Penggunaan LKPD Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran IPA untuk Siswa SMP/MTs : Studi Literatur
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1535Keywords:
LKPD, Augmented Reality, Pembelajaran IPAAbstract
Percepatan teknologi digital di Era 4.0 mampu menjaring dan menyalurkan informasi dari seluruh aspek sosial tidak terkecuali pendidikan. LKPD berbasis Augmented Reality sebagai salah satu sumber ajar yang dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik karena penyajian Augmented Reality dalam pembelajaran mampu memberikan struktur objek yang lengkap dan jelas. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality dapat membantu peserta didik dalam menemukan konsep dan melatih peserta didik untuk menciptakan dan mengembangkan keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan jenis penelitian analisis kualitatif. Dengan tujuan penelitian untuk menganalisis terkait penggunaan LKPD berbasis Augmented Reality pada pembelajaran IPA untuk siswa SMP/MTs. Adapun metode penelitian studi literatur yang digunakan adalah serangkaian kegiatan dengan tahap pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, kemudian mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis AR (Augmented Reality) baik untuk digunakan dalam pembelajaran IPA karena mampu mengonstruksi objek absrak ke dalam dunia nyata dengan animasi 2D dan 3D. Penerapan LKPD berbasis Augmented Reality mampu menjawab relevansi pendidikan Abad 21 dengan pemanfaatan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar sehingga menciptakan lingkungan belajar yang modern.
Downloads
References
Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. 7(1).
Cahyaningtyas, A. S. (2020). PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENT REALITY UNTUK ANAK USIA DINI DI INDONESIA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 20. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2850
Cayeni, W. (2019). PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN: TANTANGAN GURU PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.
Destiara, M., Himmah, N., & Indriyani, S. (2021). Pengembangan LKPD Materi Arthropoda Berbasis STEM Berteknologi Augmented Reality. Bioeduca : Journal of Biology Education, 3(1), 42–50. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6629
Fanani, M. A. (2023). The Urgency of Facilities and Infrastructure in Improving the Quality of High School Education. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.6
Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS ANDROID. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ABAD 21: KEPEMIMPINAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA SD/MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714
Hidayatullah, E. (2024). The Impact of Talkpal.AI on English Speaking Proficiency: An Academic Inquiry. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 19–25. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.98
Indriani, D., Hindriana, A. F., & Sulistyono, S. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality dalam Metode Praktikum Materi Organ Indera untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa dan Keterampilan Proses Sains. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 8(1). https://doi.org/10.31949/be.v8i1.4584
Kintoko, K., & Mulianingsih, F. (2022). MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK SMP BANGKA BARAT MELALUI LITERASI DIGITAL DI TENGAH PENDIDIKAN ABAD 21. Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 106. https://doi.org/10.25273/jta.v7i1.10919
Mahardika, H. C., Ismawati, R., & Rahayu, R. (2022). Penerapan LKPD berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif IPA peserta didik SMP. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 10(1), 61–70. https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.3170
Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. (2019). Augmented Reality: Solusi Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2399
Mudaningrat, A., Yuniastuni, A., & Dewi, P. (2023). Hubungan Bahan Ajar Digital Bertema Konservasi dengan Karakter Peduli Lingkungan pada Mata Pelajaran Biologi.
Ni’mah, S. N., & Noor, F. M. (2023). Development of Ethnoscience-Based Science Learning Module Oriented Science Process Skills of Students. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.3
Nurhidayanti*, A., Nofianti, E., Kuswanto, H., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Melalui Implementasi LKPD Discovery Learning Berbantuan Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 312–328. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23719
Oleh, D., & Kartiningrum, E. D. (2015). PANDUAN PENYUSUNAN STUDI LITERATUR.
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151
Ramadhan, A. F., Putra, A. D., & Surahman, A. (2021). APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(2).
Sari, I. N., & Sulisworo, D. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.5347
Satrianingrum, A. P., Setiawati, F. A., & Fauziah, P. Y. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh pada PAUD: Studi Literatur berbagai Metode Pembelajaran pada Masa Pandemi di berbagai Tempat. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 34–41. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37320
Seviana, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Pembelajaran Geografi Materi Planet di Tata Surya. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 6(2), 198–208. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.6122
Sinta, T. (2019). Unnes Physics Education Journal.
Vari, Y., & Bramastia, B. (2021). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR ABAD 21 DI PEMBELAJARAN IPA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 132. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57256
Winda, F. N., Sunaryo, S., & Fitri, U. R. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI TERMODINAMIKA. Lontar Physics Today, 2(1), 34–38. https://doi.org/10.26877/lpt.v2i1.14653
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). PEMILIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.