Pengaruh Efektivitas Model Pembelajaran Knisley terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1539Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran KnisleyAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTs Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Knisley pada materi bangun ruang sisi datar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTs Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII MTs Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kota. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII I berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen sebesar 85,27 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya sebesar 70,90. Presentase ketuntasan pada kelas eksperimen sebesar 96,66% sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 40,00%. Hasil uji indenpendent t-test menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,025. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Knisley efektif terhadapap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTs Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kota.Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Downloads
References
Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. 1(1), 49–61.
Dwi Putra, H., Fathia Thahiram, N., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90.
Farida, N. (2015). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42–52.
Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990
Gumilar, E. B., & Permatasari, K. G. (2024). Application of Games-Based Mathematics Learning in the Preschool-Elementary Transition. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.78
Hidayat. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 118. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9561
Hidayat, F., Zulhendri, & Zulfah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kuok. Journal On Education, 1(1), 30–38.
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.
Kusumayanti, A., & Wutsqa, D. U. (2016). KEEFEKTIFAN MODEL KOLB-KNISLEY DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR, KEMAMPUAN PENALARAN, DAN SELF-ESTEEM SISWA. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 29–42.
Lestari, D., & Sardin. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 49–52.
Lestari, & Yudhanegara. (2019). Penelitian Pendidikan Matematika.
Mawardin, M., Adiansha, A. A., Mulyadin, M., & Nurgufriani, A. (2023). Correlation Study: Self-Concept and Mathematical Disposition on Learning Outcomes of Elementary School Students. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.6
Miftahul, U., & Ahmad, F. (2023). Behaviorism Theory and Its Implications for Learning. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 53–57. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.41
Mustika, C. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Dengan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTs. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Nasution, M. (2018). Konsep Standar Proses dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(01), 120–138.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Nurhayati, E., Mulyana, T., Avip, B., & Martadiputra, P. (2016). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dana Pengajaran Matematika), 2(2), 107–112.
Nurmalasari, Maulana, & Kurnia, D. (2016). PERBANDINGAN PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 591–600.
Purnamasari, W. (2016). Penerapan Model Knisley untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematik. 2(2), 81–87.
Putra, I. N. A. W., Ariawan, I. P. W., & Juniantari, M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 SEMARAPURA. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 2599–2600.
Rizki, L. M., & Priatna, N. (2019). Mathematical literacy as the 21st century skill Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042088
Rosa, E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Menggunakan Media Petak Warna-Warni Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Segitiga Di Kelas VII MTS. Putra-Putri Simo. Inspiramatematika, 3(1), 43–52.
Setiawati, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Knisley Dengan Strategi Brainstorming Terhadap Penalaran Matematis Ditnjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017.‖. UIN RIL.
Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sma. Infinity Journal, 2(2), 144. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.31
Sujarwo, D. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Knisley Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 6(1), 46–54.
Suryawan, H. P. (2021). Pemecahan Masalah Matematis. Sanata Dharma University Press.
Susanto, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Prenadiamedia.
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis An Analysis of Mathematics Problem-solving Ability and Self-Efficacy Students of Junior High School in Ciamis Regency. (JRPM) Jurnal Riset Pendidikan MatematikaJurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.