Peran Penting Teknologi dalam Pendidikan Sains: Pengembangan dan Validasi Media Pembelajaran Berbasis Android dengan App Inventor untuk Pemahaman Materi Gelombang Cahaya
Abstract
Teknologi memiliki peran krusial dalam kegiatan belajar mengajar, terkhusus dalam konteks pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang memerlukan pemahaman konsep kompleks dan abstrak. Artikel ini membahas pentingnya pemakaian media pembelajaran interaktif untuk memfasilitasi pemahaman konsep ilmiah, fokus pada pembelajaran fisika. Penelitian ini mengaplikasikan metode penelitian pengembangan dengan merujuk pada kerangka Jan Van Den Akker. Guru seringkali belum optimal dalam menggunakan media pembelajaran, menyebabkan kurangnya ketertarikan dan pemahaman konsep fisika oleh siswa. Produk yang dihasilkan, yaitu media pembelajaran berbasis Android dengan App Inventor, mengalami validasi oleh ahli media dan ahli materi dengan tingkat efektivitas tinggi dan Total Content Validity (TCR) dalam kategori "sangat baik". Pengujian selanjutnya, baik uji satu-satu maupun uji kelompok kecil, menunjukkan efektivitas yang tinggi dengan persentase TCR dalam kategori "sangat baik". Hasil uji lapangan juga menunjukkan efektivitas tinggi dengan TCR kategori "baik". Evaluasi sumatif menunjukkan peningkatan pemahaman konsep fisika dengan nilai N-Gain dalam kategori "sedang". Media pembelajaran ini dianggap valid, praktis, dan efektif, dapat diakses melalui smartphone, membantu guru dalam mengajar, dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran. Riset ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android, khususnya materi gelombang cahaya, dengan implikasi positif terhadap keterlibatan siswa, kompetensi teknologi, dan perubahan paradigma dalam pendidikan sains. Dukungan terhadap riset ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada inovasi pendidikan global, mempersiapkan generasi masa depan menghadapi tantangan teknologi, dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan di era digital.
Downloads
References
Al-Rahmi, W. M., Othman, M. S., & Yusuf, L. M. (2015). Using social media for research: The role of interactivity, collaborative learning, and engagement on the performance of students in malaysian post-secondary institutes. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5S2), 536–546. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n5s2p536
Asdar, A., Fatimah, F., & Nurhidayah, N. (2020). Pembelajaran Generatif Media Barbek Terintegrasi PPK terhadap Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9(2), 124. https://doi.org/10.35580/sainsmat92153812020
Atika, A., Kosim, K., Sutrio, S., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 13–17. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.381
Fadli Emsa Zamani, & Diki Suherman. (2022). Model Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Dan Dampak Sosial Pada Masa Covid 19. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 20(2), 12–22. https://doi.org/10.54783/dialektika.v20i2.53
Fatimah, S., & Serevina, V. (1322). Snf2020Pf-15 Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis I-Sets Berbantuan Articulate Storyline Pada Materi Gelombang Cahaya. Universitas Negeri Jakarta Rawamangun Muka, IX(1), 15–24.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1). https://doi.org/10.1119/1.18809
Idris, S. F., & Suhendi, H. Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “GEMBI” untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 5(1), 24–36. https://doi.org/10.46838/jbic.v4i1.411
Jumaida, J., Supriadi, S., Antoni Musri, H., & Okra, R. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan APP Inventor pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X SMKN 4 Payakumbuh. Intellect : Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(2), 187–204. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i2.170
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417
Kumalasari, M. R., Wahdina, S., Yuliani, H., & Azizah, N. (2023). Analisis Kebutuhan Alat Peraga Sederhana Fisika Di Kelas Xi Ipa Ma Darul Ulum Palangka Raya. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(2), 77. https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.7952
Milinia, G., Trisna, S., & Yanti, I. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Gelombang Bunyi Dan Cahaya. 10(2), 271–286.
Mundir. (2022). Teknologi Pendidikan. In EDULITERA. EDULITERA.
Muslichatun, Ellianawati, & Wardani, S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Konsep Rangka Manusia Berbantuan Media Interaktif Berbasis Android. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 142–150.
Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887
Nuraisyah, N., & Nurjannah, N. (2023). Supervision of Class Visits By The Principal in Developing Teacher Competencies at SDIT Makassar Islamic School Baruga. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 65–74.
Nurjumiati, N., Yulianci, S., Hidayatullah, P., Suryaningsih, S., & Fuadi, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inpire untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPA SD. Science Education and Development Journal Archives, 1(2), 77–81.
Putri, D. P. E. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2), 104–111. https://doi.org/10.32923/edugama.v5i2.972
Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752
Putri, N. K., Yuberti, & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Materi Hukum Newton Pada Gerak Benda. 1, 133–143.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039
Turbak, F., Wolber, D., & Medlock-Walton, P. (2014). The design of naming features in App Inventor 2. Proceedings of IEEE Symposium on Visual Languages and Human-Centric Computing, VL/HCC, 129–132. https://doi.org/10.1109/VLHCC.2014.6883034
van den Akker, J., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research. Educational Design Research, 1–164. https://doi.org/10.4324/9780203088364
Weni Anissa Putri, Yayan Sanjaya, E.-. (2021). Digital Storytelling Video to Analyze Students’ Concept Mastery and Creativity in Learning Food Additives Topic. Asian Journal of Science Education, 3(1), 81–89.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.