Implementasi Kampus Mengajar dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa

  • Afrisya Zahira Niswandia Universitas Jember
  • Supeno Supeno Universitas Jember
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Jember
  • Dalilah Adyanti Putri Universitas Jember
  • Devi Nur Indah Sari Universitas Jember
  • Ananda Kaliana Tantri Universitas Jember
  • Ifa Hafidotur Rohmatu Zahiro Universitas Jember
  • Wulan Nurjihan Universitas Jember
  • Siti Muliana Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar dalam upaya mewujudkan merdeka belajar. Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar adalah program yang melibatkan seluruh bagian dalam dunia pendidikan seperti guru, dosen, siswa, mahasiswa, serta tenaga pendidikan di setiap tingkat pendidikan. Program merdeka belajar diharapkan dapat membuat suasana belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan serta dapat membentuk siswa dan guru yang merdeka. Keterlibatan mahasiswa dalam program ini bertujuan untuk mengembangkan diri mereka serta untuk membuat suatu perubahan di tempat mereka ditugaskan. Mahasiswa yang terlibat dalam Kampus Mengajar akan melakukan kolaborasi dengan salah satu sekolah yang terletak di wilayah 3T (Tertinggal, Terluar, Terdepan) serta melaksanakan pembelajaran khusus dalam rangka membantu guru pada pelaksanaan pembelajaran. Program Kampus Mengajar angkatan 5, tepatnya pada SDN Tamansari 01 berupaya untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa dengan menerapkan pembelajaran kreatif modern menggunakan metode belajar Quiziz Paper Mode, Ular tangga berhitung, serta Hafalan perkalian. Kegiatan pembelajaran yang diberlakukan menerapkan cara belajar yang menyenangkan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Implementasi menggunakan berbagai metode pembelajaran oleh mahasiswa menunjukkan adanya pengaruh terhadap peningkatan kemampuan numerasi siswa yang dapat dibuktikan dengan meningkatnya perolehan data setelah perlakuan yang diberlakukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Merdeka Belajar, Kampus Mengajar, Numerasi

References

Abadi, I., Afrizal, A. F., & Wahyuni, N. I. (2023). Kepraktisan Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V di SD Negeri Lemahireng 05. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10). https://doi.org/10.5281/zenodo.10231628

Al-Husna, C., & Mujib, A. (2020). Menemukan Pola Perkalian Dengan Angka 9. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(1), 55-70. https://doi.org/10.32696/pgsd.v2i1.428

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Asari, A., Zulkarnaini, Hartatik, A. C. Anam, Suparto, J. V. Litamagyputty, F. M. Dewadi, D. R. Prihastuty, Maswar, W. A. Syukrilla, N. S. Murni, dan T. Sukwika. (2023). Pengantar Statistika. Solok: PT. Mafy Media Literasi Indonesia.

Azizah, B. Y., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Islam Tarbiyyatul Falah Karawang. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(2), 281-300. https://doi.org/10.54396/saliha.v6i2.782

Baharuddin, M. R., Sukmawati, & Christy. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90-101. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i2.1607

Daryanes, F., Suandy, A., Amelya, A., Ririen, D., & Sayuti, I. (2023). PROGRAM KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 4 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SD. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3407-3418. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15903

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis pemahaman guru sekolah menengah pertama (smp) mengenai asesmen kompetensi minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550-1558. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.608

Fatonah, K., Alfian, A., & Lestari, S. (2021). Implementasi program kampus mengajar di sekolah dasar swasta Nurani Jakarta. Js ( Jurnal Sekolah). 5 (4), 194-205. https://doi.org/10.24114/js.v5i4.31326

Fitriana, M. A., & Sukarto, S. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Dalam Memecahkan Masalah Matematika Di Sekolah Dasar. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4368

Iza, N., Nisa, K., Alawiyah, M., Sari, K. J., & Salsabila, I. B. (2023, October). Upaya Peningkatan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) melalui Program Literasi dan Numerasi Kampus Mengajar 5 di UPT Satuan Pendidikan SDN Pusungmalang II Puspo. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Vol. 2, No. 01, pp. 202-209). https://doi.org/10.33503/prosiding_pengabmas.v2i01.3671

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. In Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Lestari, S., K. Fatonah, & A. Halim. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426-6438. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa melalui strategi pembelajaran team quiz dan media teka teki silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151-158. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18522

Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37-46. https://doi.org/10.30736/jab.v3i01

Noerbella, D. (2022). Implementasi program kampus mengajar angkatan 2 dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480-489. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087

Priadana, S., dan D. Sunarsi. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021) Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6). 1535-1541.

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514-3525.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16 (2). https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125

Published
2024-03-06
How to Cite
Afrisya Zahira Niswandia, Supeno, S., Rahmawati, R., Dalilah Adyanti Putri, Devi Nur Indah Sari, Ananda Kaliana Tantri, Ifa Hafidotur Rohmatu Zahiro, Wulan Nurjihan, & Siti Muliana. (2024). Implementasi Kampus Mengajar dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 19-25. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1450
Abstract viewed = 43 times
PDF downloaded = 39 times