Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Terintegrasi Computer Supported Collaborative Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Authors

  • Eha Soleha Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ihsanudin Ihsanudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1540

Keywords:

Computer Supported Collaborative Learning, Control Group Design, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah dikarenakan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika belum maksimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran kolaboratif terintegrasi Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran biasa dan mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan pembelajaran kolaboratif terintegrasi CSCL lebih baik daripada siswa yang menerapkan model pembelajaran biasa. Model yang digunakan merupakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design, yaitu desain yang memberikan pre-test sebelum dilakukan perlakuan (treatment), serta diberikan post-test setelah diberikan perlakuan (treatment). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Serang pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai subjek penelitian, yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kolaboratif terintegrasi Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model CTL (Contekstual Teaching Learning). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreni, Margunayasa, K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. 2(2), 125–136.

Ayuningtias AS, A. I., Wahyudin, D., & Sukirman, D. (2022). Pemanfaatan Model Computer Support Collaborative Learning. Inovasi Kurikulum, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42668

Bao, H., Li, Y., Su, Y., Xing, S., Chen, N. S., & ... (2021). The effects of a learning analytics dashboard on teachers’ diagnosis and intervention in computer-supported collaborative learning. Technology, Pedagogy …. https://doi.org/10.1080/1475939X.2021.1902383

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Fatimah, I., Hendayana, S., & Supriatna, A. (2018). Didactical design based on sharing and jumping tasks for senior high school chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012094

Fiqry, R., Fuadi, M., Asriyadin, A., Napisah, E., & Nurnamira, N. (2024). Peningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa SD. Bima Journal of Elementary Education, 2(1), 16–23.

Fuadi, M., & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Pembeljaran Situated Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4073

Järvelä, S., Häkkinen, P., & Näykki, P. (2022). Computer supported collaborative learning. In International Encyclopedia of Education: Fourth Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.14076-X

Jeong, H., Hmelo-Silver, C. E., & Yu, Y. (2014). An examination of CSCL methodological practices and the influence of theoretical frameworks 2005–2009. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 9(3), 305–334. https://doi.org/10.1007/s11412-014-9198-3

Khasanah, N., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 48–56. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i2.74

Mardiyanti, Lely; Siburian, J. (2023). Model Pembelajaran Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. CV. Salim Media Indonesia.

Marisda, D. H., & Handayani, Y. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Tugas Sebagai Alternatif Pembelajaran Fisika Matematika. June.

Nurjanah, R., & Efendi, A. (2019). Literary Learning for Teenager Inmates in Institute for Children Special Rehabilitation. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 411–425. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.27322

Nurjumiati, N., Yulianci, S., & Asriyadin, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemodelan Matematis dan Bahasa Simbolik Fisika Melalui Pembelajaran Model Inquiry Berbasis Literasi Numerasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 945–948. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.714

Nurlaely, L. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Peer Learning Metode Buzz Group Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Pediamatika, 1(03), 185–196.

Rifqoh, F., Farozin, M., & Astuti, B. (2024). Peer Support in Forming Self Esteem in the Millennial Era. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.106

S. Ayuningtias, A. I., Wahyudin, D., & Sukirman, D. (2022). Pemanfaatan Model Pembelajaran Computer Support Collaborative Learning di Perguruan Tinggi. Inovasi Kurikulum, 19(1), 1–12.

Sartika, R. D., Gulo, E. H., & Pradathidina, C. G. (2021). Model Pembelajaran Collaborative Learning Di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Pendidikan Bagi Masyarakat Di Daerah, 1(20), 55–65.

Satria, E. (2009). Model Pembelajaran Computer Support Collaborative Learning (CSCL). Prosiding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan MAtematika FMIPA UNY, Desember, 494–502.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syam, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran M-APOS dan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Sinjai. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 209–217. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i4.197

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Downloads

Published

2024-06-01