Implementasi Pendekatan Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan mengimplementasikan pendekatan discovery learning pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMA Negeri 3 Macang Pacar tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain one grup pretest and posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 3 Macang Pacar yang berjumlah 18 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar tes kemampuan berpikir kritis berupa pretest dan postest dalam bentuk soal uraian yang terdiri dari 7 soal. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran yang mengimplementasikan pendekatan discovery learning dianalisis menggunakan n-gain. Berdasarkan data analisis n- gain kemampuan berpikir kritis peserta didik menunjukan bahwa secara keseluruhan peserta didik mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah mengimplementasikan pendekatan discovery learning pada materi laju reaksi dengan skor rata-rata n-gain yang diperoleh adalah 0,70 dengan kriteria tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan discovery learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi. Berdasarkan hasil penelitian ini, pendekatan discovery learning dapat dijadikan alternatif dalam usaha meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki karakteristik penemuan.
Downloads
References
Agustin, Yuke. Noor Fadiawati, L. T. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 5(3), 98–112.
Agustya, Z., & Soejoto, A. (2017). Pengaruh Respon Siswa Tentang Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(3), 1–6.
Diana, N. (2017). Creativity Of Student In The Opened Mathematics Problem Solving In Terms Of Learning Styles. Proceedings Published The Faculty Of Matematics And Natural Science Yogyakarta University (ME. 67-74).
Diana, N., & Mariamah, M. (2014). Profil Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Media Pendidikan Matematika, 2(2), 151–161.
Ena, trifiani , Hironimus C. Tangi1) , Yustina D. Lawung1), E. G. B. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(September), 682–689.
Leba, M. A. U., Komisia, F., & Tukan, M. B. (2021). Bimbingan Belajar Kimia Bagi Siswa SMA Yang Berdomisili Di Penfui-Binilaka Kupang. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 124. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.572
Lethe, M. O., Herawati, N., Anwar, M., Makassar, U. N., Daeng, J., & Makassar, T. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas. ChemEdu, 2, 11–24.
Nugrahaeni, A., Wayan Redhana, I., & Made Arya Kartawan, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.
Polli1, Vinsensius., Vinsensia H.B Hayon1., Y. R. T. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.
Rani, N.F. Elvis Napitupulu, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 47–52. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i3.178
Rosliani, V. D., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Pecahan. Jurnal Educatio, 8(2), 401–409. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1968
Sandi, K., & Fatisa, Y. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Metode Praktikum Virtual. Journal of Chemistry Education and Integration, 2(1), 50. https://doi.org/10.24014/jcei.v2i1.21650
Saputra, A. I., & Susilawati, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 103–111.
Siti Nur Annisa, Setiono, & Aa Juhanda. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Riset Berbantuan Media WhatsApp. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(1), 18–26. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i1.431
Sunarto, M. fFkri. (2022). PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING GUNA MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21, 2588–2593.
Susana, Kadaritna, N., & Tania, L. (2018). Efektivitas Model POGIL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia JPPK, 7(3), 63–74.
Susilawati, E., Sarnita, F., Gumilar, S., Erwinsyah, A., Utami, L., & Amiruddin, A. (2019). Using inductive approach (IA) to enhance students’ critical thinking (CT) skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 52035.
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.