Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel
Abstract
Kemampuan Reversible Thinking menjadi kemampuan yang sangat penting dimiliki siswa ketika memecahkan permasalahan matematika. Melalui kemampuan Reversible Thinking siswa mampu melihat cara penyelesaian masalah bukan hanya dari satu sudut pandang saja, tetapi juga pembalikannya. Kemampuan ini memungkinkan siswa agar mampu menyelesaikan masalah matematika secara kompleks Namun kenyataannya kemampuan Reversible Thingking masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kemampuan Reversible Thinking siswa pada materi persamaan linear satu variabel. Ini merupakan penelitian deskriptif dan termasuk dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 17 Kota Jambi dengan subjek penelitian yang berjumlah 9 orang. Instrumen tes pada penelitian ini berupa lembar soal tes kemampuan Reversible Thinking dan lembar pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kemampuan Reversible Thinking siswa berbeda-beda, hal ini dilihat dari hasil jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tes Kemampuan Reversible Thinking, dimana hanya S1 dan S2 yang mampu memenuhi ketiga indikator tersebut dalam menyelesaikan soal tes pada soal nomor 1 dan soal nomor 2. Dan untuk S3, S4, S5, S6, S7, S8, dan S9 memiliki kemampuan Reversible Thinking dengan pencapaian indikator yang beragam.
Downloads
References
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294
Bharata, H., Sutiarso, S., Noer, S. H., & Kurniawati, D. (2022). Pengembangan bahan ajar LKPD untuk meningkatkan kemampuan Reversible Thinking siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 260–272.
Chotijah, S., & Susanto, A. (2019). Efektivitas Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 195–206. https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.2.195-206
D Kolnel, R. P., Charitas Indra Prahmana, R., & Arifin, S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Matematika Gasing Pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Numeracy, 2(April), 70–76.
Kurniawati, D., & Sutiarso, S. (2022). Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Siswa SMA Pada Konsep Kalkulus. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2908–2922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1464
Listiani, T., Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Tamba, K. P. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Topik Bangun Ruang [Error Analysis of Students in the Mathematics Department in Solving Geometry Problems on the Topic of Solid Figures]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.1708
Maf’Ulah, S., Fitriyani, H., Yudianto, E., Fiantika, F. R., & Hariastuti, R. M. (2019). Identifying the Reversible Thinking skill of students in solving function problems. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012033
Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2019). Students’ Strategies to Solve Reversible Problems of Function: The Part of Reversible Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012051
Mahfud, M. S., Mardiyana, M., & Fitriana, L. (2021). Bagaimana Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pembelajaran Online? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1190. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3681
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD Publishing.
OECD. (2022). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education. I(2), 1–4.
Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80.
Purwaningrum, Aura; Sutiarso, S. (2022). Analisis Kemampuan Reversible Thinking Peserta Didik Kelas VIII SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 39–48.
Saparwadi, L., Purnawati, B., & Erlian, B. , P. (2017). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Pada Bilangan Pecahan Dan Reversibilitas. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 60. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.715
Siregar, A. G., & Ananda, R. (2023). Analisis Kamampuan Reversible Thinking pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Swasta BPI Palu Kurau. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1265–1273. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2265
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualikatif dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.
Sutiarso, S. (2020). Analysis of Student Reversible Thinking Skills on Graph Concept. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), 185–195. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.6768
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.