Penggunaan LKPD Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran IPA untuk Siswa SMP/MTs : Studi Literatur

Authors

  • Yananda Aulia Rahma Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Daimul Hasanah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dhimas Nur Setyawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1535

Keywords:

LKPD, Augmented Reality, Pembelajaran IPA

Abstract

Percepatan teknologi digital di Era 4.0 mampu menjaring dan menyalurkan informasi dari seluruh aspek sosial tidak terkecuali pendidikan. LKPD berbasis Augmented Reality sebagai salah satu sumber ajar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik karena penyajian Augmented Reality dalam pembelajaran mampu memberikan struktur objek yang lengkap dan jelas. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality dapat membantu peserta didik dalam menemukan konsep dan melatih peserta didik untuk menciptakan dan mengembangkan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan jenis penelitian analisis kualitatif. Dengan tujuan penelitian untuk menganalisis terkait penggunaan LKPD berbasis Augmented Reality pada pembelajaran IPA untuk siswa SMP/MTs. Adapun metode penelitian studi literatur yang digunakan adalah serangkaian kegiatan dengan tahap pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, kemudian mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis AR (Augmented Reality) baik untuk digunakan dalam pembelajaran IPA karena mampu mengonstruksi objek absrak ke dalam dunia nyata dengan animasi 2D dan 3D. Penerapan LKPD berbasis Augmented Reality mampu menjawab relevansi pendidikan Abad 21 dengan pemanfaatan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar sehingga menciptakan lingkungan belajar yang modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. 7(1).

Cahyaningtyas, A. S. (2020). PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENT REALITY UNTUK ANAK USIA DINI DI INDONESIA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 20. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850

Cayeni, W. (2019). PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN: TANTANGAN GURU PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Destiara, M., Himmah, N., & Indriyani, S. (2021). Pengembangan LKPD Materi Arthropoda Berbasis STEM Berteknologi Augmented Reality. Bioeduca : Journal of Biology Education, 3(1), 42–50. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6629

Fanani, M. A. (2023). The Urgency of Facilities and Infrastructure in Improving the Quality of High School Education. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.6

Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS ANDROID. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ABAD 21: KEPEMIMPINAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA SD/MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714

Hidayatullah, E. (2024). The Impact of Talkpal.AI on English Speaking Proficiency: An Academic Inquiry. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 19–25. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.98

Indriani, D., Hindriana, A. F., & Sulistyono, S. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality dalam Metode Praktikum Materi Organ Indera untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa dan Keterampilan Proses Sains. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 8(1). https://doi.org/10.31949/be.v8i1.4584

Kintoko, K., & Mulianingsih, F. (2022). MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK SMP BANGKA BARAT MELALUI LITERASI DIGITAL DI TENGAH PENDIDIKAN ABAD 21. Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 106. https://doi.org/10.25273/jta.v7i1.10919

Mahardika, H. C., Ismawati, R., & Rahayu, R. (2022). Penerapan LKPD berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPA peserta didik SMP. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 10(1), 61–70. https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.3170

Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. (2019). Augmented Reality: Solusi Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2399

Mudaningrat, A., Yuniastuni, A., & Dewi, P. (2023). Hubungan Bahan Ajar Digital Bertema Konservasi dengan Karakter Peduli Lingkungan pada Mata Pelajaran Biologi.

Ni’mah, S. N., & Noor, F. M. (2023). Development of Ethnoscience-Based Science Learning Module Oriented Science Process Skills of Students. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.3

Nurhidayanti*, A., Nofianti, E., Kuswanto, H., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Melalui Implementasi LKPD Discovery Learning Berbantuan Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 312–328. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23719

Oleh, D., & Kartiningrum, E. D. (2015). PANDUAN PENYUSUNAN STUDI LITERATUR.

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2).

Sari, I. N., & Sulisworo, D. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.5347

Satrianingrum, A. P., Setiawati, F. A., & Fauziah, P. Y. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh pada PAUD: Studi Literatur berbagai Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi di berbagai Tempat. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 34–41. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37320

Seviana, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Pembelajaran Geografi Materi Planet di Tata Surya. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 6(2), 198–208. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.6122

Sinta, T. (2019). Unnes Physics Education Journal.

Vari, Y., & Bramastia, B. (2021). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR ABAD 21 DI PEMBELAJARAN IPA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 132. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57256

Winda, F. N., Sunaryo, S., & Fitri, U. R. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI TERMODINAMIKA. Lontar Physics Today, 2(1), 34–38. https://doi.org/10.26877/lpt.v2i1.14653

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). PEMILIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Downloads

Published

2024-06-06