Penerapan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Abstract
Tujuan penelitian yaitu mengoptimalkan hasil belajar serta keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran dengan penerapan multimedia pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada Siswa SMP Negeri 7 Bitung. Penelitian tindakan kelas diimplementasikan lewat dua siklus, pada tiap siklus terdapat tiga sesi. Subjek penelitian ini yaitu 20 siswa kelas 9, dengan tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Pengumpulan data melalui tes dengan menggunakan soal high order thinking skills, observasi, serta dokumentasi, dan dianalisis menggunakan rumus, rata-rata, dan persentase. Analisis yang dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar, serta ketrampilan berpikit tingkat tinggi. Peningkatan itu terlihat dari nilai ketuntasan siswa dan ketuntasan klasikal yang meningkat pada setiap siklus, dari rata-rata nilai siklus I sejumlah 52, pada siklus II sejumlah 69, dan pada siklus III menjadi 82. Jumlah Siswa yang memenuhi nilai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yaitu 8 Siswa (siklus I), 13 Siswa (siklus II), menjadi 18 (Siklus III). Pertambahan persentase ketuntasan klasikal siswa dari siklus I sejumlah 40%, siklus II 65%, menjadi 90% pada siklus III, kesimpulan dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan hasil belajar serta keterampilan berpikir tingkat tinggi Siswa.
Downloads
References
Abua, F., Mege, R. A., & Paat, M. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Remboken Ditinjau Dari Penggunaan Soal-soal Biologi Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). JSPB BIOEDUSAINS, 3(1), 42–48.
Angraini, G., & Sriyati, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kelas X di Kota Solok pada Konten Biologi. Jurnal of Education Informatic Technology and Science, 1(1), 114–124.
Asriyadin, A., Yulianci, S., Kaniawati, I., & Liliawati, W. (2021). Improving student character and learning outcomes through a neuroscience approach based on local wisdom. AIP Conference Proceedings, 2330(1), 050027. https://doi.org/10.1063/5.0043350
Astikawati, N. W., Tegeh, I. M., & Warpala, I. W. S. (2020). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan kemandirian belajar siswa. . Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 76–85.
Avianty, D., & Cipta, D. A. S. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis masalah untuk mendayagunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa sekolah dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 237.
Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Application of the Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Student Learning Outcomes in Class V at UPTD SD Negeri Tapos 5, Depok City. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.10
Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 77–87.
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.
Herman, T., Hasanah, A., Nugraha, R. C., Harningsih, E., Ghassani, D. A., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1131–1150. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1276
Kembuan, G., Tumbel, F., & Paat, M. (2019). Development of problem based learning based student worksheets to improve student learning outcomes in Poigar 1 public middle school. Development, 4(5), 16–20.
Lelamula, M. D., Sasinggala, M., & Paat, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Berbasis Power Point di Masa Pandemi Covid 19 terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP. SCIENING : Science Learning Journal, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1294
Mahmudi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 1 Kedungbanteng: Array. . Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 51–69.
Mariam, P. (2018). Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. EDUCARE, 60–71.
Mubarak, H. Z. (2022). Desain kurikulum merdeka untuk era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Zakimu. com.
Muda Sakti Raja Sihite, & Lena Rosdiana Pangaribuan. (2023). Implementation of Problem Based Learning By Using Authentic Assessment to Improve Students’ Activity and The Ability of The Students to Solve Problem. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 344–349. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.895
Muhammad Sahrul, Mustamiroh, M., Yudo Dwiyono, & Rosita Putri Rahmi Haerani. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1022–1029. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1215
Muliana, M., Yusiran, Y., Agustinasari, A., Asriyadin, A., Susilawati, E., Sarnita, F., Siswanto, S., Gumilar, S., Gustina, G., Erwinsyah, A., Utami, L., Amiruddin, A., & Syahrir, S. (2019). Using inductive approach (IA) to enhance students’ critical thinking (CT) skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 052035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052035
Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 111–120.
Paat, M. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(3).
Paat, M. (2022). IMPLEMENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MODEL PBL MELALUI GOOGLE CLASSROOM DI JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UNIMA. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3709
Paat, M., Kawuwung, F. R., & Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi SMPN 5 Tondano. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i2.1979
Purbaningrum, K. A. (2017). KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029
Pustikayasa, I. M., Permana, I., Kadir, F., Zebua, R. S. Y., Karuru, P., Husnita, L., & Suryani, I. (2023). TRANSFORMASI PENDIDIKAN: Panduan Praktis Teknologi di Ruang Belajar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Siregar, N., Sutopo, H., & Paat, M. (2020). Mobile Multimedia-based Batakologi Learning Model Development. Journal of Mobile Multimedia. https://doi.org/10.13052/jmm1550-4646.1541
Suratno, S., Kamid, K., & Sinabang, Y. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1), 127–139. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.249
Susilawati, E., Asriyadin, A., & Puspitasari, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Software Phet Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.37630/jpm.v8i1.48
Susilawati, S., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 MATARAM DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 64–70. https://doi.org/10.29303/jpm.v12i2.343
Tampinongkol, N. N., Paat, M., & Lihiang, A. (2022). Pengembangan Media Audio Visual dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Sulawesi Utara pada Pembelajaran Biologi di SMA. JSPB BIOEDUSAINS, 3(2), 136–143.
Umar, M. F., Paat, M., & Kamagi, D. W. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Biologi berbasis PBL (Problem Based Learning) di SMA Negeri 1 Kotamobagu. JSPB BIOEDUSAINS, 3(1), 92–103.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.