Pengembangan Media Pembelajaran Wegos (Web Google Sites) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1524Keywords:
Media Pembelajaran, Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning, Web Google SitesAbstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas Media Pembelajaran Wegos (Web Google Sites) berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dilihat dari segi kualitas yakni valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development. dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi tim ahli, guru matematika, dan siswa kelas VIII.E SMP Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data yang mencakup angket validasi, angket praktikalitas, angket efektifitas dan tes hasil belajar siswa. Hasil angket validasi untuk aspek materi sebesar 83% dan untuk aspek desain sebesar 74,73%. Persentase tingkat kepraktisan guru sebesar 88% dan tingkat kepraktisan oleh siswa sebesar 90,89%. Tingkat kefektifan berdasarkan hasil angket efektifitas oleh siswa diperoleh persentase sebesar 92,53%. Perolehan rata-rata skor pretest siswa adalah 29,96 dengan kategori rendah, sedangkan rata-rata skor posttest siswa sebesar 77%, untuk hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,67 yang menunjukkan peningkatan dengan kategori tinggi serta persentase keefektifan N-Gain sebesar 67% dengan kategori cukup efektif, berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan media pembelajaran Wegos (Web Google Sites) berbasis Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Downloads
References
Arief, R. (2017). Aplikasi presensi siswa online menggunakan google forms, sheet, sites, awesome table dan gmail. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan V.
Bharata, H., Sutiarso, S., Noer, S. H., & Kurniawati, D. (2022). Pengembangan bahan ajar LKPD untuk meningkatkan kemampuan reversible thinking siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 260–272.
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Fuadi, M., & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Pembeljaran Situated Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4073
Haritun, N., & Utaminingsih, R. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas V SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Science Education and Development Journal Archives, 1(2), 57–62.
Jubaidah, Siti; Zulkarnain, R. (2020). Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SMPN 1 Astambul. 15(2), 68–73.
Mauleto, K. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Indikator Nctm Dan Aspek Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Kelas 7B Smp Kanisius Kalasan. JIPMat, 4(2), 125–134. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.4261
Mujawal, W. A., Bani, A., & Nani, K. La. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatakan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–14.
Nurjumiati, N., Yulianci, S., & Asriyadin, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemodelan Matematis dan Bahasa Simbolik Fisika Melalui Pembelajaran Model Inquiry Berbasis Literasi Numerasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 945–948. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.714
Putri, N. K., Yuberti, Y., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites materi hukum Newton pada gerak benda. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 133–143. https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.1033
Rikani, R., Istiqomah, I., & Taufiq, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi sistem persamaan lnier tiga variabel (SPLTV). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 54–61.
Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas Vii Smp Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903
Saputra, H., Octaria, D., & Isroqmi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Materi Turunan Fungsi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 123–135. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4072
Sari, A. A., & Kurniasari, I. (2022). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Spltv Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. MATHEdunesa, 11(3), 938–947. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p938-947
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275
Sembiring, M. (2020). M Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Berbantukan Model Problem Based Learning. Sepren, 1(02), 46–56. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.194
Setyaningsih, R., & Rahman, Z. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1606. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5098
Sulistyawati, N. L. G., Suarjana, I. M., & Wibawa, C. I. M. (2022). Pengembangan Media Website Berbasis Google Sites pada Materi Statistika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 895–905.
Suryansyah, T., & Suwarjo, S. (2015). Jurnal Prima Edukasia. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 213–226.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.