Desain E-Modul Berbasis M-Apos Terintegrasi Filatod (Film Animasi: Toontastic 3D) Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP

Authors

  • Latifa Rahdiani Sari Universitas Jambi
  • Husni Sabil Universitas Jambi
  • Ilham Falani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1532

Keywords:

E-Modul, Filatod (Film Animasi: Toontastic 3D), Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Rendahnya motivasi siswa dalam belajar matematika menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses dan hasil pengembangan e-modul berbasis model M-APOS terintegrasi film animasi Toontastic 3D guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP Kelas VII dan mengetahui kualitas yang dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan subjek uji coba yang terdiri dari tim ahli, guru bidang studi matematika, dan siswa kelas VII.1 SMP Negeri 21 Batang Hari. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis data validasi ahli, analisis data kepraktisan dan analisis data keefektifan. Hasil angket validasi untuk aspek materi sebesar 80% dan untuk aspek desain sebesar 91,11 %. Persentase tingkat kepraktisan guru sebesar 91,11%% dan tingkat kepraktisan oleh siswa sebesar 93,77%. Tingkat kefektifan berdasarkan hasil angket efektifitas oleh siswa diperoleh persentase sebesar 95,11%. Perolehan rata-rata tes hasil belajar siswa yakni 81% dengan kategori sangat efektif, perolehan rata-rata skor angket motivasi siswa setelah menggunakan e-modul berbasis model M-APOS terintegrasi film animasi menggunakan Toontastic 3D adalah 89,46% dengan kategori tinggi sehingga dapat dikatakan bahwa e-modul berbasis model M-APOS terintegrasi filatod(film animasi: toontastic 3d) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Budiarti, C. D., Purwanto, S. E., & Hendriana, B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran M-Apos Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp15-22

Daniati, N. T. (2020). Video Referensi Sebagai Solusi Pembelajaran Animasi 3D Di Tengah Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.128

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750

Hendrayana, A. S. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di upbjj ut bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2), 81–87.

Hidayat, R., Murni, A., & Roza, Y. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3017–3027. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.373

Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316.

Kucirkova, N. (2019). Children’s agency by design: Design parameters for personalization in story-making apps. International Journal of Child-Computer Interaction, 21, 112–120. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2019.06.003

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Mujawal, W. A., Bani, A., & Nani, K. La. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatakan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–14.

Mullis, I. V. ., Martin, M. O., Foy, P., & Hopper, M. (2016). Timss 2015 International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center, 1–971.

Nurhayati, N. K., & Yuzianah, D. (2014). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SISWA KELAS XI SMK NURUSSALAF KEMIRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN M-APOS. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 8(1).

Nurlaelah, E. (2012). Model Pemberian Tugas Resitasi (M-APOS) yang Dilaksanakan Dengan Bahasa Inggris Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(2), 173–182.

Safitri, W. Y., Retnawati, H., & Rofiki, I. (2020). Pengembangan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 195–209. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34581

Sam, I., & Hashim, H. (2022). Pupils’ Perceptions on the Adoption and Use of Toontastic 3D, a Digital Storytelling Application for Learning Speaking Skills. Creative Education, 13(02), 565–582. https://doi.org/10.4236/ce.2022.132034

Sembiring, M. (2020). M Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Berbantukan Model Problem Based Learning. Sepren, 1(02), 46–56. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.194

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Syam, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran M-APOS dan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Sinjai. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 209–217. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i4.197

Turnip, R. F., & Karyono, H. (2021). Pengembangan e-modul matematika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 485–498.

Zaharah, Z., & Susilowati, A. (2020). Improving Students’ Learning Motivation through Electronic Module Media in the Industrial Revolution 4.0. BIODIK: Scientific Journal of Biology Education, 6(2), 145–158. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/8950

Zainal, Z., Jasriani, A., & Hasnah, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 187 Pinrang. Saintifik, 5(2), 135–139. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i2.232

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Budiarti, C. D., Purwanto, S. E., & Hendriana, B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran M-Apos Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp15-22

Daniati, N. T. (2020). Video Referensi Sebagai Solusi Pembelajaran Animasi 3D Di Tengah Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.128

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750

Hendrayana, A. S. (2014). Motivasi belajar, kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa beasiswa bidikmisi di upbjj ut bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2), 81–87.

Hidayat, R., Murni, A., & Roza, Y. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3017–3027. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.373

Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 316.

Kucirkova, N. (2019). Children’s agency by design: Design parameters for personalization in story-making apps. International Journal of Child-Computer Interaction, 21, 112–120. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2019.06.003

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Mujawal, W. A., Bani, A., & Nani, K. La. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatakan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–14.

Mullis, I. V. ., Martin, M. O., Foy, P., & Hopper, M. (2016). Timss 2015 International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center, 1–971.

Nurhayati, N. K., & Yuzianah, D. (2014). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SISWA KELAS XI SMK NURUSSALAF KEMIRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN M-APOS. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 8(1).

Nurlaelah, E. (2012). Model Pemberian Tugas Resitasi (M-APOS) yang Dilaksanakan Dengan Bahasa Inggris Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(2), 173–182.

Safitri, W. Y., Retnawati, H., & Rofiki, I. (2020). Pengembangan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 195–209. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34581

Sam, I., & Hashim, H. (2022). Pupils’ Perceptions on the Adoption and Use of Toontastic 3D, a Digital Storytelling Application for Learning Speaking Skills. Creative Education, 13(02), 565–582. https://doi.org/10.4236/ce.2022.132034

Sembiring, M. (2020). M Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Berbantukan Model Problem Based Learning. Sepren, 1(02), 46–56. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.194

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Syam, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran M-APOS dan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Sinjai. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 209–217. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i4.197

Turnip, R. F., & Karyono, H. (2021). Pengembangan e-modul matematika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 485–498.

Zaharah, Z., & Susilowati, A. (2020). Improving Students’ Learning Motivation through Electronic Module Media in the Industrial Revolution 4.0. BIODIK: Scientific Journal of Biology Education, 6(2), 145–158. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/8950

Zainal, Z., Jasriani, A., & Hasnah, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 187 Pinrang. Saintifik, 5(2), 135–139. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i2.232

Downloads

Published

2024-06-01