Meningkatkan Minat Belajar Muatan IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil minat belajar pada muatan IPA siswa kelas III SDN 003 koto perambahan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil minat belajar siswa pada muatan IPA di kelas III SDN 003 koto perambahan. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek 22 orang siswa kelas III yang berlokasi di SDN 003 koto perambahan, kecamatan kampa, kabupaten kampar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi guru dan siswa, dokumentasi sedangkan teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian minat belajar melalui keterampilan proses pada siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata 71,75% pada kategori cukup berminat, pertemuan 2 meningkat menjadi 78,75% pada kategori berminat. Siklus II pertemuan 1 memperoleh rata-rata 85% pada kategori berminat, pertemuan 2 meningkat menjadi 87,75% pada kategori sangat berminat. Sedangkan hasil lembar aktifitas guru siklus I memperoleh 75,9% pada kategori cukup baik. Siklus II pertemuan memperoleht 93,1% pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil lembar aktifitas siswa siklus I memperoleh 72,4% pada kategori cukup baik. Siklus II memperoleh 87,75% pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat di simpulkan bahwa menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN 003 koto perambahan.
Downloads
References
Alfah, A. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal STKIP PGRI Trenggalek, 2(2), https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/download/373/239
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Penerbit: Rineka Cipta.
Alfah, A. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal STKIP PGRI Trenggalek, 2(2), https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/download/373/239
Dzakir, D. (1992). Peningkatan minat dan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Experiential Learning pada siswa kelas VI SD. Jurnal Edukasi Indonesia, 3(1), https://www.jurnaledukasiindonesia.com/wp-content/uploads/2022/04/.pdf
Friantini, R. N. & Winata, (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), https://www.jurnalpendidikanmatematikaindonesia /Downloads/870-2545-1-PB.pdf
Gagne, M. D. & Jamila, (2010). Strategi Belajar Mangajar. Jakarta: Depdikbud.
Hernawati, E. (2017). Penerapan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JIPGSD), 12(2), https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd/issue/view/790
Lester, C. H. (2017). Penerapan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/292
Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA di Madrasah. Elementary, 4(1), https://www.elementary /Downloads/2047-8771-1-PB.pdf
Muhibbin, J. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Mujiono. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Nana, S. J. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Reber, (2014). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(2), https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/download/19786/16081/78197
Sudarman, P. (2018). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), file:///C:/Users/HP/Downloads/1045-Article%20Text-1779-1-10-20200213.pdf
Sudarmono, H. (2010). Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.
Suci, S. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Memanfaatkan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 7 (2), file:///C:/Users/HP/Downloads/editorial,+Journal+editor,+2+Jurnal+2+Guru.pdf
Wahyuni, Y. (2006). Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Al-Ibanah, 7(2) https://journal.iaipibandung.ac.id/index.php/ibanah/issue/view/15
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.