Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Pembelajaran STEM
Abstract
Meningkatkan keahlian matematika terutama untuk siswa sekolah menengah atas, diperlukan inovasi. adalah menggunakan pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics dalam memperkuat kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemecahan masalah. Metode penelitian ini adalah desain eksperimen. Adapun instrumen antara lain: lembar Tes, observasi, dan angket akan digunakan. Subyek yang akan di teliti adalah peserta didik X SMA. Hasil analisis membuktikan bahwa siswa dalam pembelajaran STEM memiliki kemampuan yang lebih baik dari pada siswa dengan pengajaran konvensional.
Downloads
References
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765
Butterworth, J., & Thwaites, G. (2005). Critical Thinking and Problem Solving Thinking Skills.
Carreira, S., & Jacinto, H. (2019). A Model of Mathematical Problem Solving with Technology: The Case of Marco Solving-and-Expressing Two Geometry Problems. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-10472-6_3
Crespo, S. (2003). Learning To Pose Mathematical Problems : Exploring. Educational Studies in Mathematics, 52(2000), 243–270.
Diana, N., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2020). Analysis of students’ mathematical connection abilities in solving problem of circle material: Transposition study. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 829–842. https://doi.org/10.17478/JEGYS.689673
Faoziyah, N. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan STEM Berbasis PBL. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(Vol 11 No 1), 50–64. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3942
Kirley, A., Lowe, N., Hawi, Z., Mullins, C., Daly, G., Waldman, I., McCarron, M., O’Donnell, D., Fitzgerald, M., & Gill, M. (2003). Association of the 480 bp DAT1 allele with methylphenidate response in a sample of Irish children with ADHD. American Journal of Medical Genetics - Neuropsychiatric Genetics, 121 B(1), 50–54. https://doi.org/10.1002/ajmg.b.20071
Muyassaroh, I., Mukhlis, S., & Ramadhani, A. (2022). Model Project Based Learning melalui Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1607–1616. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4056
Olpado, S. U., & Heryani, Y. (2017). Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning ( PBL ). Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 63–70.
Peterman, K., Daugherty, J. L., Custer, R. L., & Ross, J. M. (2017). Analysing the integration of engineering in science lessons with the Engineering-Infused Lesson Rubric. International Journal of Science Education, 39(14), 1913–1931. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1359431
Riani, N. M. S. T., Suweken, G., & Sariyasa, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 204. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13457
Seage, S. J., & Türegün, M. (2020). The effects of blended learning on STEM achievement of elementary school students. International Journal of Research in Education and Science, 6(1), 133–140. https://doi.org/10.46328/ijres.v6i1.728
Seymour, E., & Hunter, A. B. (2019). Talking about Leaving Revisited: Persistence, Relocation, and Loss in Undergraduate STEM Education. In Talking about Leaving Revisited: Persistence, Relocation, and Loss in Undergraduate STEM Education. https://doi.org/10.1007/978-3-030-25304-2
Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.