Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Terintegrasi Computer Supported Collaborative Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1540Keywords:
Computer Supported Collaborative Learning, Control Group Design, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah dikarenakan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika belum maksimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran kolaboratif terintegrasi Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran biasa dan mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran kolaboratif terintegrasi CSCL lebih baik daripada siswa yang menerapkan model pembelajaran biasa. Model yang digunakan merupakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design, yaitu desain yang memberikan pre-test sebelum dilakukan perlakuan (treatment), serta diberikan post-test setelah diberikan perlakuan (treatment). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Serang pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai subjek penelitian, yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kolaboratif terintegrasi Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model CTL (Contekstual Teaching Learning). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol.
Downloads
References
Anggreni, Margunayasa, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. 2(2), 125–136.
Ayuningtias AS, A. I., Wahyudin, D., & Sukirman, D. (2022). Pemanfaatan Model Computer Support Collaborative Learning. Inovasi Kurikulum, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42668
Bao, H., Li, Y., Su, Y., Xing, S., Chen, N. S., & ... (2021). The effects of a learning analytics dashboard on teachers’ diagnosis and intervention in computer-supported collaborative learning. Technology, Pedagogy …. https://doi.org/10.1080/1475939X.2021.1902383
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Fatimah, I., Hendayana, S., & Supriatna, A. (2018). Didactical design based on sharing and jumping tasks for senior high school chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012094
Fiqry, R., Fuadi, M., Asriyadin, A., Napisah, E., & Nurnamira, N. (2024). Peningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa SD. Bima Journal of Elementary Education, 2(1), 16–23.
Fuadi, M., & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Pembeljaran Situated Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4073
Järvelä, S., Häkkinen, P., & Näykki, P. (2022). Computer supported collaborative learning. In International Encyclopedia of Education: Fourth Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.14076-X
Jeong, H., Hmelo-Silver, C. E., & Yu, Y. (2014). An examination of CSCL methodological practices and the influence of theoretical frameworks 2005–2009. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 9(3), 305–334. https://doi.org/10.1007/s11412-014-9198-3
Khasanah, N., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 48–56. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i2.74
Mardiyanti, Lely; Siburian, J. (2023). Model Pembelajaran Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. CV. Salim Media Indonesia.
Marisda, D. H., & Handayani, Y. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Tugas Sebagai Alternatif Pembelajaran Fisika Matematika. June.
Nurjanah, R., & Efendi, A. (2019). Literary Learning for Teenager Inmates in Institute for Children Special Rehabilitation. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 411–425. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.27322
Nurjumiati, N., Yulianci, S., & Asriyadin, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemodelan Matematis dan Bahasa Simbolik Fisika Melalui Pembelajaran Model Inquiry Berbasis Literasi Numerasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 945–948. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.714
Nurlaely, L. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Peer Learning Metode Buzz Group Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Pediamatika, 1(03), 185–196.
Rifqoh, F., Farozin, M., & Astuti, B. (2024). Peer Support in Forming Self Esteem in the Millennial Era. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.106
S. Ayuningtias, A. I., Wahyudin, D., & Sukirman, D. (2022). Pemanfaatan Model Pembelajaran Computer Support Collaborative Learning di Perguruan Tinggi. Inovasi Kurikulum, 19(1), 1–12.
Sartika, R. D., Gulo, E. H., & Pradathidina, C. G. (2021). Model Pembelajaran Collaborative Learning Di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Pendidikan Bagi Masyarakat Di Daerah, 1(20), 55–65.
Satria, E. (2009). Model Pembelajaran Computer Support Collaborative Learning (CSCL). Prosiding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan MAtematika FMIPA UNY, Desember, 494–502.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syam, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran M-APOS dan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Sinjai. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 209–217. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i4.197
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.