Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Bangkinang Kota. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan quasi eksperimental dengan menggunakan non-randomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari kelas X IPA yang berjumlah 23 peserta didik dan X IPS yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar obsevasi dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Bangkinang Kota. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui uji Independent Sample T-Test memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Downloads
References
Adiansha, A. A., Mulyadin, M., & Nurgufriani, A. (2023). Correlation Study: Self-Concept and Mathematical Disposition on Learning Outcomes of Elementary School Students. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 11–17.
Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching And Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80–88.
Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. 1(1), 49–61.
Daulay, L. A. (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(3), 45–53.
Diana, N., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2020a). Analysis of students’ mathematical connection abilities in solving problem of circle material: Transposition study. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 829–842. https://doi.org/10.17478/JEGYS.689673
Diana, N., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2020b). Didactical Design of Circle Equation and Tangent of Circle Analytic Geometry Learning. MSCEIS 2019: Proceedings of the 7th Mathematics, Science, and Computer Science Education International Seminar, MSCEIS 2019, 12 October 2019, Bandung, West Java, Indonesia, 161.
Farida, N. (2015). Pengembangan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Membentuk Model Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Inquiry Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 663–669.
Fuadi, M., & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Pembeljaran Situated Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).
Hasibuan, A., Rhamayanti, Y., & Nurdalilah, N. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Angkola Timur. PeTeKa, 3(2), 160–169.
Hellinawati, H., Muhammad, D., & Kamid, K. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual dan Konsep Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Tekno-Pedagogi, 5(1).
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).
Kusmawati, L. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Pembelajaran Matematika di Kelas 3 SDN Cibaduyut 4. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(2), 262–271.
Nuraisyah, N., & Nurjannah, N. (2023). Supervision of Class Visits By The Principal in Developing Teacher Competencies at SDIT Makassar Islamic School Baruga. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 65–74.
Panjaitan, C. D., & Sinambela, P. N. J. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMP Swasta RA Kartini Tebing Tinggi. Journal on Education, 5(2), 5016–5025.
Putri, V. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Roda Putar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Putriyani, K., Aisyah, A., & Said, H. B. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII MTSN Olak Kemang kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 167–176.
Rusyda, N. A., & Sari, D. S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Garis dan Sudut. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 150–162.
Sabroni, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 55–68.
Yenni, R. F., & Malalina, M. (2020). Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Nabla Dewantara, 5(1), 1–8.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.