Analisis Minat Siswa dalam Konteks Integratif: Studi Deskriptif dan Komparatif dalam Pembelajaran Biologi

  • Siska Ulandari IAIN KERINCI
  • Ogi Danika Pranata IAIN Kerinci
  • Indah Kencanawati IAIN Kerinci

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi minat belajar siswa dalam konteks integratif antara Biologi dan Matematika di dua sekolah menengah atas yang berbeda. Metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan komparatif digunakan untuk mengumpulkan data dari 180 siswa kelas XII. Instrumen yang digunakan adalah Kuesioner Integrasi Sains dan Matematika atau Science and Mathemaics Integrated Questionnaire (SMIQ). Instrumen terdiri dari 20 pernyataan yang terbagi menjadi minat Biologi, minat Matematika, dan minat Matematika dan Biologi. Selain itu terdapat satu pernyataan jebakan yang bertujuan untuk meningkatkan validitas respon siswa. Konsekuensinya adalah jumlah data yang dianalisis menjadi lebih sedikit, yaitu 120 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat belajar siswa secara keseluruhan berada pada tingkat sedang, dengan nilai rata-rata sekitar 2.7 dari skala 4. Meskipun terdapat sedikit perbedaan antara dua sekolah, perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik. Kesimpulan menyoroti pentingnya pengembangan strategi pembelajaran yang menarik dan keterlibatan faktor internal siswa dalam meningkatkan minat belajar mereka. Saran untuk penelitian lanjutan mencakup eksplorasi lebih lanjut terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa serta pelatihan yang lebih baik bagi guru dalam mengintegrasikan mata pelajaran sains dan matematika. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang minat belajar siswa dalam konteks pembelajaran integratif.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Biologi, Matematika, Minat, Pembelajaran, Sains

References

Adu-Gyamfi, K. (2013). Lack of Interest in School Science Among Non-Science Students At the Senior High School Level. Problems of Education in the 21st Century, 53(1), 7–21. https://doi.org/10.33225/pec/13.53.07

Aprilia, S. L., Pranata, O. D., & Haryanto, T. (2023). Analisis Tingkat Familiaritas Siswa Terhadap Istilah Sains dan Biologi. Bioedusains:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(2), 580–591.

Béchard, N., Langlois, S., Poliquin, G., & Cyr, S. (2021). Development of the SMIQ questionnaire measuring interest, sense of self-efficacy and perception of the links existing between mathematics and science in an integrated context. Mesure et Évaluation En Éducation, 44(spécial), 129. https://doi.org/10.7202/1100057ar

Cahyani, V. D., & Pranata, O. D. (2023). Studi Aktivitas Belajar Sains Siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(2), 137–148. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i2.317

Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381–389. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.65

Lamb, R. L., Annetta, L., Meldrum, J., & Vallett, D. (2012). Measuring Science Interest: Rasch Validation of the Science Interest Survey. International Journal of Science and Mathematics Education, 10(3), 643–668. https://doi.org/10.1007/s10763-011-9314-z

Leech, N. L., Barret, K. C., & Morgan, G. A. (2005). SPSS for Intermediate Statistics. Use and Interpretation. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. All.

Mayer, R. E. (2011). Applying the Science of Learning. Pearson.

Morgan, G. A., Leech, N. L., Gloeckner, G. W., & Barret, K. C. (2004). SPSS for Introductory Statistics. Use and Interpretation. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. All.

Muliani, R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Pranata, O. D. (2021). Pelatihan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Cabang Matematika Tingkat SMP/MTs melalui Pembelajaran Berbasis Puzzle. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA (JPMMP), 5(2), 118–124. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v5i2.42276

Pranata, O. D. (2023a). Penerapan Game-Based Learning Sebagai Alternatif Solusi Mengajar di Kelas Heterogen. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(3), 337–350.

Pranata, O. D. (2023b). Penerapan Puzzle-Based Learning untuk Mengajar Matematika dan Sains di Pasantren dengan Kelas Heterogen. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 10(2), 109–115.

Pranata, O. D., Sastria, E., Ferry, D., & Zebua, D. R. Y. (2023). Analysis of Students’ Emotional Intelligence and Their Relationship with Academic Achievement in Science. Proceedings of the International Conference on Social Science and Education, ICoeSSE, 395–410. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-142-5

Putri, D. H., & Pranata, O. D. (2023). Eksplorasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Sains Setelah Pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(2), 62–70. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/jips.v4i2.3367

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377

Reiss, M. J., & Winterbottom, M. (2021). Teaching Secondary Biology. In M. J. Reiss & M. Winterbottom (Eds.), Teaching Secondary Science (3rd ed.). Hodder Education.

Renninger, K. A., & Hidi, S. (2011). Revisiting the conceptualization, measurement, and generation of interest. Educational Psychologist, 46(3), 168–184. https://doi.org/10.1080/00461520.2011.587723

Rismawati, N., & Kadarisma, G. (2019). Analisis motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. On Education, 01(02), 491–496.
Sansone, C., & Thoman, D. B. (2005). Interest as the missing motivator in self-regulation. European Psychologist, 10(3), 175–186. https://doi.org/10.1027/1016-9040.10.3.175

Swarat, S., Ortony, A., & Revelle, W. (2012). Activity matters: Understanding student interest in school science. Journal of Research in Science Teaching, 49(4), 515–537. https://doi.org/10.1002/tea.21010

Wulandari, W., & Pranata, O. D. (2023). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pembelajaran Sains. Diksains: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(2), 124–133. https://doi.org/10.33369/diksains.3.2.124-133
Published
2024-03-21
How to Cite
Siska Ulandari, Ogi Danika Pranata, & Indah Kencanawati. (2024). Analisis Minat Siswa dalam Konteks Integratif: Studi Deskriptif dan Komparatif dalam Pembelajaran Biologi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 131-138. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1486
Abstract viewed = 53 times
PDF downloaded = 38 times