Media Kotak Cilukba Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku Kelas 1 SD. 1, 139–151.
Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Implementation of Science Learning Model Based on Local Wisdom to Improve Creativity and Student Learning Outcomes. 3(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562
Putra, P. (2017). Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD / MI. 1(1), 17–23. https://doi.org/10.30631/pej.v1i1.1
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Setiawan, H., Saputra, H. H., Hakim, M., Ermiana, I., & Umar. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Gurita Kata Berbasis Karakter Pada Materi Menulis Puisi Kelas IV Sekolah Dasar. 7(62), 79–92. http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i1.893
Sholiha, M., Tamam, B., & Munawaroh, F. (2017). Pengembangan Media Kotak Cahaya Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya. 10(1), 34–43. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v10i1.3602
Sudirman, Abdul Kadir Jaelani, Widiada1, I. K., Tahir1, M., & Radiusman. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Video dan Audio Visual Bagi Guru SD Negeri Gugus V Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.1112
Suhendrianto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim Malang.
Susliana, D., & Wahyuni, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Pemahaman Materi. 8(3), 0–7. https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35618
Tursinawati. (2013). Analisis Kemuncula Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA Di SDN Kota Banda Aceh. 1(1982), 67–84. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v4i1.157
Utaminingsih, S., Agustini, F., & Khb, M. A. (2019). Pengembangan Media Scrap Book Tema Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku. 3, 64–70. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17378
Veronica, I., Pusari, R. W., & Setiawardana, M. Y. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN IPA. 2(3), 258–266. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16222
Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokkan Hewan Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 2(2), 124–130. https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9934
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.