Pengembangan Modul Elektronik Berbasis PjBL-STEM dengan Bantuan Film Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SMA
Abstract
Keinginan yang kuat untuk belajar merupakan komponen kunci pembelajaran yang efektif. Minat belajar dapat ditingkatkan melalui pemilihan bahan ajar yang berbasis model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan kualitas modul elektronik berbasis PjBL-STEM yang menggunakan film animasi dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran matematika, hal ini ditinjau melalui kriteria valid, praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan pengembangan yaitu analyze, design, develop, implement, evaluate. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah ahli materi dan desain serta guru matematika dan siswa SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Barat pada uji perorangan, uji kelompok kecil dan lapangan. Angket minat belajar matematika, angket efektivitas, angket praktikalitas, dan angket validasi materi dan desain merupakan alat penelitian yang digunakan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebesar 96,25% dan 92,5% dari ahli materi dan ahli desain menilai modul elektronik “sangat valid”, selanjutnya 97,5% guru dan 95,07% siswa menilai modul elektronik “sangat praktis”, 89,73% siswa menilai modul elektronik “sangat efektif”, dan hasil angket minat belajar matematika 80,59% tergolong “tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan, modul elektronik yang dihasilkan efektif, praktis dan valid, sehingga cocok dan layak untuk tujuan pedagogi.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Armnima, R., Bintoro, H. S., & Purwaningrum, J. P. (2023). Kepraktisan E-Modul Relasi dan Fungsi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahana Masalah Matematis Siswa SMP/MTs Kelas VIII. In Prosding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 2(1), 19–30. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/396
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Brears, L., Maclntyre, B., & O’Sullivan, G. (2011). Preparing Teacher for the 21st Century Using PBL as an Integrating Strategy in Science and Technology Education. Design and Technology Education: An International Journal, 16(1), 36–46. https://openjournals.ljmu.ac.uk/DATE/article/view/1739
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks Penerbit.
Handoko, H. (2017). Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711
Hendrayana, A. S., Thaib, D., & Rosnenty, R. (2014). Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi di UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(2), 81–87. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.591.2014
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (e-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Hikam, N. I. El, & Dkk. (2021). 30 Karya Esai Matematika dalam Kehidupan. Bogor: Guepedia.
Jedaman, P., Buaraphan, K., Pimvichai, J., Yuenyong, C., & Jeerasombat, S. (2019). Educational Management in Transition of Science: Policies and Strategic Leaders for Sustainable Education 4.0 in the 21st Century Science Classroom. AIP Conference Proceedings, 2081, 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/1.5094020
Kosasih. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Timur: Bumi Aksara.
Laboy-Rush, D. (2011). Integrated STEM Education Through Project-Based Learning. Learning.Com, 12(4), 1–12.
Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). Review: Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 4(1), 145–156. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio
Martin, Syamsuri, Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Materi Barisan dan Deret untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Derivat, 8(2), 72–87. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1927
Nasution, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. In Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 1(1), 47-63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/ftyu6
Nieveen, N., Akker, J. van den, Branch, R. M., Gustafon, K., & Plomp, T. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Netherlands: Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7
Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Rizqiyani, Y., Anriani, N., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smarthphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 954–969. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1172
Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020). Pengembangan Bahan Belajar Flipbook pada Materi Redoks dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan STEM-PjBL Berbatuan Video Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 234–250. https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p234--250
Safitri, W. Y., Retnawati, H., & Rofiki, I. (2020). Pengembangan Film Animasi Aritmetika Sosial Berbasis Ekonomi Syariah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 195–209. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34581
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tseng, K. H., Chang, C. C., Lou, S. J., & Chen, W. P. (2013). Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) in A Project-Based Learning (PjBL) Environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x
Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.