Analisis Implementasi Potensi Lokal dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

  • Reka Nurjanah Universitas Garut
  • Shinta Purnamasari Universitas Garut
  • Andinisa Rahmaniar Universitas Garut

Abstract

Potensi daerah adalah potensi sumber daya khusus suatu daerah yang terdiri dari sumber daya alam, manusia, teknologi serta budaya yang dapat dikembangkan untuk menciptakan kemandirian nasional. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis berupa kajian literatur mengenai implementasi potensi lokal pada pembelajaran IPA serta dampaknya. Kajian literatur dilakukan pada 25 artikel yang telah dipublikasikan di berbagai jurnal dari tahun 2016-2023. Kajian literatur dilakukan dengan empat tahapan diantaranya mencari informasi berupa artikel sesuai dengan topik yang akan di review, melakukan pencarian mengenai artikel yang sesuai dengan topik yang sudah ditentukan, melakukan analisis dan sintesis pada jurnal yang telah di pilih serta melakukan organisasi tulisan. Hasil dari kajian pustaka dan analisinya menunjukkan bahwa 1) Potensi lokal dalam pembelajaran IPA dapat diimplementasikan pada berbagai bentuk yakni perangkat pembelajaran, e-modul pembelajaran, bahan ajar, modul pembelajaran, e-learning, ensiklopedia, dan media pembelajaran. 2) Implementasi potensi lokal dalam pembelajaran IPA memberikan dampak yang baik yaitu dapat meningkatkan hasil belajar serta keterampilan-keterampilan siswa yaitu berpikir kritis, keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan. Penelitian analisis potensi lokal pada pembelajaran IPA menunjukkan bahwa pembelajaran lebih bermakna serta dapat menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kekayaan potensi lokal dan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini diharapkan agar dapat menjadi referensi bagi peneliti dalam melakukan dan menentukan tema penelitian yang akan diambil yang berhubungan dengan potensi lokal pada pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Potensi Lokal, Pembelajaran IPA, Potensi Lokal dalam Pembelajaran IPA

References

Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607

Aprilia, D. A., & Wulandari, T. S. H. (2022). E-Modul Biologi Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Tumbuhan Ditinjau Dari Uji Validitasnya. BIOPENDIX Jurnal Biologi Pendidikan Dan Terapan, 9(1), 82–88.

Ariyanto, A., Handayani, R. D., & Supriadi, B. (2016). Seminar nasional pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 568–575.

Awaru.dkk, A. O. T. (2012). The nation’s character building through value education. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 55–66.

Carolien, C., Rezkita, S., & Rahayu, A. (2023). Pengembangan media powerpoint berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. SENDJA (Science Education and Development Journal Archives), 1(1), 1–12.

Destiara, M. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Pisces Terhadap Hasil Belajar. BIOEDUCA : Journal of Biology Education, 2(2), 7. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.6074

Dwiastuti, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Potensi Lokal pada Topik Ekosistem terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 13(1), 293–298.

Fitri April Yanti, Meri Andaria, Friska Octavia Rosa, & Siti Sarah. (2022). Pemetaan Potensi Lokal Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu untuk Pembelajaran IPA (SMP/MTs). Jurnal Pendidikan Mipa, 12(1), 80–84. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.548

Fitriani, intan N. & B. S. (2017). Efektifitas Modul IPA Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Kemempuan Berfikir Krtitis Siswa. Jppipa, 2(2), 71–76.

Hidayat, M., Taher, T., & Murniati, N. (2023). Etnobotani Tumbuhan Obat Masyarakat Adat Kesultanan Ternate di Kelurahan Foramadiahi Sebagai Pengembang Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal. 7(2), 250–259.

Indrawan, I. P. O., & Mahendra, I. G. J. (2021). E-Learning Terintegrasi Kearifan Lokal Bali Berbasis 4c pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 511. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41415

Jayanti, U. N. A. D., Susilo, H., & Suarsini, E. (2020). Modul Inkuiri Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal pada Materi Biologi: Sebuah Penelitian Pengembangan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1265. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14011

Juniati, E., & Sari, W. P. (2016). TERHADAP PEMBENTUKAN LEARNER SOFTSKILL UNTUK. 543–550.

Kahar, A. P., & Fadhilah, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Sma Berbasis Potensi Lokal, Literasi Lingkungan Dan Sikap Konservasi. Pedagogi Hayati, 2(2), 21–32. https://doi.org/10.31629/ph.v2i2.832

Khaerani, S. H., Utami, S. D., & Mursali, S. (2020). Based on Local Wisdom To Enhance Student ’. JOUrnal of Banua Science Education, 1(1), 35–42.

Kokom Komalasari. (2012). The living values-based contextual learning to develop the students ’ character. Journal of Social Sciences, 8(2), 246–251.

Lubis, M. F., Sunarto, A., & Walid, A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Etnosains Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 206. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4957

Masihu, J. M., & Augustyn, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Ekosistem Berbasis Potensi Lokal Di Maluku. Biodik, 7(3), 133–143. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13250

Mayani, C., Maknun, D., & Ubaidillah, M. (2023). Analisis keterampilan komunikasi ilmiah pada pembelajaran biologi. SENDJA (Science Education and Development Journal Archives), 1(1), 13–28.

Ni’mah, S. N., & Noor, F. M. (2023). Development of Ethnoscience-Based Science Learning Module Oriented Science Process Skills of Students. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 1–10.

Nisa, W. M. (2022). Pembelajaran Terintegrasi “Polos” (Potensi Lokal Sekolah) dalam Peningkatan Minat Belajar IPA Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 1125–1138. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.760

Novana, T., & Maridi, S. (2014). LOKAL PADA MATERI TUMBUHAN LUMUT ( BRYOPHYTA ) DAN Pendahuluan. 3(Ii), 108–122.

Nurjumiati, N., Yulianci, S., Hidayatullah, P., Suryaningsih, S., & Fuadi, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inpire untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPA SD. Science Education and Development Journal Archives, 1(2), 77–81.

Pratama, M., Johari, A., & Marzal, J. (2018). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Potensi Daerah Kerinci pada Materi Plantae dan Animalia. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v7i2.8195

Putra, M. R., Valen, A., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Media Monopoly Game Pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1246–1256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.529

Rahmi, M., Nurhidayati, S., & Samsuri, T. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 685. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.7692

Sari, N. P., Suhirman, S., & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa Kelas VII SMP. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 63–74. https://doi.org/10.32938/jbe.v5i2.554

Setyaningsih, E., Sunandar, A., & Eka Setiadi, A. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Pedagogi Hayati, 3(1), 25–36.

Siti Nurhidayati1, K. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOTEKNOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL. 6(3), 125–131.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Sriyati*, S., Ivana, A., & Pryandoko, D. (2021). Pengembangan Sumber belajar Biologi Berbasis Potensi lokal Dadiah untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 168–180. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18783

Sudiasih, K. (2018). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iiib Sd Negeri Panggang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7, 631–639.

Sukirno2, Setyoko1, I. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI SMA KONTESKTUAL BERBASIS POTENSI LOKAL HUTAN MANGROVE. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75.

Ulum, M., & Fauzi, A. (2023). Behaviorism Theory and Its Implications for Learning. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 53–57.

Utami, Y. E., Suwono, H., & Mahanal, S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis potensi lokal bahan baku pewarna kain tenun ikat di kelas X SMA Kabupaten Sintang. Prosiding Semnas Hayati IV, 235–239.

Wulandari, M., Suratno, S., & Sofyan, S. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Plantae pada Mata Pelajaran Biologi SMA Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 767. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3290

Yulicahyani, T., Prihandono, T., & Lesmono, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Fisika Materi Suhu Dan Pemuaian Berbasis Potensi Lokal kerajinan Logam Sayangan Untuk Siswa Smp Di Kalibaru Banyuwangi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 6(2), 116–123.

Zakaria Sandy Pamungkas, 2)Sri Wahyuni, 2)Trapsilo Prihandono. (n.d.). Lokal Pada Pokok Bahasan Perubahan Benda. 263–271.

Published
2024-03-07
How to Cite
Reka Nurjanah, Shinta Purnamasari, & Andinisa Rahmaniar. (2024). Analisis Implementasi Potensi Lokal dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 48-56. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1476
Abstract viewed = 83 times
PDF downloaded = 62 times