Implementasi Assembler Edu untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IX pada Materi Listrik Statis

Authors

  • Liska Berlian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fandi Muhammad Arfan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Syakirah Azzahra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Diah Eryulianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Titi Dewi Anggraeni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1518

Keywords:

Media Pembelajaran, EDU Assembler, Minat Belajar

Abstract

Minat terhadap proses belajar sangatlah krusial bagi siswa agar mereka dapat memahami materi yang diajarkan oleh guru. Faktor penentu signifikan yang mempengaruhi kegiatan belajar adalah semangat belajar siswa. Ketika siswa menemukan subjek menarik, mereka memusatkan perhatian mereka pada proses pembelajaran. Integrasi teknologi ke dalam pendidikan memfasilitasi pemahaman konsep yang lebih baik dan meningkatkan pengalaman belajar secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pertumbuhan minat belajar materi listrik statis di kalangan siswa kelas sembilan melalui penggunaan media EDU Assembler berbasis Augmented Reality. Selain itu, berusaha untuk mengevaluasi efektivitas media EDU Assembler berbasis Augmented Reality dalam meningkatkan minat siswa kelas sembilan dalam mempelajari materi listrik statis. Penelitian yang dilakukan sebagai penelitian kualitatif deskriptif dengan refleksi kelas tunggal ini melibatkan populasi 33 siswa kelas sembilan. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner, dan statistik deskriptif dan inferensial digunakan untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Assembler Edu Learning Media mampu meningkatkan minat belajar siswa, dengan perbaikan pada aspek minat (67,4%), aspek perhatian (67,1%), aspek perasaan (71,2% kebahagiaan), dan aspek keterlibatan belajar (64,8%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariama, S., & Burhendi, F. C. A. (2022). Pengembangan Website Sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 181–190.

Emawati, I. R., Burhendi, F. C. A., Harahap, N., & Sugianta, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Learning di Tinjau dari Metakognitif Fisika Siswa Di SMAN 48 Jakarta. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 24–32.

Fakhrudin, A. (2018). IMPLEMENTATION OF AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY IN NATURAL SCIENCES LEARNING OF ELEMENTARY SCHOOL TO OPTIMIZE THE STUDENTS’LEARNING RESULT. Educația Plus, 19(1), 92–102.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang.

Fitri, E. A., Karyadi, B., & Johan, H. (2023). Analisis Kebutuhan: Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajar Fisika bagi Peserta didik di Pulau Enggano. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1789–1794.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175.

Insana, N., Erniwati, E., & Alfat, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan javascript pada materi pokok listrik statis. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 8(2), 71. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i2.21052

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100.

Oktaviani, Y., Lusa, H., & Noperman, F. (2019). Pengaruh Augmented reality sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa mata pelajaran ipa sd kota bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 202–208.

Oktaviona, R., & Jasril, I. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan AR Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 11(2), 178–186.

Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109.

Spriani, H. G., Ain, N., & Pratiwi, H. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Metode Scaffolding Dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 29–40.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sulistyani, A., Sugianto, S., & Mosik, M. (2016). Metode diskusi buzz group dengan analisis gambar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(1).

Sumanto, W. (2014). Psikologi Pendidikan. Bina Aksara.

Syawaludin, A. , Gunarhadi. , R. P. (2019). Enhancing Elementary School Students’ Abstract Reasoning in Science Learning through Augmented Reality-Based Interactive Multimedia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 289–298. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19249

Downloads

Published

2024-06-01