Analisis Peran Flipbook Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Pembelajaran IPA SMP/MTs
Abstract
Pendidikan abad 21 menjadi ciri era globalisasi atau era keterbukaan (era of oppenes) yang dibuktikan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan (science) dan Teknologi (technology). Flipbook sebagai media ajar yang menjadi pelengkap dari buku elektronik yang sudah ada mampu mengakomodasi seleruh kegiatan pembelajaran interaktif seperti mendengar, membaca, menulis dan kegiatan pembelajaran interaktif lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih lanjut terkait peran Flipbook berbasis pendekatan saintik pada pembelajaran IPA SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode penelitian studi literatur yang dideskripkan sebagai serangkaian kegiatan dengan tahap pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat dan mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Flipbook berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA SMP/MTs memiliki respon yang baik dalam dunia pendidikan. Penggunaan Flipbook baik disarankan untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran IPA karena mampu mengonstruksi kegiatan pembelajaran ilmiah yang dituangkan dalam media ajar (Flipbook). Adanya penerapan ini dapat membantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.
Downloads
References
PENDEKATAN SAINTIFIK.
Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (Pbl)
pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 325–339. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p325-339
Aprilia, T. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan
Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32059
Budiono, D., & Farida, N. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN FLIPBOOK BERBASIS CANVA EDU
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU MADRASAH.
Fauziah, A., & Wulandari, S. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran
Materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2202–2212. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2363
Fitriani, N., Okyranida, I. Y., & Setyowati, L. S. (2022, August). Pengembangan FLIPBOOK Berbasis
Discovery Learning Berbantu Canva Pada Materi Usaha Dan Energi. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 3, No. 1).
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ABAD 21: KEPEMIMPINAN DAN
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA SD/MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714
Iriawan, S. B. (2017). MEWUJUDKAN INDONESIA EMAS TAHUN 2045 MELALUI PENDIDIKAN
KECAKAPAN ABAD KE-2.
Ismail, I., Sinaga, B., & Sriadhi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Melalui Penerapan E-Modul Flipbook Berbasis Pendekatan Santifik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3307–3315. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1499
Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA FLASH FLIPBOOK
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP.
Mustofa, M., Arista Putra, P. D., & Ridlo, Z. R. (2023). Pengembangan Flipbook Modul Berbasis Engineering
Design Process (EDP) untuk meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 81–91. https://doi.org/10.21093/twt.v10i2.5841
Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). PARADIGMA KOMPETENSI GURU.
Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Literasi Sains
pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6949–6959. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421
Oktaviara, R. A. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan
Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. 07.
Oleh, D., & Kartiningrum, E. D. (2015). PANDUAN PENYUSUNAN STUDI LITERATUR.
Pahrudin, D. A., Pd, M., Pratiwi, D. D., & Pd, M. (2013). PADA MAN DI PROVINSI LAMPUNG.
Satrianingrum, A. P., Setiawati, F. A., & Fauziah, P. Y. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh pada PAUD: Studi
Literatur berbagai Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi di berbagai Tempat. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 34–41. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37320
Setiawan, A. R. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Melatih Literasi Saintifik dalam Domain
Kompetensi pada Topik Gerak Lurus di Sekolah Menengah Pertama.
Sinta, T. (2019). Unnes Physics Education Journal.
Watin, E. (2017). Efektivitas penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk melatihkan
keterampilan proses sains.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.