Pengembangan LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP pada Pembelajaran IPA

  • Nur Aura Ladistya Novanda Universitas Jember
  • Supeno Supeno Universitas Jember
  • Aris Singgih Budiarso Universitas Jember

Abstract

Pembelajaran IPA di SMP selama ini masih cenderung bersifat konvensional dengan menekankan pada penghafalan dan ketergantungan pada buku teks, sehingga membuat kemampuan beragumentasi masih rendah dan minat peserta didik terhadap proses pembelajaran menurun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnosains yang dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP. Metode pengembangan mengintegrasikan pendekatan etnosains, yang menggali pengetahuan lokal siswa sebagai titik awal untuk membangun pemahaman konsep ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan model ADDIE, yang mencakup langkah-langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari analisis kebutuhan, terungkap bahwa bahan ajar yang sedang digunakan masih kurang inovatif, sehingga menyebabkan penurunan minat peserta didik terhadap proses pembelajaran. Data presentase hasil validasi oleh ahli menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 85,96% dari validator pertama, 87,87% dari validator kedua, dan 89,97% dari validator ketiga. Selanjutnya, data presentase kepraktisan bahan ajar dikategorikan sangat praktis, yakni 88,53%. Hasil repon siswa 85,5% untuk ketertarikan dan perhatian, 89,33% untuk kemudahan, dan 89,77% untuk bantuan belajar. Keefektifan LKPD berdasarkan peningkatan hasil tes kemampuan argumentasi ilmiah dengan N-Gain sebesar 0.6 (sedang). Berdasarkan validitas produk, LKPD berbasis etnosains menunjukkan bahwa produk LKPD berbasis etnosains layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pengembangan LKPD, Etnosains, Kemampuan Argumentasi Ilmiah

References

El Widad, F. D. D., Supeno, S., & Nuha, U. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Question Prompt Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. EDUPROXIMA (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA), 5(2), 123-132.
Fakhriyah, F., A. Rusilowati., S. E. Nugroho., & S. Saptono. (2023). Karakteristik Desain Pembelajaran Scaffolding Argumen Driven by Inquiry Berbasis Literasi Sains. Penerbit ENM.
Hake, R. (1998). Interactive-engagement methods in introductory mechanics courses. American journal of Physics. 66(1), 64-74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 10(1), 44-58. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.5424
Hidayah, T. L., Supeno, & Nuha, U. 2022. Pengaruh model inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMP. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(1), 239-250.
Imaniar, B. O., & Astutik, S. (2019). Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. FKIP e-PROCEEDING. 4(1), 92-96.
Imaniar, B. O., Supeno, S., & Lesmono, A. D. (2020). Argumentation of senior high school students on physics instruction based inquiry. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 35-47.
Koerniawati, T. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TeAssInd) Berbantu LKPD untuk Pemecahan Masalah Jarak pada Ruang Dimensi Tiga. Penerbit Adab.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Mudrikah, S., M. R. Pahleviannur, M. Surur, N. Rahmah, M.N. Siahaan, F. S. Wahyuni, Zakaria, R. Widyaningrum, D. Saputra, E.B. Prihastari, S. D. Ramadani, & R. Nurhayati. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Teori dan Implementasi. Pradina Pustaka. https://doi.org/10.31237/osf.io/mrqs8
Nailiyah, M. R.., Subiki, & S. Wahyuni. (2016). Pengembangan modul IPA tematik berbasis etnosains kabupaten jember pada tema budidaya tanaman tembakau di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(3), 261-269.
Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Klaten: Lakeisha.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan modul ajar berbantuan teknologi untuk mengembangkan kecakapan abad 21 siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9(3), 480-492. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Noer, H. A., Setiono, S., & Pauzi, R. Y. (2020). Profil Kemampuan Argumentasi Siswa Smp Pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Pelita Pendidikan. 8(2). https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17702
Pertiwi, U. D., & Firdausi1a, U. Y. R. (2019). Upaya meningkatkan literasi sains melalui pembelajaran berbasis etnosains. Indonesian Journal of Natural Science Education. 2(1), 120-124. https://doi.org/10.31002/nse.v2i1.476
Pertiwi, W. J., Solfarina, S., & Langitasari, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnosains Pada Konsep Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 15(1), 2717-2730.
Purwanti, E., E. Nurrohman., dan H. S. Pra. (2019). Kajian IPA (Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). UMM Press.
Puspitaningrum, H. Z., Astutik, S., & Supeno, S. (2018). Lembar kerja siswa berbasis collaborative creativity untuk melatihkan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa SMA. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 159-164).
Putra, P. D. A., N. Ahmad, A. S. Budiarso, & E. A. Lestari. (2023). Development of Argumentation Tools Based on the Engineering Design Process to Improve Students' Argumentation Skills. The New Educational Review. 71, 114-125. https://doi.org/10.15804/tner.23.71.1.09
Rahayu, R., & Effendi, M. H. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berpola Claim, Data, Warrant (Cdw) untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 3(2), 163-175. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1790
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2. Lembaga Academic & Research Institute.
Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem-based learning berbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 5(1), 45-53. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548
Rusilowati, A., K. I. Supardi., S. Fathonah., E. Juliyanto., Firdaus., S. Annur., Harjito., N. R. Dewi., S. Jumini., M. Falah., R. Desy., D. Dahnuss., H. Iskandar., dan Siswanto. (2021). Pengembangan Instrumen Karakter dalam Pembelajaran IPA. Pustaka Rumah Cinta.
Sampson, V., Enderle, P., & Grooms, J. (2020). Helping students understand tHe nature of scientific argumentation so tHey can meet tHe new science standards. The Science Teacher. 36(4), 30-33.
Wisudawati, A. W., & E. Sulstyowati. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.
Published
2024-03-06
How to Cite
Nur Aura Ladistya Novanda, Supeno, S., & Aris Singgih Budiarso. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 9-18. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1435
Abstract viewed = 242 times
PDF downloaded = 275 times