Profil Kesulitan Belajar Matematika dan Kecenderungan Diskalkulia pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Arta Rajasha Herlambang Universitas Jambi
  • Kamid Kamid Universitas Jambi
  • Yelli Ramalisa Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1537

Keywords:

Diskalkulia, Kesulitan Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil kesulitan belajar matematika dan kecenderungan diskalkulia yang dialami siswa kelas III dan IV SD N 216/IV Kota Jambi, serta faktor faktor yang menyebabkan kesuliatan belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan di SD N 216/IV Kota Jambi pada Maret 2024. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes kesulitan belajar dan kecendrungan diskalkulia dan wawancara kepada siswa (sebagai data utama) dan wawancara kepada guru wali kelas (sebagai data pendukung). Setelah dilakukan tes dan wawancara tersebut, data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas III dan IV SD N 216/IV Kota Jambi masih mengalami kesulitan belajar dan mengalami kecenderungan diskalkulia. Dari 6 orang siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian diketahui, 5 siswa diantaranya memenuhi indikator diskalkulia. Adapun faktor yang menyebabkan kesulitan belajar adalah faktor internal yang terdiri dari rendahnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran dan faktor eksternal yang terdiri dari penggunaan metode pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dan penggunaan media pembelajaran yang hanya menggunakan buku pedoman pembelajaran dan papan tulis sebagai alat dan media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhim, J. baswara. (2019). Identifikasi Anak Kesulitan Belajar Matematika (diskalkulia) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3), 1–8.

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133.

Anindya, S., Sunarsih, D., & Saefudin Wahid, F. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Diskalkulia. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 123–132. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.663

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Dewi Nastiti, H., & Noviani Sulisawati, D. (2023). Identifikasi Diskalkulia Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra Dalam Mengenal Bilangan Di Kelas Iv Sdlb Negeri Branjangan. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 74–82.

Fakhriya, S. D. (2022). Gangguan Belajar (Diskalkulia) : Definisi dan Model Intervensi. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(3), 115–119. https://doi.org/10.52436/1.jpti.152

Gumilar, E. B., & Permatasari, K. G. (2024). Application of Games-Based Mathematics Learning in the Preschool-Elementary Transition. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.78

Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723

L.J Moleong. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).

Maf’Ulah, S., Fitriyani, H., Yudianto, E., Fiantika, F. R., & Hariastuti, R. M. (2019). Identifying the reversible thinking skill of students in solving function problems. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012033

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Dr. Marlina, S.Pd., M. S. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Group.Belajar. 183.

Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). DISKALKULIA ( KESULITAN MATEMATIKA ) BERDASARKAN GENDER PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA MALANG Pendidikan Matematika , IKIP Budi Utomo Malang Abstrak PENDAHULUAN Anak merupakan salah satu karunia tak ternilai dari Sang Maha Setiap anak memiliki kemampuan. 8(2), 288–297.

Satya, M. A., Putri, A. D., & Nizar, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematika Dilihat dari Tipe Kepribadian Peserta Didik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 211–221. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5786

Setyaningsih, R., & Rahman, Z. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1606. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5098

Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692–701. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1227

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Suzana, Y., & Maulida, I. (2019). Mengatasi Dampak Negatif Diskalkulia Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 15. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1661

Widyorini, E., & Tiel, J. M. Van. (2017). Disleksia Deteksi, Diagnosis, Penangan di Sekolah dan di Rumah. In Kencana (Vol. 154, pp. 2–8).

Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core model on improving mathematical communication and connection, analysis of students’ mathematical disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639–654. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12441a

Downloads

Published

2024-06-01